Percobaan Fotosintesis Pada Tumbuhan Hijau


Sinopsis

Naskah diawali dengan munculnya presenter yang mengantarkan bahwa sering ditemui kegiatan praktikum yang tidak efektif, kemudian diteruskan dengan hal-hal yang dapat menyebabkan kegiatan ini tidak efektif. Pada tayangan berikutnya memberikan solusi bagaimana kegiatan praktikum dapat berjalan dengan efektif.  Pada laboratorium suatu SMP, tampak adanya kegiatan belajar mengajar. Terlihat 3 orang guru sedang bekerja, sorang guru terlihat sedang menyiapkan infokus, guru yang lain sedang mengecek alat dan bahan praktikum dan guru yang lainnya sedang menyiapkan materi serta membimbing praktikum. Pada awal kegiatan guru membagi kelas menjadi 9 kelompok. Sebelum kegiatan praktikum guru menjelaskan teori berupa gambar struktur daun melalui infokus, dan materi lain yang berhubungan dengan materi percobaan seperti fungsi daun, dan gunanya fotosintesis. Kegiatan berlangsung dengan tanya jawab. Kemudian guru membagikan LKS dan diteruskan dengan melakukan kegiatan praktikum dengan panduan LKS , tampak guru membimbing praktikum. Kegiatan praktikum berlangsung selama 80 menit. Selesai melakukan praktikum guru meminta untuk mendiskusikan hasil percobaan dan membuat laporan, terakhir siswa diminta untuk mengumpulkan LKS.

Pertanyaan pemicu diskusi :

Cukup efektifkah cara guru tersebut dalam memberikan materi tentang fotosintesis tersebut? Beri alasan Anda!

Jika jawaban anda tidak, jelaskan mengapa dan pendekatan pembelajaran apa yang Anda anggap paling cocok untuk memberikan materi tersebut?

Ditulis oleh: Tri Wahyuningsih

FORUM DISKUSI


Pakar Dosen:

Video ini menayangkan tentang bagaimana agar praktikum dapat berjalan secara efektif, khususnya praktikum tentang percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau.    

Pada tayangan pertama, presenter mengatakan bahwa praktikum merupakan kegiatan yang sangat disukai siswa, karena dapat mengasah kemampuan kinerja dan analisis siswa, tetapi sering ditemukan kegiatan praktikum yang berlangsung tidak tertib dan tidak efektif. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan praktikum tidak tertib dan tidak efektif, diantaranya adalah:

1. Jumlah siswa terlalu banyak, sehingga dalam kelompok ada siswa yang tidak terlibat dalam praktikum

2. Guru tidak mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan pada saat praktikum, sehingga pada saat pelaksanaan alat dan bahan tidak lengkap.

3. Guru tidak menyiapkan lembar kerja siswa yang berisi petunjuk cara melakukan percobaan, sehingga siswa melakukan praktikum tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Ditulis oleh: Dra. Anna Ratnaningsih, M.Si.

Pakar Guru

-