Perlombaan "Competition"


SINOPSIS

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Ditulis oleh: Sri Tatminingsih 

FORUM DISKUSI


PAKAR DOSEN

-

PAKAR GURU

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan, pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Ditulis oleh: -