Sinopsis

Naskah diawali dengan munculnya presenter yang mengantarkan bahwa sering ditemui kegiatan praktikum yang tidak efektif, kemudian diteruskan dengan hal-hal yang dapat menyebabkan kegiatan ini tidak efektif. Pada tayangan berikutnya memberikan solusi bagaimana kegiatan praktikum dapat berjalan dengan efektif. Pada laboratorium suatu SMP, tampak adanya kegiatan belajar mengajar. Terlihat 3 orang guru sedang bekerja, sorang guru terlihat sedang menyiapkan infokus, guru yang lain sedang mengecek alat dan bahan praktikum dan guru yang lainnya sedang menyiapkan materi serta membimbing praktikum. Pada awal kegiatan guru membagi kelas menjadi 9 kelompok. Sebelum kegiatan praktikum guru menjelaskan teori berupa gambar struktur daun melalui infokus, dan materi lain yang berhubungan dengan materi percobaan seperti fungsi daun, dan gunanya fotosintesis. Kegiatan berlangsung dengan tanya jawab. Kemudian guru membagikan LKS dan diteruskan dengan melakukan kegiatan praktikum dengan panduan LKS , tampak guru membimbing praktikum. Kegiatan praktikum berlangsung selama 80 menit. Selesai melakukan praktikum guru meminta untuk mendiskusikan hasil percobaan dan membuat laporan, terakhir siswa diminta untuk mengumpulkan LKS.

Pertanyaan pemicu diskusi :
Cukup efektifkah cara guru tersebut dalam memberikan materi tentang fotosintesis tersebut? Beri alasan Anda! Jika jawaban anda tidak, jelaskan mengapa dan pendekatan pembelajaran apa yang Anda anggap paling cocok untuk memberikan materi tersebut?

Tri Wahyuningsih

Video ini menayangkan tentang bagaimana agar praktikum dapat berjalan secara efektif, khususnya praktikum tentang percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau.

Pada tayangan pertama, presenter mengatakan bahwa praktikum merupakan kegiatan yang sangat disukai siswa, karena dapat mengasah kemampuan kinerja dan analisis siswa, tetapi sering ditemukan kegiatan praktikum yang berlangsung tidak tertib dan tidak efektif.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan praktikum tidak tertib dan tidak efektif, diantaranya adalah:
1. Jumlah siswa terlalu banyak, sehingga dalam kelompok ada siswa yang tidak terlibat dalam praktikum.
2. Guru tidak mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan pada saat praktikum, sehingga pada saat pelaksanaan alat dan bahan tidak lengkap.
3. Guru tidak menyiapkan lembar kerja siswa yang berisi petunjuk cara melakukan percobaan, sehingga siswa melakukan praktikum tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Dra. Anna Ratnaningsih, M.Si.

Similar Posts

29 Comments

  1. Nama : Wahyu Widyawati

    NIM : 501333206

    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Perkenankan untuk memberikan komentar terhadap video tersebut.
    Menurut saya Pembelajaran Praktikum tadi sudah efektif. Metode diskusi dengan membagi beberapa kelompok, maka siswa dapat menerapkan nilai gotong royong, kebhinekaan global dengan berbagai karakteristik anggota kelompok. Guru juga memfasilitasi dengan LKS yang mengarahkan siswa pada kesimpulan tentang proses fotosintesis pada tumbuhan.

    Saran: sebaiknya guru memunculkan perbedaan daun yang berwarna hijau karena melakukan fotosintesis dengan daun yang ditutup aluminium foil sehingga daun tersebut tidak melakukan fotosintesis. jadi akan nampak pengertian fotosintesis dari hasil yang ditampakkan pada daun yang melakukan fotosintesis.
    terima kasih

  2. Nama : Wahyu Widyawati
    NIM : 501333206
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    Perkenankan untuk memberikan komentar terhadap video tersebut.
    Menurut saya Pembelajaran Praktikum tadi sudah efektif. Metode diskusi dengan membagi beberapa kelompok, maka siswa dapat menerapkan nilai gotong royong, kebhinekaan global dengan berbagai karakteristik anggota kelompok. Guru juga memfasilitasi dengan LKS yang mengarahkan siswa pada kesimpulan tentang proses fotosintesis pada tumbuhan.

