silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun siswa kesulitan memasangkan kartu / nama kota atau nama sungai yang sudah disiapka dengan simbol yang sesuai yang terdapat dalam peta buta, dan kesulitan menyebutkan daerah apa yang ada dalam peta buta. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Guru menyediakan beberapa set peta yang cukup besar dan model alat trasportasi,
  2. Siswa diminta melakukan simulasi perjalanan dengan menggunakan alat transportasi tertentu, berangkat dari satu kota yang satu ke kota yang lain dengan melewati beberapa kota yang diskenariokan guru dalam kartu ”rute perjalanan” dan siswa diminta menceritakan nama kota yang pernah dilalui dalam perjalanan yang dilakukannya. Sesungguhnya, keterampilan yang harus dimiliki siswa adalah bagaimana membaca peta, bukan menebak peta. 

Eded Tarmedi

  1. Seharusnya ketika membuka pembelajaran guru dapat merangsang anak dengan materi-materi lingkungan sekitar.
  2. Pembelajaran peta buta dapat dilakukan dengan strategi berkelompok/media yang digunakan harusnya lebih memudahkan anak dalam mengerjakan.
  3. Ya, untuk materi disesuaikan dengan lingkungan sekitar.
  4. Sesuai Kesesuaian dengan kurikulum

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

40 Comments

  1. Nama : Jefry romadhon
    Nim : 858650778

    menurut pendapat saya ada beberapa kekurangan dalam video di atas
    yang pertama guru tidak melakukan salam pembuka dan tidak melaksanakan doa bersama sebelum pembelajaran di mulai serta tidak memeriksa kehadiran siswa di dalam kelas
    kedua guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang konsep cara membaca peta buta dan akhirnya siswa tidak punya gambaran tentang materi yang akan dipelajarinya di materi ips tersebut.
    dan yang terakhir guru saat mengajarkan peta buta ini guru tidak mengajarkan nama nama daerah daerah yang akan di pelajari sebelum menyuruh siswa untuk menentukan lokasi negara negara yang ada di peta buta dan dimana letaknya.

    Dan untuk beberapa kelebihan di dalam pembelajaran di atas
    yang pertama guru menyampaikan dengan bahasa yang baik dan membuat siswa mau menjawab dan memberi tanggapan untuk maju kedepan
    yang kedua guru memberikan umpan balik/ mengkoreksi jawaban yang benar dimana letak nama sebuah negara yang berada di benua afrika di media yang di pakai guru
    dan yang terakhir guru memberikan metode/solusi alternatif membaca peta dengan cara melakukan perjalan wisata dan membuat kelompok diskusi membagi 4 kelompok bagian dimana ketua kelompok menjalani mobil dengan tujuan yang sudah di tentukan dan teman yang lainnya mencatat rute yang dilewatinya dengan metode tersebut anak akan paham bagaimana cara membaca peta

  2. Nama: Roisul Huda
    NIM: 859504438

    Menurut pendapat saya, saya perhatiakan vidio tidak adanya kegiatan penahuluan, karena kegiatan pendahuluan merupakan kegiatan yang penting dan dapat menentukan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran. Seorang Guru di dalam pendahuluan terlebih dahulu mengkondisikan peserta didiknya di dalam kelasnya, membuka dengan salam, berdoa terlebih dahulu menurut agama dan kepercayaan masing-masing, dan tentunya mengabsen peserta didiknya.
    Kemudian seorang guru harus mengulas kembali sedikit materi yang sudah di sampaikan kemarin dengan memberi umpan balik tanya jawab dengan peseta didiknya.
    Di dalam vidio diatas mengenai peta, memang belajar dengan menggunakan alat peraga sangat menyenangkan bagi peserta didik dan peserta didik tidak akan bosan, dan yang paling penting seorang guru juga harus dapat memberikan materinya terlebih dahulu, seperti halnya menyebutkan berapakah benua yang ada di dunia dan menjabarkannya negara-negara mana sajakah yang berada di lima benua tersebut, supaya peserta didik mengerti dan paham negara mana dan berada di benua apa.
    Kemudian di falam vidio selanjutnya seorang guru membuat kelompok peserta didik mengarahkan dengan menggunakan alat peraga berupa peta dan mobil-mobilan supaya peserta didik teraebut tahu sudah sampai manakah perjalanan dari kota A ke kota B ke kota C dan selanjutnya, nah ini akan menjadikan peserta didik akan semakin semang belajarnya, dan hafal kota-kota yang sudah di lewatinya dan pembelajaran tersebut akan menyenangkan, terkesan, tercapai dan efektif.

