Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:

1. menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,

2. mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah

3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,

4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,

5. melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan

6. menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Toto Fathoni

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

2 Comments

  1. Nama : Siti Nuraeni
    NIM : 857557536
    Video Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD Menurut pendapat saya tentang video tersebut.
    1. Kekurangan Didalam video tersebut seorang guru tidak melakukan pendahuluan terlebih dahulu seperti berdoa, mengabsensi dn mengapresiasi pembelajaran sebelumnya. Sehingga siswa-siswa merasa belum siap menerima pembelajaran yang akan disampaikan
    2. Kelebihan Didalam video tersebut nampak giri cepat tanggap ketika siswa-siswa merasa tidak tahu atas proses peristiwa alam, seorang guru langsung memberikan media pembelajaran berupa flip chart.
    3. Hal yang harus dilakukan Sebaiknya seorang guru mempersiapkan terlebih dahulu dengan matang melalui serangkaian RPP yang digunakan, mulai dari pendahulu,isi dan penutup. Guru juga menyampaikan secara sistematis agar mudah dipahami siswanya, guru menjelaskan lebih rinci perihal materi yang disampaikan, meski sudah dilengkapi dengan media yang ada

  2. Nama : AGUS TRIONO
    NIM : 856957037
    Prodi : S1 PGSD
    Pada KBM yang dilakukan pada vidio tersebut masih menggunakan metode lama. Dimana guru hanya menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan materi yang disampaikan.. Hal ini menyebabkan keaktifan anak atau interaksi anak pada pembelajaran kurang baik..

Leave a Reply