Atmosfer dan Hidrosfer


Sinopsis

Atmosfir dan hidrosfir merupakan dasar bagi pengkajian lingkungan udara dan siklus air di permukaan bumi yang sangat diperlukan di dunia ini. Sebagai guru IPS di SMP harus bisa membangkitkan semangat siswa untuk belajar  yang menyenangkan. Pada video ini menggambarkan strategi guru untuk membantu siswa memahami atmosfir dan hidrosfir. Guru mengajak siswa untuk bermain dengan huruf acak yang merupakan sebuah kata (Metode Cooperative Learning tipe Word Square dan Scramble), untuk menjelaskan atmosfir dan hidrosfir. Siswa terlibat langsung dalam menyusun huruf-huruf acak  menjadi sebuah kata yang merupakan jawaban dari pertanyaan guru. Siswa bersemangat untuk menjawab pertanyaan guru. Pada akhir pembelajaran guru memberikan pujian pada kelompok yang bisa menjawab pertanyaan guru paling banyak.

Ditulis oleh: Sri Sumiyati 

FORUM DISKUSI


Pakar Dosen:

Kesan Umum: Pembelajaran  tentang  Atmosfer & Hidrosfer  dalam tayangan video ini sangat  menarik  dengan menggunakan  metode Cooperatif Learning tipe ini. Pada awal pembelajaran guru memberikan apersepsi tentang konsep Atmosfer & Hoidrosfer, namun sebagian  besar siswa tidak memahami konsep tersebut.  Hal ini dikarenakan  guru juga  belum menjelaskan  tujuan pembelajaran yang harus dikuasai siswa, sehingga siswa  belum memahami  konsep yang dimaksud.

Guru  hanya menjelaskan tentang metode yang akan digunakan, bukan menjelaskan konsep materi yang dibahas.  Penggunaan  Metode  Cooperatif   learning  tipe ini  pada awal pembelajaran  sangat menarik karena  siswa  aktif  belajar dalam kelompoknya,  namun pada saat akan berakhir  metode ini terkesan sulit dipamahi, karena  pilihan  jawaban  yang disediakan  guru dalam kotak  di  papan tulis  kurang  jelas. Selain itu  hasil kerja kelompok tidak dipresentasikan.

Saran: Pemilihan metode yang digunakan guru   sebaiknya  sesuai  dengan usia siswa.

Pada akhir pembelajaran sebaiknya guru memberikan  kesimpulan  dan umpan balik terhadap hasik kerja kelompok  agar setiap kelompok  merasa yakin akan jawaban yang mereka kerjakan di papan tulis.

Pemberian contoh kongkrit sangat disarankan untuk mempermudah pemahaman siswa tentang materi yang dibahas.

Ditulis Oleh: Sri Sumiyati

Pakar Guru

-

Ditulis Oleh: -