silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

550 Comments

  1. Nama : Saefudin
    NIM : 857776204
    Semester : 2 (PGSD-BI)
    UPBJJ : Semarang

    Matematika di jam terakhir memang merupakan sebuah tantangan bagi guru. Guru di dalam video diatas sudah baik, namun di era teknologi sekarang ini ada banyak hal lain yang bisa dimanfaatkan oleh para guru untuk menunjang kualitas kelasnya.

    Misalnya guru bisa membuat games interaktif melalui wordwall, powerpoint atau aplikasi games edukatif lainnya. Jika tidak melalui teknologi guru bisa menyusun pembelajaran interaktif di luar kelas dengan basis belajar sambil bermain. Siswa secara aktif melakukan pembelajaran learning by doing, jam terakhir tidak akan menjadi sebuah masalah.
    kemudian solusi kedua yaitu dari perlakuan/metode yang digunakan guru. jika guru hanya menggunakan metode ceramah atau meminta siswa untuk mencatat/menulis, tentu siswa akan semakin bosan. jadi sebaiknya di awal pembelajaran guru mempersiapkan semacam ice breaking atau memberikan apersepsi untuk menarik perhatian dan memotivasi siswa untuk belajar. hal ini sudah dilakukan guru pada video di atas, dengan melakukan tanya jawab, melibatkan siswa, sehingga siswa menjadi tidak ngantuk/bosan dan semangat kembali belajar matematika walaupun siang hari.

  2. Nama: Saefudin
    NIM : 857776204
    UPBJJ-UT : Semarang
    POKJAR : Kedungwuni
    PRODI: S1 PGSD-BI

    Setelah saya meamati cuplikan video dengan topik : “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”. Memang benar dalam belajar di siang hari terutama mata pelajaran matematika, seringkali siswa tidak berkonsentrasi dengan baik. Banyaknya siswa ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, Guru harus menggunakan media pembelajaran yang menarik, siswa diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas. guru harus menguasai kelas dan guru harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat supaya pembelajaran matematika disiang hari berjalan dengan efektif. Guru juga bisa menggunakan media video yang menarik dan sesuai dengan pelajaran yang di ampu.

    KELEBIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DARI CUPLIKAN VIDEO :
    1. Guru sudah menggunakan media pembelajaran
    2. Guru sudah melibatkan siswa dalam menjelaskan materi pembelajaran
    3. Guru memberikan motivasi agar siswa fokus dalam pembelajaran
    4. guru sudah melakukan motivasi agar siswa fokus dalam pembelajaran
    5. Kesesuaian dari materi dengan kemampuan siswa
    KEKURANGANNYA:
    1. kegiatan inti dan penutup hanya menggunakan metode ceramah, sehingga anak kurang merasa bosan dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran sehinggabanyak siswa bermain atau mengobrol dll.
    2. Guru kurang dapat menguasai kelas
    3. Materi yang disampaikan kurang jelas
    4. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    5. Belum ada kesimpulan diakhir kegiatan

  3. Nama : Ertia
    Nim : 858154904
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Palangkaraya

    Ringkasan Isi Video
    Pada video ini guru bersemangat mengajar Mata pelajaran Matematika dan mengajak siswa untuk melakukan praktek langsung dengan mengukur serta menghitung benda-benda yang ada disekitar. Tetapi guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu cara mengukur yang benar, sebaiknya guru memberikan contoh mengukur yang benar terlebih dahulu baru kemudian siswa mempraktekannya sendiri.

    Kelemahan pembelajaran dalam video
    Guru kurang menguasai kelas, guru hanya terfokus pada materi yang disampaikan.

    Kelebihan pembelajaran dalam video
    Guru menyampaikan materi dengan baik dan semangat sehingga siswa ikut termotivasi.

    Hal unik dalam pembelajaran video
    Guru menggunakan media belajar yang baik dalam menyampaikan materi kepada siswa.

    Rencana perbaikan yang dapat dilakukan
    Mengubah RPP sebelumnya dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi.

