silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut.  Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu  Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…

Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri.  Setelah itu guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

59 Comments

  1. Nama : Adam Armansyah
    NIM : 857079874
    Jurusan : PGSD

    menurut saya
    1. diawal belum ada nya kegiatan pembukaan seperti berdoa, memeriksa kehadiran, dan apersepsi
    2. Guru kurang mengusai kondisi kelas dalam arti anak-anak masih terlihat adanya keributan dan belum kondusif diawal.
    3. dalam mengaplikasikan tujuan pembelajaran nya sudah bagus
    4. pembelajaran kurang menyenanngkan menyebabkan anak-anak terlihat kantuk

  2. Nama : NOPI ANDRIYANI
    NIM : 86708739
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : PALEMBANG
    Pokjar : LAWANG WETAN

    Setelah mengamati dan menyimak video yang berjudul “Membaca Cerita Secara Bergilir”, saya menganalis video pembelajaran tersebut sebagai berikut:
    Reaksi siswa pada saat menerima pembelajaran :
    Siswa terlihat ribut sekali tidak memperhatikan ketika guru menyampaikan materi pembelajaran.
    Kelemahan guru:
     Pada saat memulai pembelajaran guru tidak memberikan apersepsi dari awal supaya peserta didik termotivasi untuk menerima pembelajaran di kelas.
     Guru kurang mampu mengelola kelas dengan baik sehingga siswa kurang memperhatikan guru ketika menerangkan.
    Kelebihan guru:
    Mampu menenangkan siswa yang ribut atau ramai, mampu mengatasi ketika ada salah seorang peserta didik yang bermain yoyo di dalam kelas, sehingga siswa tersebut menyerahkan yoyonya ke gurunya.

  3. Dalam kegiatan pembeljajaran tersebut guru tidak dapat mengondisikan jam pelajaran dengan baik seperti saat pembukaan jam pembelajaran guru tidak ada memberikan apersepsi dan pada saat jam pelajaran berlangsung. Banyak siswa yang tidak fokus terhadap pembelajaran. Maka dari itu penting sekali untuk melakukan refleksi terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran agar siswa bisa lebih fukos, lebih siap, dan tentunya lebih semangat untuk melakukan kegiatan pembelajaran.

    Seharusnya guru menggunakan berbagai metode untuk dapat mengondisikan kelas dengan baik, seperti penggunaan metode games, dimana siswa yang kalah dalam bermain games mendapatkan giliran untuk bercerita, begitu seterusnya sampai seluruh siswa mendapatkan giliran.

    Upaya yang dpt dilakukan ialah guru harus bisa menentukan metode mengajar yang menarik & menyenangkan juga tidak monoton, sehingga siswa tidak merasa bosan.
    Metode yang digunakan harus sesuai dengan usia.

  4. NAMA: RONI PUTRA
    NIM:856282064
    UPBJJ PADANG
    ASSALAMUALAIKUM.WR.WB
    1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? siswa tidak banyak yang merespon pertanyaan guru, sebagian siswa ada yang bercerita serta bermain dengan teman sebangkunya.
    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? guru tidak bisa menarik perhatian siswa dan tidak membuat media pembelajaran yang menarik
    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? membuat ilustrasi gambar yang akan di pelajari
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? membuat gambar materi dan mengambil mainan anak yang dimainkan ketika belajar
    5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? menarik perhatian siswa untuk lebih semangat lagi dalam mengikuti pelajaran dengan membuka pelajaran dengan permianan atau juga bisa menjelaskan materi dengan bercerita.

  5. Nama : Hazimatul Izzati Amalina
    Nim : 858182293
    UPBJJ : Surabaya, Pokjar Jatirogo – Tuban.

    Hasil analisis saya, setelah menonton video yang berjudul “Membaca cerita secara bergilir” pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas 1 SD. Menurut saya, Guru sudah baik dalam menjelaskan materi tersebut dan guru juga sudah menguasai kelas serta pada saat siswa ada yang ramai dan bermain sendiri, guru menegur siswa dengan tepat. akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki yaitu :
    – pembukaan pelajaran, guru tidak melakukan salam pembuka, bertanya kabar. sehingga proses pembelajaran langsung pada intinya. siswa tidak diberikan pemanasan sehingga siswa belum cukup kondusif.
    – pada proses inti pembelajaran, siswa belum berkonsentrasi penuh karena ada siswa ramai yang mendominasi kelas. akan tetapi,suara guru sudah mampu menguasai kelas.
    – media pembelajaran yang digunakan kurang tepat yaitu berupa gambar di papan. lebih baik jika media berupa video singkat atau gembar print out berwarna sehingga dapat menarik perhatian siswa kelas 1.
    -tujuan pembelajaran belum tercapai sampai jam pelajaran berakhir.
    sekian dan terima kasih

  6. Assalamuallaikum saya Sri Devi Nim 858042871.
    Setelah saya menonton video diatas, saya melihat ibu guru sudah baik dalam menguasai kelas tersebut, seperti anak-anak yang mulai gelisah, ribut dan juga saat anak-anak mulai bermain saat ibu guru sedang menjelaskan. Guru mampu untuk mengembalikan kelas kembali menjadi tenang dengan cara menegur siswa serta memberikan pesan saat pelajaran selesai.
    Akan tetapi yang perlu guru perhatikan lagi sebaiknya sebelum memulai pembelajaran, guru mengecek terlebih dahulu kesiapan siswa, mengingatkan siswa agar fokus saat pelajaran berlangsung dan menyiapkan alat-alat yang akan digunakan saat proses pembelajaran, sehingga dapat membuat proses kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.

