Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok


SINOPSIS

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,

2. Analog kesamaan atau perbedaannya,

3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Ditulis oleh: Eded Tarmedi 

FORUM DISKUSI


PAKAR DOSEN

-

PAKAR GURU

1. Cara membuka pembelajaran guru belum memperhatikan sekitar kelas, tiba-tiba langsung masukan dan memberikan materi yang akan dipelajari. Isi materinya tidak terlalu lengkap dalam penjelasannya. Pembelajaran yang digunakan monoton seharusnya guru dapat memberikan pembelajaran yang menarik. Ketika penutupan guru tidak membuat kesimpulan dalam kegiatan pembelajaran.

2. Strategi dalam mempembelajaran ini bisa menggunaan bermain peran agar siswa dapat mengalami kejadian-kejadian di masa lalu dan sekarang. Seharusnya media yang digunkan harus lebih jelas lagi agar siswa dpat memahami kejadian atau peristiwa yang terjadi saat itu.

3. Kesesuain tingkat materi sudah cukup baik.

4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Ditulis Oleh: Hendri Supriadi S.Pd