Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat


SINOPSIS

Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik.

Ditulis oleh: Vera Maya Santi, M.Si

FORUM DISKUSI


PAKAR DOSEN

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga cepot.

Guru dalam memberikan pemahaman tentang bilangan bulat pada garis bilangan sudah benar, yaitu bilangan positip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kanan, sedangkan bilangan negatip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kiri.

Guru dalam memberikan contoh pengurangan bilangan 5 – 9 = ... dengan peraga cepot dan garis bilangan bulat sudah benar dan bagus, sehingga anak-anak cepat paham.

Selanjutnya guru menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.

Pada saat siswa disuruh meragakan pengurangan bilangan 3 – (-5) = .... dengan peraga cepot dapat melakukan dengan langkah yang cepat dan benar.

Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa akan lebih mudah memahami konsep pengurangan pada bilangan bulat, sehingga siswa dapat membuktikan konsep tersebut melalui garis bilangan dengan benar.

Ditulis Oleh: Drs. Suparman, M.Pd.

PAKAR GURU

Cara membuka, mengisi, dan menutup pembelajaran sudah terlihat jelas.

Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media/alat evaluasi pembelajaran sudah sesuai.

Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Ditulis Oleh: Sugeng Wibowo, S.pd.Mat