My Idols


Sinopsis

Program ini mengulas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. Realia yang digunakan kali ini adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People.

Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru bertanya cirri-ciri yang dimiliki oleh orang yang terdapat dalam poster baik tentang hidung, rambut, kaca mata, dan baju yang dikenakan. Siswa menyebutkan dalam bahasa Inggris yang dimaksud oleh guru.

Kemudian pada bagian akhir  guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster yang ada dan meminta siswa untuk menebak siapa yang dimaksud dengan ciri-ciri tersebut.

Ditulis oleh: -

FORUM DISKUSI


Pakar Dosen:

Tayangan video sudah sesuai dengan  “ Describing People “. Sebaiknya ada pembuka atau apersepsi untuk kesiapan siswa dengan topik yang akan disampaikan, juga penutup untuk mengevaluasi apakah siswa dapat mengikuti pembelajaran yang diberikan.

Guru sangat kurang melibatkan siswa sehingga siswa kurang aktif. Untuk membuat siswa aktif , salah satunya dengan meminta siswa menambahkan ciri - ciri dari salah satu gambar yang di tunjuk guru atau siswa yang diminta kedepan satu persatu. Diperlukan juga pendekatan guru, dapat dengan cara meminta siswa menyebutkan ciri – ciri salah seorang siswa yang diminta berdiri di depan kelas.

Tayangan video cukup sesuai dengan perkembangan peserta didik, namun untuk poster artis – artis sinetron sebaiknya tidak disertakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dikarenakan tayangan disenteron yang ada pada saat ini, banyak yang tidak sesuai dengan usia siswa SMP.

Secara umum tayangan video cukup baik, apalagi jika ditambahkan dengan hal – hal yang disebutkan diatas.

Ditulis oleh: Ratih Kusumastuti

Pakar Guru

-

Ditulis Oleh: -