  3. Nama: Roisul Huda

    NIM: 859504438

    Menurut pendapat saya, saya perhatikan vidio tidak adanya kegiatan pendahuluan, karena kegiatan pendahuluan merupakan kegiatan yang penting dan dapat menentukan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran. Seorang Guru di dalam pendahuluan terlebih dahulu mengkondisikan peserta didiknya di dalam kelasnya, membuka dengan salam, berdoa terlebih dahulu menurut agama dan kepercayaan masing-masing, dan tentunya mengabsen peserta didiknya.
    Kemudian seorang guru harus mengulas kembali sedikit materi yang sudah di sampaikan kemarin dengan memberi umpan balik tanya jawab dengan peseta didiknya.
    Di dalam vidio diatas mengenai pelajaran IPS materi peta, memang belajar dengan menggunakan alat peraga sangat menyenangkan bagi peserta didik dan peserta didik tidak akan bosan, dan yang paling penting seorang guru juga harus dapat memberikan materinya terlebih dahulu, seperti halnya menyebutkan berapakah benua yang ada di dunia dan menjabarkannya negara-negara mana sajakah yang berada di lima benua tersebut, supaya peserta didik mengerti dan paham negara mana dan berada di benua apa.

    Kemudian di dalam vidio selanjutnya seorang guru membuat kelompok peserta didik dengan beberapa kelompok, mengarahkan dengan menggunakan alat peraga berupa peta dan mobil-mobilan supaya peserta didik tersebut tahu sudah sampai manakah perjalanan dari kota A ke kota B ke kota C dan selanjutnya, nah ini akan menjadikan peserta didik akan semakin semangat belajarnya, dan hafal kota-kota yang sudah di lewatinya dan pembelajaran tersebut akan menyenangkan, terkesan, tercapai dan efektif.

  4. nama : ronaldo dwi raharjo
    nim : 858685454

    menurut saya tidak adanya kegiatan penahuluan, karena kegiatan pendahuluan merupakan kegiatan yang penting dan dapat menentukan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran. Seorang Guru di dalam pendahuluan terlebih dahulu mengkondisikan peserta didiknya di dalam kelasnya, membuka dengan salam, berdoa terlebih dahulu menurut agama dan kepercayaan masing-masing, dan tentunya mengabsen peserta didiknya.

  5. Assalamualaikum wr.wb

    Izin memperkenalkan diri

    Nama saya Fitri Novita Sari 856983247
    Jurusan FKIP PGSD-S1, Semester 6
    Pokjar Banjar agung Tulang Bawang, Lampung

    Izin untuk menanggapi dari video tersebut.

    Untuk Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM).

    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum

    Menurut saya, guru dalam video tersebut tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran, secara tiba-tiba guru menjelaskan materi tentang Benua mengenai peta buta. Sehingga siswa merasa kesulitan, dan seharusnya guru tidak boleh berkata “Masa seperti itu kalian tidak bisa” seharusnya yang dilakukan oleh guru adalah guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membaca peta buta bukan untuk menebak peta buta. Bagaimana siswa bisa memahami sebuah peta buta apabila sebelumnya tidak dijelaskan terlebih dahulu oleh guru, jangankan tentang Benua tentang keseluruhan wilayah negara Indonesia jika menggunakan peta buta, Saya rasa siswa masih kurang memahami semuanya sebaiknya guru menjelaskan tingkat rendah terlebih dahulu seperti wilayah negara kita, tempat tinggal kita, provinsi kita, kabupaten kita, dll. Kemudian guru menjelaskan sedikit bagaimana letak tempatnya dan apa warna tempatnya, sehingga siswa bisa berpikir kritis tentang letak wilayah lainnya dan kegiatan tersebut menggugah semangat belajar siswa.

    Terimakasih.