  4. Nama : Patrio Akbar
    Nim : 855835818
    UPBJJUT-Medan
    Pokjar : Serdang Bedagai

    Dari video diatas dapat diketahui jika guru hanya menggunakan metode ceramah atau meminta siswa untuk mencatat/menulis, tentu siswa akan semakin bosan. jadi sebaiknya di awal pembelajaran guru mempersiapkan semacam ice breaking atau memberikan apersepsi untuk menarik perhatian dan memotivasi siswa untuk belajar. hal ini sudah dilakukan guru pada video di atas, dengan melakukan tanya jawab, melibatkan siswa, sehingga siswa menjadi tidak ngantuk/bosan dan semangat kembali belajar matematika walaupun siang hari.

  5. Nama: Tiara Neni Putri
    NIM : 856637995
    UPBJJ-UT : Kerinci-Jambi
    POKJAR : Kerinci
    PRODI: S1 PGSD-BI

    Setelah melihat video : “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”.

    Reaksi siswa : siswa kurang berkonsentrasi dengan baik. Banyaknya siswa ribut dengan teman-temannya dan mengantuk.

    Kelebihan :
    1. Guru sudah menggunakan media pembelajaran
    2. Guru sudah melibatkan siswa dalam menjelaskan materi pembelajaran
    3. guru sudah memberikan motivasi agar siswa fokus dalam pembelajaran

    Kekurangan:
    1. Guru hanya menggunakan metode ceramah, sehingga anak merasa bosan.
    2. Guru kurang dapat menguasai kelas
    3. Materi yang disampaikan kurang jelas
    4. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    5. Tidak ada kesimpulan di kegiatan penutup

    Hal unik : media pembelajaran cukup unik untuk memberikan penjelasan tentang pembelajaran matematika

    Solusi:
    Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik, guru dapat mengajak siswa belajar di lingkungan . guru harus menguasai kelas dan guru harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat supaya pembelajaran matematika disiang hari berjalan dengan efektif.

  6. Nama: Yulia Nur Azizah
    NIM : 859524991
    UPBJJ-UT: Jakarta
    POKJAR: Rengasdengklok
    Jurusan: S1 PGSD-RPL

    Setelah melihat video “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” saya memahami bahwa tingkat konsentrasi siswa akan semakin menurun sesuai dengan bertambahnya waktu belajar, untuk itu diperlukan metode yang inovatif agar dapat meningkatkan semangat belajar siswa.

    Kelebihan:
    – Guru memotivasi siswa agar selalu semangat belajar
    – Guru memberikan penjelasan terkait hubungan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari
    – Guru melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran
    – Menggunakan media ajar yang memadai sesuai dengan kemampuan siswa
    Kekurangan:
    – Guru cenderung menggunakan metode ceramah, karena hanya menjelaskan dari depan kelas dan tidak terlalu memperhatikan kondisi setiap siswa.
    – Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    – Materi yang dipelajari tidak spesifik
    – Tidak ada kesimpulan dan refleksi pada kegiatan penutup

    Solusi:
    membuat media pembelajaran yang lebih menarik, gunakan ice breaking agar siswa tidak merasa jenuh, guru harus menguasai materi dan menguasai kelas agar siswa lebih mudah memahami materi.

  7. Nama : Nazhi Fatul Arifah
    Nim : 856274637
    Jurusan : S1 PGSD
    UPBJJ : Padang

    Izin menanggapi video diatas,
    Setelah saya menonton video “siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”
    Saya sebagai guru juga tau bahwa konsentrasi siswa memang semakin menurun di siang hari. Untuk itu diperlukan metode dan cara belajar yang menarik bagi siswa agar dapat memicu semangat siswa dalam belajar walaupun di siang hari.
    Kelebihan dan kelemahan yang ada dalam pembelajaran di video tersebut
    Kelebihan :
    1. Guru memotivasi siswa agar bersemangat belajar dengan membahas tentang profesi atau cita-cita, menjelaskan bahwa mau jadi apapun siswanya nanti mereka harus tetap belajar matematika.
    2. Guru menggunakan media ajar yang memadai sesuai dengan kemampuan siswa
    3. Guru melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran
    4. Guru memberikan penjelasan mengenai hubungan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari

