Ayo Cintailah Lingkungan


Sinopsis

Video ini memperlihatkan tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran demokrasi dan pelestarian lingkungan di SMP. Video ini menggambarkan kegiatan ektrakuler siswa dengan tema “Aku Cinta Lingkungan’, berbagai kegiatan siswa dalam kelompok melakukan kegiatan di sekitar lingkungan sekolah yang berkaitan dengan kegiatan kebersihan lingkungan, perawatan tanaman dan penghijauan lingkungan, dengan cara mereka melakukan diskusi dan musyawarah.

Apakah Anda sebagai guru IPS terpadu melalui kegiatan ektrakurikuler pernah mengalami kesulitan dalam menentukkan strategi pembelajaran lewat kegiatan dilingkungan sekolah? Apakah Anda pernah berbagi pengalaman dalam melaksanakan kegiatan ektrakuriler dengan guru sekolah lain.? Melalui media kegiatan apa saja yang dapat membantu siswa sehingga melalui kegiatan ektrakurikuler sangat menarikdan menyenangkan bagi siswa.?  Coba Anda bandingkan kegiatan ektrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah lain?. Anda dapat berbagi pengalaman dalam membelajarkan IPS terpadu dengan memberikan komentar Anda!

Ditulis oleh: -

FORUM DISKUSI


Pakar Dosen:

Tampilan video sudah cukup menarik dan sudah memaparkan rentetan kegiatan dalam proses belajar mengajar yang mencerminkan topik diskusi yaitu ayo cintai lingkungan. Pada awal pelajaran, terlihat guru sudah memberitahu topik yang akan dibahas dan guru sudah berusaha untuk memulai pelajaran dengan melempar pertanyaan kepada siswa tentang pengertian lingkungan dan nampak para siswa cukup aktif menjawabnya. Setelah itu guru membagi siswa menjadi dua kelompok, dimana kelompok satu bertugas mengidentifikasi masalah lingkungan yaitu masalah kebersihan, dan kelompok 2 bertugas mengidentifikasi tumbuhan, bunga, pohon untuk penghijauan lingkungan sekolah. Di video sdh tampak bahwa para siswa mengerjakan tugasnya masing-masing yang dilakukan di luar sekolah. Setelah mereka selesai, mereka langsung masuk kelas dan mempresentasikan hasil diskusinya sesuai kelompoknya masing-masing. Dalam menyampaikan hasil diskusinya, masih terlihat sepihak, guru tidak memberi komentar atau tanggapan, guru langsung berpindah ke kelompok dua. Seharusnya guru memberikan komentar. Untuk perihal diskusi setelah mereka menyampaikan hasil kelompoknya, terlihat siswa sangat antusias, diskusi terlihat hidup. Dan di akhir pelajaran guru memberikan kesimpulan. Saran saya, tolong guru memberi komentar pada saat siswa menyampaikan hasil jawaban kelompoknya.

Pakar Guru

-

Ditulis Oleh: -