silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

Sri Tatminingsih

a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.

b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.

d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.

Rahmawati

Similar Posts

206 Comments

  1. Nama : Marlena
    Nim : 858851907
    PRODI : PGPAUD
    Video seri pembelajaran paud
    Video pesan berbisik
    Menurut saya pembelajaran dalam video tersebut sangatlah penting bagi perkembangan motorik anak, anak juga mampu berkonsentrasi ketika mendengarkan , dan juga mampu menyampaikan apa yang anak-anak dengar. kegiatan belajar ini memiliki tujuan yang sangat penting bagi anak juga menyenangkan dan sangatlah berkesan. Kegiatan pesan berbisik ini juga dapat mengembangkan bahasa anak, melatih kerjasama yang sangat baik, anak-anak juga mampu antri menunggu giliran.
    Sekian komentar dari saya, sekian dan terimakasih .

  2. Asalamualaikum..
    NAMA : ENDANG INJIYATI
    NIM : 858854515
    PRODI : PGPAUD
    POKJAR : PACITAN
    JUDUL VIDEO : PENGEMBANGAN MOTORIK ANAK TK MELALUI PERMAINAN PESAN BERBISIK
    DOSEN : SRI TATMININGSIH
    Dalam video di atas “PENGEMBANGAN MOTORIK ANAK TK MELALUI PERMAINAN PESAN BERBISIK” merupakan cara yang efektif untuk pengembangan fisik motorik dan bahasa anak.melalui kegiatan yang ditayangkan di video guru mengetahui perkembangan yang dikembangkan anak melalui permainan tersebut.video ini mengembangkan upaya guru menerapkan permainan pesan berbisik mengembangkan keterampilan anak.melalui kegiatan zig zag dan melompat,berlari dan menirukan gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru.permainan tersebut salah satu alternatif bagi guru dalam perkembangan yang lebih bervariasi dan menarik.permainan berbisik merupakan permainan tanpa alat dan dapat dimainkan kapan saja.dalam video tersebut guru menggunakan bahan untuk mendukung kegiatan dalam pengembangan bahasa yaitu:
    1) kartu binatang/kartu buah/sayur sesuai gambar
    2) kartu dasar abjad
    3) alat tulis/alat gambar (spidol,krayon dll)
    dalam permainan pesan berbisik dapat mengstimulasi bahasa anak yaitu dengan cara:
    1. melatih pendengaran anak yaitu anak menerima pesan sesuai perintah
    2. pengenalan beragam kata ketika anak menerima pesan
    3.pengenalan kosa kata berupa kartu bergambar sesuai pesan
    4. menyebutkan pesan dengan suara keras.
    selain aspek perkembangan motorik kasar anak ada pula kemampuan lainnya yaitu
    -bahasa (anak mampu menerima dan menirukan pesan yang diterimanya),
    – sosial emosional (bersikap sportif atas kemenangan atau kekalahan,sabar menunggu giliran)
    -kognitif ( berimajinasi sesuai pesan yang diterimanya)
    dalam permainan tersebut guru dapat menerangkan atau menjelaskan permainan terlebih dahulu.strategi yang digunakan sudah bagus kekurangan dalam video tersebut yaitu dalam mengevaluasi pembelajaran belum ditampilkan.yang lain sudah bagus sesuai kurikulum anak dapat mengerrjakan beberapa perintah.

    terimakasih
    wasalamualaikum..

  3. Yulianti Safitri/859410246
    Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam video ini nampak bahwa perkembangan motorik kasar anak di stimulasi dengan berbagai kegiatan berlompat seperti katak, berlari cepat secara zigzag, mempergakan isi pesan sesuai dengan imajinasi anak. selain perkembangan motorik anak permainan pesan berbisik dapat menstimulasi aspek bahasa dan sosial emosional anak.

  4. Nama : Putri Intianti Utami
    NIM : 858865682
    Prodi : PG PAUD-BI Pokjar Musi Nganjuk
    Pada video yang berjudul “Pesan Berbisik” terlihat guru cukup menguasai materi dan intonasi suara guru saat menjelaskan sangat jelas. Pada permainan tersebut terlihat dapat mengembangkan aspek motorik, bahasa dan sosial emosional anak. Guru memotivasi anak-anak untuk dapat bergerak aktif dalam kegiatan fisik motorik. Pada permainan ini, dapat mengembangkan aspek perkembangan motorik kasar yaitu terlihat dari anak-anak berlari dengan zig zag, melompat seperti katak, menirukan gambar sesuai gambar yang ditunjukkan. Aspek perkembangan bahasa dapat terlihat anak-anak membisikkan kata sesuai gambar yang ditunjukkan, menyebutkan dengan keras gambar apa yang sedang ditunjukkan dan bermain boneka tangan. Aspek perkembangan sosial emosional dapat terlihat saat anak-anak bekerja sama dalam kelompok.
    Pada permainan ini, Guru sudah menggunakan media dan menawarkan permainan yang kreatif pada anak sehingga membuat anak-anak tertarik dan tidak bosan.

  5. Nama : Feti Indri Lestari
    Nim : 858161505
    UPBJJ : palangkaraya

    Dalam video terlihat seorang guru sedang memberikan permainan yang dapat melatih kemampuan motorik dan kemampuan bahasa anak, banyak permainan yang dapat diberikan oleh guru salah satunya adalah permainan pesan berbisik, dengan melakukan permainan tersebut anak dapat mengembangkan kemampuan motorik anak dan kemampuan bahasa anak, kemampuan motorik anak dapat tersimulus dengan anak menirukan gerakan yang sesuai dengan perintah yang diberikan kemudian kemampuan bahasa dapat dikembangkan dengan cara anak dapat menyebutkan kalimat yang telah dibisikan kepada anak tersebut

  6. Dari video di atas tergambar bahwa seorang guru berupaya mengembangkan kemampuan motorik anak dengan cara permainan pesan berbisik. Saya rasa upaya yang telah dilakukan memang efektif dilakukan di dalam pembelajaran anak usia dini. Hal tersebut membuat anak-anak gembira belajar sambil bermain. Tentunya permainan ini sangat menarik dan tidak membosankan bagi anak usia dini.

Leave a Reply