    Saran: sebaiknya guru memunculkan perbedaan daun yang berwarna hijau karena melakukan fotosintesis dengan daun yang ditutup aluminium foil sehingga daun tersebut tidak melakukan fotosintesis. jadi akan nampak pengertian fotosintesis dari hasil yang ditampakkan pada daun yang melakukan fotosintesis.
    terima kasih

  3. Pentingnya persiapan menjelang mengajar harus menjadi acuan utama dalam pelaksanaan pembelajarannya. Karena pembelajaran dan informasi yang akan mereka dapat bisa lebih mudah digali. Namun, dari informasi yang diberikan, tidak dapat dikatakan bahwa cara tersebut cukup efektif. Berikut adalah alasan-alasan mengapa cara guru tersebut mungkin tidak efektif:

    Tidak memanfaatkan variasi media pembelajaran: Meskipun guru menggunakan infokus untuk menjelaskan gambar struktur daun, tidak disebutkan penggunaan media pembelajaran lainnya. Memanfaatkan variasi media pembelajaran, seperti video, gambar, atau alat peraga, dapat membantu memperjelas konsep dan membuat materi lebih menarik bagi siswa.

    Keterbatasan interaktivitas: Kegiatan tanya jawab merupakan langkah yang baik untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran. Namun, tidak disebutkan sejauh mana interaksi tersebut terjadi dan apakah semua siswa aktif berpartisipasi. Keterlibatan siswa secara aktif dapat ditingkatkan dengan menggunakan strategi pembelajaran yang memungkinkan partisipasi aktif dari semua siswa, seperti diskusi kelompok kecil atau aktivitas berbasis masalah.

    Keterbatasan waktu: Dalam deskripsi kegiatan tersebut, kegiatan praktikum hanya berlangsung selama 80 menit. Dalam beberapa kasus, waktu yang terbatas dapat membatasi kesempatan siswa untuk mendalaminya dan eksplorasi materi dengan lebih mendetail. Pembelajaran yang efektif membutuhkan waktu yang cukup agar siswa dapat memahami konsep secara menyeluruh dan menerapkannya dalam konteks praktikum.

    Pendekatan pembelajaran yang lebih cocok untuk memberikan materi tentang fotosintesis adalah sebagai berikut:

    Menggunakan media pembelajaran yang bervariasi: Guru dapat memanfaatkan berbagai media pembelajaran, seperti video, gambar, animasi, atau alat peraga, untuk menjelaskan konsep fotosintesis dengan lebih jelas dan menarik. Media-media ini dapat membantu siswa memvisualisasikan proses fotosintesis dan memperkuat pemahaman mereka.

    Menggunakan pendekatan pembelajaran aktif: Selain tanya jawab, guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, seperti diskusi kelompok kecil, eksperimen praktikum, atau studi kasus, untuk melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan pemahaman mereka melalui pengalaman langsung dan berinteraksi dengan konsep-konsep fotosintesis.

    Meningkatkan waktu yang dialokasikan untuk praktikum: Mengingat kompleksitas materi fotosintesis, penting untuk memperpanjang waktu yang dialokasikan untuk praktikum. Ini memberi kesempatan bagi siswa untuk menjalankan eksperimen, mengamati hasil, dan menganalisis data dengan lebih teliti. Dengan waktu yang cukup, siswa dapat lebih mendalam memahami konsep fotosintesis dan mengaitkannya dengan praktikum yang mereka lakukan.

    Dengan memperhatikan pendekatan pembelajaran yang bervariasi, interaktivitas

  4. Cukup efektifkah cara guru tersebut dalam memberikan materi tentang fotosintesis tersebut? Beri alasan Anda! Jika jawaban anda tidak, jelaskan mengapa dan pendekatan pembelajaran apa yang Anda anggap paling cocok untuk memberikan materi tersebut?
    Nama : lesni
    NIM : 501133119
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    Tanggapan saya terkait vidio pembelajaran praktikum “Percobaan Fotosintesis Pada Tumbuhan Hijau” sangat bermanfaat dan menginspiratif khususnya bagi saya sebagai pendidik bisa menjadi referenci ketika melakukan percobaan.
    Dengan memberikan peyanan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa, merancang pembelajaran yang efektif sehingga tercapainya tujuan yang diharapkan.
    Dapat kita lihat, guru mempersiapkan dengan matang kelengkapan alat dan bahan untuk praktikum, serta LKS petunjuk megerjakannya sehingga dalam proses percobaan berjalan dengan efektif. Saya sangat setuju sekali dengan teknik pembagian kelompoknya, dengan jumlah setiap anggota kelompok tidak terlalu banyak akan mendorong semua anggota kelompok terlibat aktif bekejasama, karena, sering ditemui dilapangan ketika dilakukan diskusi kelompok, ada eberapa teman tema yang tidak telibat disebabkan pembahasannya sedikit anggota kelompokya terlalu banyak.

  5. Nama : Himayari Nufus Maryana
    NIM : 501353247
    Prodi MPDr

    Manfaat dalam video tersebut adalah langkah-langkah yang akan dilaksanakan dalam melakukan pratikum yang sangat dibutuhkan guru agar pratikum berjalan dengan kondisif, pratikum akan interaktif jika terdapat timbal balik antara guru dan siswa. Guru memberikan pengarahan juga membuat kondisif suatu pratikum. Adapun saran yang dapat dilakukan pada video tersebut adalah pemberian lembar kerja siswa (LKS) agar mempermudah siswa dalam melakukan pembuatan laporan pengamatan selama pratikum.

