Kebutuhan Manusia dan Kelengkaan Sumber Daya


Sinopsis

Video ini berisi tentang metode Cooperative Learning Type Think Pair Share (berpikir bersama untuk dibagikan bersama). Yang dapat mengaktifkan siswa, metode ini menjadikan siswa aktif berfikir dan tidak jenuh pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Ditulis oleh: Ajat Sudrajat M.Pd


Pakar Dosen:

Tujuan penayangan video dalam proses pembelajaran “Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya” sangat baik. Melalui video ini para guru dapat memperoleh pengalaman visual tentang penggunaan model Coperative Learning tipe Think Pair Share (berpikir bersama untuk dibagikan bersama) dalam pembelajaran IPS. Metode ini juga dapat mengaktifkan proses berfikir siswa dan menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan, tidak menjenuhkan.

Cara guru membuka pembelajaran dengan menginformasikan topik pembelajaran yang akan dibahas dan didiskusikan, yang kemudian dilanjutkan dengan mengajukan pertanyaan terfokus pada dua orang peserta didik tentang “kebutuhan primer” cukup baik (walaupun keduanya tidak bisa menjawab). cara ini memungkinkan guru untuk menarik perhatian dan menciptakan kondisi siap belajar peserta didik.

Cara guru mengisi pembelajaran menggunakan pendekatan, strategi dan metode ‘coperative learning’ melalui pembentukan kelompok-kelompok diskusi dengan pertanyaan atau tugas yang berbeda terkait dengan kebutuhan hidup manusia cukup baik. Melalui pendekatan, strategi dan metode tersebut guru dapat mendorong peserta didik untuk berpikir sesuai dengan kemampuan masing-masing, dan saling berbagi ide atau jawaban ke dalam forum kelompok atau forum kelas. Penguatan yang dilakukan oleh guru (verbal) juga cukup baik, dan dapat memberikan motivasi bagi peserta didik untuk belajar lebih semangat.

Pembentukan kelompok-kelompok diskusi juga memungkinkan terciptanya situasi pembelajaran yang dapat memicu dan memacu partisipasi aktif siswa dalam kelompok maupun dalam kelas. Jika hal ini dapat dikembangkan dalam kelas nyata, maka guru dapat menghindarkan situasi pembelajaran yang bersifat monoton dan membosankan.

Cara guru menutup pembelajaran juga bagus, dengan memberikan pemantapan dan simpulan singkat tentang jenis-jenis kebutuhan manusia.  

Video juga sangat sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik jenjang SMP dan kurikulum yang berlaku. Secara umum video proses pembelajaran “Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya” tersebut cukup menarik baik dari sisi visualisasi maupun suaranya.

Saran atau usul perbaikan terhadap video proses pembelajaran sebagai berikut:

1. Lama waktu diskusi kelompok perlu dijelaskan kepada peserta didik, sehingga mereka dapat mengatur waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

2. Pemenggalan sebagian episode dalam video perlu dilakukan dengan cermat, agar tidak terjadi distorsi informasi yang disampaikan. Dalam kasus ini, pemenggalan dilaukan pada saat kelompok satu menyampaikan hasil diskusinya “sedikit mengganggu”, karena tidak sesuai dengan simpulan guru tentang “tiga faktor pendorong bertambahnya kebutuhan masyarakat”.

Pengelolaan waktu belajar selama diskusi kelompok juga perlu diperhatikan, karena model pembelajaran ini bersifat “time consuming”.

Ditulis Oleh: Mohammad Imam Farisi.

Pakar Guru

-

Ditulis Oleh: -