Kurang Mengetahui Perkalian Dasar


SINOPSIS

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Ditulis oleh: Muchtar M Noor 

FORUM DISKUSI


PAKAR DOSEN

Pada video yang berjudul “Kurang Menguasai Perkalian Dasar” ditunjukkan guru mengajarkan perkalian dengan menggunakan tabel perkalian. Jarak tempat duduk murid ke tabel perkalian yang dipasang pada papan tulis cukup jauh sehingga murid yang duduk di tengah sampai belakang tidak dapat membacanya. Mereka hanya menghafal perkalian dari suara guru.

Dalam menjawab PR perkalian, hampir semua murid tunjuk jari ketika guru menanyakan siapa yang bisa menjawab soal-soal PR perkalian. Semua murid menjawab dengan benar.

Sebaiknya guru mengajarkan perkalian melalui konsep dasar perkalian, sehingga murid tidak sekedar menghafal. Karena perkalian dengan hafalan bisa cepat lupa dan terbatas besar bilangan yang dikalikan; sedangkan perkalian yang diajarkan melalui kosep dasar perkalian akan membuat murid mengerti arti perkalian bilangan yang tidak akan lupa.

Ditulis Oleh: Drs. Tarhadi, M.Si.

PAKAR GURU

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Ditulis Oleh: Taufik Ma'aruf