Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau


Sinopsis

Didalam ruangan laboratorium IPA suatu SMP tampak beberapa kelompok siswa sedang melakukan percobaan, sebagian kelompok tampak tidak serius dalam melakukan percobaan, mereka saling mengobrol dan tertawa, sebagian siswa hanya menonton temannya yang sedang bekerja melakukan percobaan. Bagaimana Seorang guru dapat mengaktifkan siswanya? Agar selama kegiatan praktikum berjalan dengan baik dan semua aktif, Guru tersebut membagi kelompok berdasarkan pemerataan kemampuan siswanya serta dengan distribusi kelompok yang merata. Kemudian guru membagikan LKS untuk tiap kelompok dan pemerataan tugas yang diberikan untuk tiap individu, sehingga kegiatan percobaan berlangsung dengan tenang karena semua siswa terlibat aktif. Tampak guru juga aktif dalam membimbing siswa.

Pertanyaan pemicu diskusi :

Sudah tepatkah strategi yang digunakan oleh guru tersebut di atas dalam mengaktifkan siswa

Selain strategi di atas, sebagai seorang guru strategi apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan siswa dalam belajar?

Ditulis oleh: Tri Wahyuningsih

FORUM DISKUSI


Pakar Dosen:

Video ini menayangkan tentang bagaimana agar siswa aktif dalam melaksanakan praktikum, khususnya praktikum tentang percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau.    

Pada tayangan, presenter mengatakan bahwa praktikum merupakan kegiatan yang sangat disukai siswa, karena dapat mengasah kemampuan kinerja dan analisis siswa, tetapi sering ditemukan kegiatan praktikum yang berlangsung tidak tertib dan tidak efektif. Hal ini disebabkan karena anggota kelompok terlalu banyak dan pembagian tugas yang tidak jelas, sehingga beberapa siswa tidak terlibat dalam pelaksanaan praktikum dan cenderung bermain dengan temannya.

Ditinjau dari kesesuaian materi yang diberikan dengan tingkat perkembangan peserta didik sudah baik dan mudah untuk dilaksanakan, karena sudah sesuai dengan tingkat pemahaman siswa SMP terhadap bahan dan cara kerja yang harus dilakukan.

Materi yang diberikan pada pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum yang berlangsung pada saat ini karena dalam silabus kurikulum 2013 SMP kelas 7, 8, dan 9 edisi revisi tahun 2017 dimana pada kelas VIII, terdapat pembelajaran mengenai struktur dan fungsi tumbuhan (struktur dan fungsi akar, batang dan daun). Kompetensi dasar yang tercantum dalam kurikulum 2013 kelas VIII: menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan dan pembelajarannya: mengamati dan mengidentifikasi struktur dan fungsi tumbuhan serta percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau.

Dari tayangan video dapat disarankan bahwa salah satu cara untuk mengaktifkan siswa melaksanakan praktikum sebagai berikut:

1. Jumlah anggota kelompok tidak terlalu banyak. Pembagian kelompok sebaiknya sesuai dengan tugas dan kemampuan siswa, sehingga setiap anggota kelompok dapat terlibat dalam pelaksanaan praktikum dan dapat memahami materi yang dipraktikumkan.

2. Guru menyiapkan lembar siswa, yg didalamnya terdapat penjelasan tentang  prosedur kerja praktikum, sehingga siswa memahami apa yang akan dikerjakan dan dapat membagi tugas dalam kelompok.

Ditulis oleh: Dra. Anna Ratnaningsih, M.Si.

Pakar Guru

-