Mengenal Bentuk Segitiga Berdasarkan Sisi dan Besaran Sudut


Sinopsis

Video ini memperlihatkan strategi pembelajaran untuk mempermudah siswa SMP belajar mengenal berbagai bentuk segitiga. Strategi pembelajaran berbasis lembar kerja berupa kertas yang sudah berisi gambar berbagai berbentuk segitiga yang dipersiapkan oleh guru untuk masing-masing siswa. Gambar segitiga berwarna dalam bentuk kerangka maupun masif. Lembar kerja ini dijadikan objek oleh guru dan siswa untuk menjelaskan bentuk segitiga berdasarkan sisi. Disamping itu lembar kerjaini dijadikan objek latihan pengukuran besar sudut dengan menggunakan busur derajat.

Ditulis oleh: Idha Novianti

FORUM DISKUSI


Pakar Dosen:

a. Video yang bertujuan menjelaskan tentang pengenalan bentuk segitiga berdasarkan sisi dan besaran sudut ini sudah bagus terlihat guru menunjukkan lembar kerja siswa (LKS) sebanyak 2 lembar. LKS yang digunakan untuk mengenalkan macam-macam segi tiga berdasarkan sisi dan berdasarkan besaran sudut dapat menarik perhatian siswa.

b. Kekuatan guru pada saat menjelaskan bentuk segi tiga telah terbantu dengan adanya LKS dan guru tidak perlu menggambar di papan tulis. LKS dapat menjadikan pembelajaran lebih efisien.

c. Pada saat guru membuka pelajaran sudah cukup bagus karena telah memberi arahan tentang maksud dan tujuan diberikan LKS bergambar macam-macam segi tiga.

d. Pendekatan yang digunakan dengan membagikan LKS kepada setiap siswa sudah benar. Guru telah menunjukkan arti tanda pada setiap gambar segi tiga. Guru juga sudah meminta siswa mengukur masing-masing sudut pada segi tiga. Guru sudah melakukan evaluasi dengan bertanya kepada beberapa siswa tentang sudut yang dimiliki segi tiga sama sisi dan sama kaki.

e. LKS yang berfungsi sebagai media pembelajaran sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik tetapi belum berfungsi secara maksimal.

f. Penjelasan guru serta media yang digunakan masih sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

 g. Kesan umum sudah bagus, sayang sekali durasi tayangnya sangat pendek, sehingga tidak menjangkau keterlibatan siswa untuk maju menuliskan besar sudut dari hasil pengukuran yang telah dilakukan. Ada konsep yang sangat penting dan belum tersampaikan yaitu melalui pengamatan LKS yang segi tiga nya warna warni, siswa diharapkan mampu mencermati bahwa:

1. Dinamakan segi tiga tumpul apabila salah satu sudutnya memiliki besar sudut lebih besar dari 90º (> 90º).

2. Dinamakan segi tiga siku-siku apabila salah satu sudutnya memiliki besar sudut = 90º.

3. Dinamakan segi tiga lancip apabila ketiga sudutnya kurang dari 90º (< 90º).

h. Melalui LKS yang sudah benar, belum tentu guru mampu menggunakannya secara maksimal dalam menjelaskan konsep bentuk segi tiga. Guru masih membutuhkan pelatihan dalam menggunakan LKS yang berfungsi juga sebagai media pembelajaran.

i. Video pada GPO kosong, syukurlah saya dapat membuka melalui alamat di atas.

Ditulis Oleh: Dra. Lusi Rachmiazasi Masduki, M.Pd.

Pakar Guru

-

Ditulis Oleh: -