Live Oral Story Telling


Sinopsis

Salah satu kesulitan guru dalam mengajar yaitu adanya rasa bosan dan tidak fokus yang dialami para siswa. Untuk mensiasati hal tersebut guru perlu memberikan kegiatan belajar yang variatif.  Metode “Live Oral Story Telling“ dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kebosanan.  Program video ini memperlihatkan bagaimana guru memberikan variasi kegiatan baik dengan metode maupun suasana kelas yang baru. Metode yang diberikan itu adalah dengan mendongengkan sebuah cerita serta tidak lupa juga memberikan latihan dan men setting kelas dengan suasana yang lain. Kegiatan tersebut cukup efektif membuat siswa menikmati suasana belajar bahasa Inggris, sehingga mereka pun bersemangat dalam belajar. Anda ingin mencoba metode tersebut? Saksikan video di atas.  Selamat  menyaksikan.

Ditulis oleh: -

FORUM DISKUSI


Pakar Dosen:

Tujuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum akan lebih baik jika dilakukan apersepsi agar peserta didik lebih siap mengikuti proses pembelajaran. Diperlukan juga kata – kata sapa dari guru untuk membangkitkan semangat belajar.

Isi cerita dalam video yang ditayangkan cukup menarik dan sesuai dengan perkembangan usia peserta didik.

Penggunaan media pembelajaran cukup baik untuk menghilangkan rasa kebosanan para siswa.

Alangkah baiknya jika siswa diminta menceritakan kembali cerita dalam tayangan video dengan cara saling melengkapi bagian – bagian cerita yang dilontarkan guru sehingga para siswa menjadi aktif. Ditunjang dengan setting kelas duduk melingkar agar seluruh peserta didik konsentrasi pada materi pembelajaran, setelah itu guru menjelaskan dan menganalisa kalimat – kalimat dalam cerita dikaitkan dengan topik yang akan diajarkan.

Meminta peserta didik untuk menyusun gambar – gambar yang dibagikan guru disesuaikan dengan uji tayangan video, cukup bagus dan dapat digunakan sebagai evaluasi kegiatan proses pembelajaran.

Secara umum proses pembejalaran cukup baik. Namun akan lebih bagus jika para peserta didik tidak dikondisikan terlebih dahulu, sehingga suasana menjadi kaku.

Ditulis Oleh: Ratih Kusumastuti.

Pakar Guru

-

Ditulis Oleh: -