    Kekurangan:
    1. Guru tidak mempertegas aturan kelas atau kesepakatan kelas sehingga siswa terlihat santai saja bila meribut
    2. Guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran
    3. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Guru tidak membuka pelajaran dengan baik sehingga tidak memicu semangat siswa
    5. Tidak ada kesimpulan dan refleksi pada kegiatan menutup pembelajaran

    Solusi:
    Guru hendaknya mengajak siswa untuk ice breaking atau permainan terkait pembelajaran dan membuka pelajaran dengan baik, mengingatkan lagi aturan kelas, membuat media pembelajaran yang lebih menarik, bisa juga dengan mengajak siswa belajar diluar kelas untuk menghilangkan kejenuhan siswa
    Terimakasih

  8. Nama : Nazhi Fatul Arifah
    Nim : 856274637
    Jurusan : S1 PGSD
    UPBJJ : Padang

    Izin menanggapi video diatas,
    Setelah saya menonton video “siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”
    Saya sebagai guru juga tau bahwa konsentrasi siswa memang semakin menurun di siang hari. Untuk itu diperlukan metode dan cara belajar yang menarik bagi siswa agar dapat memicu semangat siswa dalam belajar walaupun di siang hari.
    Kelebihan dan kelemahan yang ada dalam pembelajaran di video tersebut
    Kelebihan :
    1. Guru memotivasi siswa agar bersemangat belajar dengan membahas tentang profesi atau cita-cita, menjelaskan bahwa mau jadi apapun siswanya nanti mereka harus tetap belajar matematika.
    2. Guru menggunakan media ajar yang memadai sesuai dengan kemampuan siswa
    3. Guru melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran
    4. Guru memberikan penjelasan mengenai hubungan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari

    Kekurangan:
    1. Guru tidak mempertegas aturan kelas atau kesepakatan kelas sehingga siswa terlihat santai saja bila meribut
    2. Guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran
    3. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Guru tidak membuka pelajaran dengan baik sehingga tidak memicu semangat siswa
    5. Tidak ada kesimpulan dan refleksi pada kegiatan menutup pembelajaran

    Solusi:
    Guru hendaknya mengajak siswa untuk ice breaking atau permainan terkait pembelajaran dan membuka pelajaran dengan baik, mengingatkan lagi aturan kelas, membuat media pembelajaran yang lebih menarik, bisa juga dengan mengajak siswa belajar diluar kelas untuk menghilangkan kejenuhan siswa
    Terimakasih

  9. Nama : NIDA YUNI LESTARI
    NIM : 858314435
    UPBJJ-UT : Banjarmasin
    prodi : S1 PGSD

    Setelah melihat video terkait kasus “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” Saya memahami bahwa tingkat konsentrasi siswa semakin menurun ketika siang hari, bukan hanya pada pelajaran matematika.. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang inovatif agar dapat meningkatkan konsentrasi dan motivasi belajar siswa.

  10. Nama. : Nurul Ismawati
    NIM : 857859242
    Jurusan : S1 PGSD
    UPBJJ : SURAKARTA

    Setelah melihat video tersebut, jelas dapat diketahui bahwa “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” memang benar adanya, Bahkan sebenarnya, tidak hanya pada pelajaran matematika saja. Pelajaran yang lain pun juga terjadi kasus demikian. pengalaman saya dalam mengajar anak juga seperti itu. Mereka sudah terlalu lelah karena berfikir seharian. Apalagi bagi mereka, pelajaran Matematika itu adalah pelajaran yang sangat Sulit. Meskipun sebenarnya, Pelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat menyenangkan apabila kita bisa menggunakan metode yang menyenangkan.

Leave a Reply