Belajar Memahami Model Pembelajaran IPS Terpadu


Sinopsis

Pada video ini memperlihatkan peran guru sebagai fasilitator. Guru berupaya melibatkan siswa pada setiap momen tertentu sehingga disamping merasakan dalam proses pembelajaran sebagai pengalaman langsung siswa, juga pengetahuan yang didapat tidak terpilah-pilah namun merupakan satu kesatuan utuh atau terpadu.

Setelah Anda menyimak dengan seksama tayangan video tersebut, tentu Anda akan mencoba dalam pembelajaran IPS terpadu, yang perlu dipersiapkan pilihlah metode yang mampu melibatkan secara aktif siswa dengan praktik langsung sehingga pengalaman belajar siswa benar-benar bermakna dan tidak abstrak.

dengan seksama tayangan video tersebut, tentu Anda akan mecoba melaksanakan sendiri metode sinau wisata sesuai dengan mata pelajaran yang menjadi tanggungjawab Anda, karena metode sinau wisata bukan semata-mata untuk penyajian mata pelajaran IPS, namun sebaiknya Anda dalam mempersiapkan obyek wisata tiruan diusahakan yang menarik dan memuat informasi yang memadai sehingga peserta didik akan mendapat informasi sesuai kompetensi yang diharapkan. (Jangan asal-asalan dalam membuat obyek wisata tiruan)

Ditulis oleh: -

FORUM DISKUSI


Pakar Dosen:

Tujuan penayangan video dalam proses pembelajaran “Belajar Memahami Model Pembelajaran IPS Terpadu” sangat baik karena para guru akan memperoleh pengalaman visual tentang salah satu model pembelajaran IPS Terpadu yang bisa memadukan beberapa konsep keilmuan dari sejumlah disiplin ilmu-ilmu Sosial.

Cara guru membuka cukup baik dengan menginformasikan topik pembelajaran yang akan dibahas dan didiskusikan, yang kemudian dilanjutkan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang pembelajaran IPS terpadu. Cara tersebut dapat memicu dan memacu partisipasi aktif siswa sejak awal pembelajaran dan menghindarkan pembelajaran yang bersifat monoton dan membosankan.

Pembahasan, diskusi dan tanya jawab yang terjadi selama pembelajaran dengan fokus pada kajian Geografi tentang “Pemetaan dan Lingkungan Hidup” untuk menjelaskan kepada peserta didik tentang pembelajaran IPS terpadu antara konsep geografi (jarak) dengan konsep ekonomi (transportasi, biaya/ongkos, konsumsi) dan konsep sejarah (sejarah sekolah) sangat baik dan sangat mudah dipahami. Pembelajaran pun tidak lagi tersekat-sekat dalam disiplin-disiplin ilmu yang terpisah atau berdiri sendiri, melainkan terpadu dan utuh. Hanya saja tidak jelas bagaimana guru menutup pembelajaran.

Penggunaan pendekatan, strategi, metode dan media pembelajaran yang digunakan juga sangat mendukung terjadinya pembelajaran aktif-interaktif-partisipatif melalui penggunaan metode latihan-siap, tanya jawab dan penugasan. Penguatan yang dilakukan oleh guru (verbal) juga cukup baik, dan dapat memberikan motivasi bagi peserta didik untuk belajar lebih semangat.

Video juga cukup mudah dipahami, sangat sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik jenjang SMP, dan kurikulum yang berlaku. Secara umum video dalam proses pembelajaran “Belajar Memahami Model Pembelajaran IPS Terpadu” cukup menarik baik dari sisi visualisasi maupun suaranya.

Saran atau usul perbaikan terhadap proses pembelajaran sebagai berikut:

Sebaiknya guru mengajukan pertanyaan dengan menunjuk kepada siswa tertentu, tidak ditujukan ke seluruh kelas sehingga kelas tidak terkesan riuh.

1. Gambar/ilustrasi (celengan ayam—globe—stupa candi) untuk menjelaskan konsep IPS Terpadu ilmu ekonomi—ilmu geografi—sejarah kurang ‘match’ antara satu dengan yang lain.

SINOPSIS video pembelajaran agar dikoreksi dan direvisi, karena ada bagian yang tidak berkaitan (lost of contex).

Ditulis Oleh: Mohammad Imam Farisi.

Pakar Guru

-

Ditulis Oleh: -