  6. Nama : lesni NIM : 501133119 Prodi : Magister Pendidikan Dasar Tanggapan saya terkait vidio pembelajaran praktikum “Percobaan Fotosintesis Pada Tumbuhan Hijau” sangat bermanfaat dan menginspiratif khususnya bagi saya sebagai pendidik bisa menjadi referenci ketika melakukan percobaan. Dengan memberikan peyanan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa, merancang pembelajaran yang efektif sehingga tercapainya tujuan yang diharapkan. Dapat kita lihat, guru mempersiapkan dengan matang kelengkapan alat dan bahan untuk praktikum, serta LKS petunjuk megerjakannya sehingga dalam proses percobaan berjalan dengan efektif. Saya sangat setuju sekali dengan teknik pembagian kelompoknya, dengan jumlah setiap anggota kelompok tidak terlalu banyak akan mendorong semua anggota kelompok terlibat aktif bekejasama, karena, sering ditemui dilapangan ketika dilakukan diskusi kelompok, ada eberapa teman tema yang tidak telibat disebabkan pembahasannya sedikit anggota kelompokya terlalu banyak.

  7. Nama : Titik Kurniawati
    NIM : 501343181
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Malang

    Menanggapi dari video “Percobaan Fotosintesis Pada Tumbuhan Hijau”.
    Menurut saya cara guru tersebut dalam memberikan materi tentang fotosintesis dengan eksperimen sudah efektif sekali. Siswa menjadi lebih aktif dalam membelajaran dan siswa juga dapat belajar dengan melakukan aktivitas (learning by doing) sehingga diharapkan dapat memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Dengan melakukan eksperimen, siswa dapat melihat dan mempraktikkan teori secara langsung sehingga dapat mengetahui kebenaran teori dalam materi pelajaran secara langsung tahap demi tahapnya.

  8. Nama : Sri Rahayuningsih
    NIM : 501574109
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Medan

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Izin menanggapi vidio “percobaan Fotosintesis pada tumbuhan hijau” Bapak Ibu
    Dari Vidio penbelajaran SMP “percobaan fotosintesis pada Tumbuhan Hijau” menurut saya dalam proses pembelajaran berupa praktikum, memang lebih efektif jika dilaksanakan secara berkelompok. Dalam hal ini, pendekatan yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah pendekatan kooperatif, dimana siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan tetap guru sebagai pemimpin dan pengarah untuk jalannya praktikum tersebut. Dalam hal pembagian kelompok sebaiknya peserta didik di campur menurut tingkat keaktifan dan kecerdasan nya, supaya berjalan dengan baik proses pembelajaran berkelompok tersebut. agar materi pembelajaran bisa terserap dengan baik oleh peserta didik, guru juga sudah memastikan bahwa media berupa alat-alat praktikum telah disiapkan dengan baik serta pemberian materi oleh guru juga telah disampaikan. Guru juga membuka sesi tanya jawab untuk memahamkan saat ada siswa yang belum paham dan sebagai pengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan oleh guru. Kemudian guru membagi LKS dan menjelaskan langkah-langkah praktikum sesuai panduan LKS agar tidak terjadi kesalahan dalam prosedurnya. Pada saat proses praktikum berlangsung, guru juga mengamati proses praktikum dan diskusi dan Tanya jawab kepada peserta didik terkait isi materi praktikum kepada masing-masing kelompok. Setelah praktikum, siswa pun diberikan kesempatan untuk berdiskusi mengenai hasil praktikum tersebut. Guru tetap mengawasi dan menjadi pembimbing peserta didik selama praktikum terlaksana.Dengan pendekatan ini, peserta didik dapat mencapai tujuan dari pembelajaran.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  9. Menurut saya kegiatan praktikum pada video diatas sudah cukup efektif dikarenakan guru sudah memberikan penjelasan mengenai struktur daun dan menanyakan mengenai fungsi daun, kemudian siswa diberikan LKS untuk menuntun aktifitas selama kegiatan praktikum, dan diakhiri dengan tanya jawab. Namun ada tambahan walaupun judulnya mengenai fotosintesis pada daun hijau namun diakhir praktikum belum sampai pada bagaimana daun hijau dapat berfotosintesis hanya sampai pada salah satu bagian daun yaitu klorofil (zat hijau daun) berarti masih ada lagi praktikum berikutnya untuk menjelaskan bagian-bagian daun yang lain dan seterusnya, maka akan lebih efektif jika pembelajaran selanjutnya langsung kepada bagaimana daun melakukan fotosintesis.

Leave a Reply