Belajar Dari Peta


Sinopsis

Pada video ini memperlihatkan bagaimana guru memaksimalkan penggunaan peta sebagai media pembelajaran IPS. Siswa diupayakan dapat menemukan sendiri esensi belajar dengan peta baik secara individu maupun dalam kelompok.

Setelah Anda menyimak dengan seksama tayangan video tersebut, tentu Anda akan mencoba menggunakan metode tersebut dalam pembelajaran IPS yang menjadi tanggungjawab Anda. Namun perlu diperhatikan antara lain (1) langkah-langkah dalam pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif (2) makna esensi peta sebagai media pembelajaran IPS, guru diharapkan benar-benar mengusai hakikat peta (3) pendekatan pembelajaran yang dipilih hendaknya yang mampu merangsang siswa untuk ingin tahu yang  lebih banyak dari materi yang disajikan.

pelajaran IPS, namun sebaiknya Anda dalam mempersiapkan obyek wisata tiruan diusahakan yang menarik dan memuat informasi yang memadai sehingga peserta didik akan mendapat informasi sesuai kompetensi yang diharapkan. 

Ditulis oleh: -


Pakar Dosen:

Kesan Umum: Video Pembelajaran  tentang Belajar Peta sangat menarik dengan  bimbingan guru siswa dibagi dalam empat kelompok masing-masing kelompok terdiri dari  4 orang anggota,   yang  diberi nama sesuai perpetaan yaitu  Kota, Sungai, Selat dan Gunung.

Metode Coopertif Learning yang digunakan guru  menciptakan suasana pembelajaran lebih aktif  dimana kelompok siswa diberi tugas untuk mencari data/informasi ke Perpustakaan yang dimanfaatkan siswa sebagai  sumber Belajar  untuk  mencari  referensi  dalam  mendiskripsikan isi  peta seperti Kota, Sungai, Selat dan Gunung  sebagai aktifitas Belajar Peta.

Yang menarik dari tayangan video ini bahwa  setiap kelompok mempresentasikan hasil  kerja kelompok nya tentang  karakteristik  Kota, Sungai, Selat dan Gunung dengan penjelasan luas wilayah, batas-batas geografi,  tinggi gunung dan manfaat dari masing-masing isi peta tersebut.

Saran: Pembelajaran yang menarik ini  sebaiknya perlu dijelaskan oleh guru apa  tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa,  agar siswa memiliki gambaran kemampauan yang harus dikuasi  dalam pembelajaran tersebut.

Belajar peta  tidak hanya mengupas konsep-konsep yang ada dalam isi peta tetapi juga perlu menjelaskan  manfaat  belajar  peta  dalam  geografi  di kelas.

Selain itu guru sebaiknya  memberikan umpan balik  dari hasil  kerja kelompok siswa, dan menyimpulkan    manfaat belajar  Peta tersebut.

Ditulis Oleh: Sri Sumiyati-

Pakar Guru

-

Ditulis Oleh: -