silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

694 Comments

  1. Nama : Istiqomah Nurul Asti
    NIM : 857685405
    UPBJJ : Semarang
    Judul Vidio : Anak Tidak Percaya Diri

    Menurut saya, dari video tersebut merupakan cara bagaimana upaya guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak , dengan cara melakukan pendekatan terhadap anak ,mengajak anak untuk melatih kreativitas anak, guru juga selalu memberikan motivasi kepada anak agar anak lebih percaya diri, atau mungkin bisa dengan cara memberikan apresiasi atau pujian terhadap anak.

    Terimakasih

  2. Nama : LATIFAH
    NIM : 858156123

    dari vidio dapat diketahui bahwa anak yang tidak percaya diri mengakibatkan anak cendrung tidak kreatif dan menghambat perkembangan anak, maka dari itu vidio ini sangat bagus untuk guru pelajari guna menangani kasus disekolah mengenai anak tidak percaya diri. dari sini guru dapat belajar teknik menangani dan mengarahkan anak.
    terimakasih vidionya sangat bagus dan membatu guru.

  3. Nama ; Amilaton
    Nim ; 855890355
    judul vidio ; Anak tidak percaya diri

    Anak tidak percaya percaya diri atau minder adalah perasaan diri tidak mampu dan mengaggap orang lain lebih baik dari dirinya. Orang yang merasa tidak percaya diri cenderung bersikap egosentris, memposisikan diri sebagai korban, merasa tidak puas terhadap dirinya, mengasihani diri sendiri, mudah menyerah dan mengaggap dirinya tidak mempunyai kemampuan yang berarti. Anak usia dini memiliki pribadi yang sangat unik dan karakteristik yang beraneka ragam. Segala aspek perkembangan yang dibutuhkan oleh anak usia dini perlu dikembangkan dan terus distimulasi sesuai dengan tahapannya. Salah satunya adalah aspek perkembangan sosial, dimana nantinya anak tidak hanya berinteraksi dengan satu lingkungan saja namun berbagai lingkungan yang ada di sekitarnya. Biasanya dalam lingkungan yang baru anak cenderung masih sulit berinteraksi. Lingkungan sangat mempengaruhi pembentukan polaperilaku anak untuk dapat mengembangkan rasa percaya dirinya.Lingkungan yang baik merupakan model utama bagi anak dalam meniru sikap atau perilaku yang dilihatnya. Anak yang kurang percaya diri akan mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan lingkungan yang ada disekitarnya. Perasaan cemas, khawatir dan takut kemampuannya tidak diterima oleh lingkungan menjadi faktor penghambat dalam mengembangkan rasa percaya diri anak sehingga perkembangan sosialnya pun tidak berkembang dengan baik, anak juga bisa minder. Peran orang tua, guru, serta lingkungan yang ada disekitar anak sangat diperlukan untuk membantu anak mengembangkan sense of self (rasa percaya diri) agar anak tumbuh menjadi pribadi yang akan mudah menyesuaikan dirinya dengan lingkungan yang baru, memiliki pegangan hidup yang kuat, dan mampu mengembangkan potensinya, tanpa kepercayaan diri individu tidak dapat mengambil keputusan, melainkan individu akan merasa ragu dengan apa yang dikerjakannya. Pemberian kesempatan, motivasi, reward dan model yang positif untuk anakakan menjadi modal dasar dalam membangun kepercyaan diri,hargadiri,dankemandirian.

    Ada beberapa tehnik mengatasi anak yang kurang percaya diri
    1) Guru dapat menanyakan jika anak masih ragu kepada tugas yang diberikan
    2) Guru memberikan saran menggambar sesuatu meski pun tidak sesuai dengan tema saat itu
    3) Guru memberikan motivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak menggambar yang disukai oleh anak
    4) Guru mencoba mengeksplorasi potensi anak dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.Lakukan pendekatan pada anak dengan cara memotivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri

  4. Assalamualaikum wr wb

    Nama : RATNA KAMILA
    NIM : 859656528

    Dari video di atas, dapat disimpulkan upaya guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan berkreatifitas anak Usia Dini. Berikut beberapa teknik untuk menumbuhkan percaya diri dan berkreatifitas dikelas melalui teknik sosial emosional yaitu dengan meilibatkan peran guru yang ambil bagian dalam mensitumulasi seluruh anak baik yang sudah mampu maupun yang masih perlu bimbingan, antara lain :
    1. Guru menanyakan kepada anak yang masih ragu atas tugas yang diberikan.
    2. Gru memberikan saran gambar yang disukai anak dengan cara meminta anak untuk menggambar sesuatu yang paling disukai anak.
    3. Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara meminata anak untuk mnggambar sesuatu yan gpaling dsukai anak.
    4. Guru mencoba mengeksplorasi potensi anak tentang hal lain yang dibuat terkait dengn tugas yang diberikan.
    5. Guru membantu menuliskan nama gambar bagi anak yang baru masuk karena masih kesusahan menggunakan motorok halusnya untuk menulis dan meminta anak tersebut menceritak gambarnya di depan teman-temannya.
    6. Guru mengajak anak-anak untuk menggambar diluar kelas dan memberikan kebebasan anak untuk menggambar yang mereka sukai.
    Upaya-upaya di atas diharapkan mampu meningkatkan kemampuan percaya diri dan kreatifitas anak. karena menggambar merupakan salah satu wahana untu mengkesresikan nilai sosial emosional anak, dimana unsur tersebut sangat berperan penting bago tumbuh kembang anak dalam berdadaptasi dan berhubungan dengan teman sabaya, orang dewasa dan lingkungan baru.
    Terima kasih

Leave a Reply