Ayo Berorasi


Sinopsis

Keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat masih menemukan kendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan siswa untuk membiasakan mengemukakan pendapat lewat ide dan gagasannya terutama dalam penggunaan kata-kata.

Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami membiasakan mengemukakan pendapat lewat berorasi. Siswa diberi kesempatan bersimulasi bermain peran menjadi seorang tokoh untuk menyampaikan ide dan gagasannya. Pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan, sehingga siswa terlatih dalam mengemukakan ide dan gagasan sekalipun masih kesulitan dalam menggunaan kata-kata.

Ditulis oleh: -

FORUM DISKUSI


Pakar Dosen:

Tampilan Video secara sepintas cukup menarik sesuai topik Ayo Berorasi, namun belum terlihat yang menjadi fokus kompetensi yang diharapkan, karena guru dalam mengawali pembelajaran tidak melalui apresepsi atau mengungkap pengalaman awal anak

Dalam tayangan proses pembelajaran tidak terlihat secara utuh contoh bentuk orasi di depan kelas, guru hanya langsung memerintahkan membentuk kelompok, dan masing-masing kelompok ditugaskan untuk berandai-andai dalam memainkan peran “jika jadi seorang pejabat”.

Strategi pembelajaran yang disampaikan guru hanya ceramah menugaskan siswa untuk melakukan menyampaikan pendapatnya tidak dalam bentuk orasi. Terkesan dalam proses pembelajaran kurang adanya interaksi

Kesan umum dan usulan perbaikan: Dalam tayangan video belum menggambarkan proses pembelajaran yang harus mengungkapkan siswa berlatih untuk mengemukakan pendapat sesuai apa yang dipikirkannya.

Kompetensi dalam topik pembelajaran tersebut semestinya sangat menarik, jika diimbangi oleh inovatif dan kreatif strategi guru yang diterapkan.Topik pembelajaran tersebut adalah sangat menarik, saran perbaikan tentunya guru dituntut lebih kreatif lagi dalam menyampaikan sajian melalui contoh sikap yang riil.

Pakar Guru

-

Ditulis Oleh: -