  6. Dari video pembelajaran di atas maka saya sebagai guru mendapat inspirasi baru dalam mengajar dimana kegiatan belajar mengajar bukan sekedar menyampaikan materi dan memberi tugas semata namun kita membentuk sikap anak yang akan menjadi generasi bangsa di masa depannya.seperti membaca peta buta maka sama seperti menyuruh anak berjalan tanpa tujuan yang ada hanya kegiatan menebak namun jika kita sebagai guru memberi panduan atau rambu rambu maka anak anak tidak akan tersesat dalam pehamaman belajar . maka itu akan menjadi salah satu ilmu yang akan saya terapkan di kemudian hari.
    terima klasih

  7. NUR HANUM – 856037011
    Kelas B / 6 AKPMM
    Dari video pembelajaran di atas maka saya sebagai guru mendapat inspirasi baru dalam mengajar dimana kegiatan belajar mengajar bukan sekedar menyampaikan materi dan memberi tugas semata namun kita membentuk sikap anak yang akan menjadi generasi bangsa di masa depannya.seperti membaca peta buta maka sama seperti menyuruh anak berjalan tanpa tujuan yang ada hanya kegiatan menebak namun jika kita sebagai guru memberi panduan atau rambu rambu maka anak anak tidak akan tersesat dalam pehamaman belajar . maka itu akan menjadi salah satu ilmu yang akan saya terapkan di kemudian hari.
    terima klasih

  8. Nama:n YUNI YENISA
    NIM : 856280118
    Prodi: PGSD
    Pokjar: UT Padang

    Setelah mengikuti vidio dan menonton vidio ada beberapa hal yang dapat saya tangkap,
    Peratama, adapun reaksi anak dalam pembelajaran yaitu kurang perhatian terhadap yang disampaikan oleh guru.
    Kedua, adapun kelemahan guru dalam pembelajaran yaitu mengguanakan media terlalu kecil sehingga tidak semua anak bisa membaca, selanjunta menggunakan bahasa yang kurang bagus dalam pembelajaran. Lalu guru langsung menyalahkan anak dalam pembelajaran secara cepat tanpa memikirkan psikologi anak.

    Ketiga, adapun kelebihan dalam vidio ini yaitu guru menggunakan media pembelajaran yang menarik.

    Keempat: adapun hal yang unik dalam pembelajaran yaitu guru tidak fokus dalam mempersipkam pembelajaran.

    Kelima, adapun upaya yang dilakukan guru adalah mempersipakan pembelajaran dengan matang, menggunakan media pembelajaran yang jelas dan relevan serta menggunakan bahasa yang baik serta memberikan motivasi kepada peserta didik.

  9. Nama : Azlina Alhafiza
    NIM : 858043669
    PRODI : PGSD-S1 AKPMM

    Berdasarkan video diatas mengenai pelajaran IPS materi peta, memang belajar dengan menggunakan alat peraga sangat menyenangkan bagi peserta didik dan peserta didik tidak akan bosan, dan yang paling penting seorang guru juga harus dapat memberikan materinya terlebih dahulu, seperti halnya menyebutkan berapakah benua yang ada di dunia dan menjabarkannya negara-negara mana sajakah yang berada di lima benua tersebut, supaya peserta didik mengerti dan paham negara mana dan berada di benua apa. Kemudian di dalam vidio selanjutnya seorang guru membuat kelompok peserta didik dengan beberapa kelompok, mengarahkan dengan menggunakan alat peraga berupa peta dan mobil-mobilan supaya peserta didik tersebut tahu sudah sampai manakah perjalanan dari kota A ke kota B ke kota C dan selanjutnya, nah ini akan menjadikan peserta didik akan semakin semangat belajarnya, dan hafal kota-kota yang sudah di lewatinya dan pembelajaran tersebut akan menyenangkan, terkesan, tercapai dan efektif.

  10. Bismillah
    Nama : Mulyandari
    NIM : 856093937

    Dari pengamatan video diatas menurut saya kekurangannya yaitu tidak ada pendahuluan salam pembuka, mengecek kehadiran siswa. Guru langsung memberikan tugas kepada peserta didik tanpa memberikan penjelasan mengenai materi pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan sudah bagus.

Leave a Reply