Belajar Memahami Konsep Sudut


Sinopsis

Video ini dimulai dengan permasalahan tentang sulitnya siswa SMP merespon pertanyaan yang diberikan tentang konsep sudut secara abstrak. Siswa umumnya tidak dapat dan takut salah menjawab. Salah satu pemecahan masalah yaitu menggunakan alat bantu benda-benda konkrit, antara lain: busur derajat, jangka, kertas persegi warna-warni, lem, dan gunting yang dibawa oleh masing-masing siswa. Dengan demikian siswa dapat menggunakan alat bantu tersebut untuk menjelaskan konsep sudut sambil memperagakan kepada guru dan siswa lain dengan yakin.

Ditulis oleh: -

FORUM DISKUSI


Pakar Dosen:

Tujuan tayangan video ini adalah belajar memahami konsep sudut. Pada awal pembelajaran guru menyampaikan bahwa materi yang akan dibahas pada pertemuan tersebut adalah tentang pengertian sudut dan nama-nama sudut. Namun sampai waktu habis atau pembelajaran diakhiri materi tentang nama-nama sudut tidak dibahas. Penanaman pengertian sudut yang disampaikan guru pada siswanya sudah cukup bagus, yaitu dengan cara induktif dari contoh-contoh atau hal-hal yang khusus ke hal yang umum. Sesuai dengan Tahap perkembangan mental anak menurut Jean Peaget siswa SMP masih dalam tahap operasi konkret.

Dalam peragaan mengukur sudut seharusnya siswa diminta untuk memperagakan di depan teman-temanya. Pada tayangan tersebut  sepertinya dalam mengukur besarnya sudut menggunakan busur seharusnya arahnya berlawanan dengan jarum jam, namun guru menjelaskan/memperagakan ke salah satu siswa ada yang searah dengan jarum jam.

Kesan umum: penyampaian materi tentang Belajar Memahami Konsep Sudut sudah cukup bagus, walaupun masih ada kekurangan yang perlu dibenahi.

Ditulis Oleh: Dra. Sri Tresnaningsih, M.Pd

Pakar Guru

-

Ditulis Oleh: -