Anak Mogok Tidak Mau Belajar


SINOPSIS

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan seorang guru TK yang mengalami masalah dengan anak didiknya yang mogok atau tidak mau masuk sekolah atau tidak mau belajar di sekolah. Upaya yang dilakukan guru tersebut antara lain adalah: menggali keterangan mendalam dari anak/orangtua dengan home visit untuk mengetahui penyebab mengapa anak mogok belajar, membuat kesepakatan antara anak dan orangtua untuk bisa masuk sekolah, memberikan toleransi kepada anak selama beberapa hari hingga ia merasa aman dan yakin bahwa ia aman masuk ke kelas, anak terus diarahkan secara bertahap untuk mau masuk ke kelas.

Ditulis oleh: Dwi Astuti

FORUM DISKUSI


PAKAR DOSEN

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Ditulis oleh: Dra. Marisa, M.Pd.

PAKAR GURU

a. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,

b. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,

c. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,

d. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.

e. Kesadaran diri TPPA 2. mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Ditulis oleh: Evanigustinningtyas