  7. Assalamuallaikum. wr. wb. saya Sri Devi Nim 858042871.
    Setelah saya menonton video diatas, saya melihat ibu guru sudah baik dalam menguasai kelas tersebut, seperti anak-anak yang mulai gelisah, ribut dan juga saat anak-anak mulai bermain saat ibu guru sedang menjelaskan. Guru sudah mampu untuk mengembalikan kondisi kelas menjadi tenang dengan cara menegur siswa, serta memberikan pesan saat jam pelajaran selesai.
    Akan tetapi yang perlu guru perhatikan lagi sebaiknya sebelum memulai pembelajaran, guru mengecek terlebih dahulu kesiapan siswa, mengingatkan siswa agar fokus saat pelajaran berlangsung dan menyiapkan alat-alat yang akan digunakan saat proses pembelajaran, sehingga dapat membuat proses pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.

  8. Nama: Venniy Rozalina
    Nim :
    Menurut pendapat saya setelah menonton video membaca cerita secara bergilir mata pelajaran bahasa Indonesia untuk kelas 2 SD sebagai berikut.
    1.dalam memulai pelajaran guru tidak membaca doa.tidak absensi dan apresiasi.
    2. Dalam proses pembelajaran banyak siswa yang tidak memperhatikan guru menjelaskan didepan,siswa banyak yang ribut saat proses pembelajaran berlangsung
    3. Metode pelajaran juga membosan kan karena guru hanya menjelaskan depan kelas Tampa memberi pertanyaan kepada siswa kelas 1.
    4. Guru tidak menggunakan alat peraga atau media pelajaran.
    5. Tidak ada umpan balik dari guru ke siswa yang meningkatkan kreativitas siswa dalam membaca cerita
    6. Tidak ada tugas yang di berikan guru kepada siswa.
    Jadi saran saya kepada guru tersebut adalah.
    1. Sebelum memulai pembelajaran kita harus berdoa,absen, dan menyanyikan 1 lagu.Apresiasi
    2. Ulang lah pelajaran sebelum nya agar siswa mengingat pelajaran yang sudah dilaksanakan.
    4. Ciptakan suasana belajar yang menarik agar siswa bersemangat dalam belajar dengan menanyakan apakah siswa pernah membaca sebuah cerita?
    5. Gunakan media pembelajaran atau alat peraga untuk menunjang proses pelajaran seperti menonton video dan lain sebagai nya yang bisa menunjang proses pembelajaran.agara pembelajaran tidak membosankan.
    6. Lakukan umpan balik agar siswa bisa berani untuk ke depan untuk menceritakan kembali cerita yang kita pelajari.
    7.berikan apresiasi kepada siswa yang sudah berani ke depan kelas dengan memberi pujian kepada siswa tersebut untuk motivasi siswa yang lain nya.
    8 tutup pelajaran dengan menyimpulkan pembelajaran hari
    Itu.
    Inti nya berlangsung nyan proses pembelajaran di kelas tergantung bagaimana cara guru membuat siswa itu nyaman dalam belajar dan bisa membuat siswa termotivasi dangan apa yang kita sampaikan di kelas.dan apa yang kita sampaikan menjadi pembelajaran yang bermakna bagi siswa

  9. Nama : Hayu Setyanasmara D
    NIM : 858842202
    UPBJJ : Malang
    Analisis Video Pembelajaran Materi Bahasa Indonesia dengan judul “ Membaca Cerita Secara Bergilir” pada siswa kelas 1
    Pembukaan :
    Guru sudah melakukan pembukaan dengan baik yaitu dengan memberikan pengantar berupa ilustrasi atau gambar tokoh – tokoh yang ada di cerita yaitu Timun Mas dan Buto Ijo. Kemudian Guru menjelaskan peraturan-peraturan sebelum melakukan kegiatan bercerita dan juga menanyakan sangsi apabila melanggar peraturan yang telah dibuat. Siswa juga dengan sigap memberikan usulan sangsi apa yang akan diterima apabila melanggar peraturan. Selain itu guru juga sudah memberikan teknis cara melakukan cerita bergilir dengan baik.
    Kegiatan Pembelajaran :
    Saat guru mulai menjelaskan mengenai cerita Timun Mas, masih ada siswa yang terlihat sibuk bermain bersama temannya. Guru sudah melakukan tindakan yang sesuai kepada siswa yang membawa mainan yaitu dengan menegur dan meminta mainan tersebut. Namun lebih baik apabila menegur dan meminta siswa untuk menyimpan mainannya sendiri terlebih dahulu. Hal ini untuk melatih disiplin siswa dan tanggungjawab apabila pelajaran dimulai sebaiknya mainan disimpan terlebih dahulu.
    Media Pembelajaran :
    Menurut pendapat saya media pembelajaran yang digunakan berupa gambar tokoh dalam cerita sudah baik. Namun akan lebih baik apabila guru menggunakan media yang lebih menarik seperti media video yang diputar melalui proyektor. Dan juga menampilkan teks cerita bergambar sehingga siswa bersemangat untuk maju ke depan membaca cerita di layar. Jadi siswa akan lebih tertarik dengan materi cerita yang akan disampaikan dan dilakukan.

    Hal lain yang perlu diperbaiki adalah guru seharusnya memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berani maju kedepan untuk membacakan cerita.

Leave a Reply