Pemberian Hadiah "Parise"


SINOPSIS

Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area permainan. Upaya yang dilakukan guru dalam video ini adalah dengan memberi penghargaan baik yang bersifat verbal seperti ucapan” hebat”,  “kamu pintar” dan juga non verbal seperti “mengacungkan ibu jari”, “mengusap kepala dan bahu anak”,  dan “tepuk tangan”.

Ditulis oleh: Sri Tatminingsih 


PAKAR DOSEN

-

PAKAR GURU

Dalam tayangan video ini, para pengunjung dapat memperoleh beberapa tips yang bisa dengan mudah dilakukan untuk memberi penguatan perilaku dengan pemberian pujian, baik secara verbal ataupun ditambahkan dengan adanya bahasa tubuh tertentu yang dilakukan oleh guru.

Secara umum tayangan ini sudah menerangkan dengan jelas fungsi dan cara pemberian penguatan melalui pujian pada anak didik.

Pemberian pujian hingga saat ini memang sangat diperlukan, dan merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru.

Pemberian pujian yang tepat akan mengakibatkan sikap positif pada anak didik semakin bertambah, hal tersebut berlaku pada semua anak didik bagaimanapun karakteristik mereka sebagai individu.

Ditulis oleh: Wing Hanyom Sari

FORUM DISKUSI