silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar lagu tersebut melalui tape recorder.

Rusdianto

Buat couple singing (menyanyi berpasang) untuk mengenal dan mengetahui kelemahan dan kekuatan bernyanyi masing-masing.

Arfan Santoso, S.S.

Similar Posts

37 Comments

  1. Assalamu’alaikum wrwb
    Nama : UMI DWI ANANDA
    NIM : 85717286

    Menurut saya ada kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran seni dari penggunaan media pembelajaran tape Recorder ini.

    Kelebihannya antara lain:
    Tape Recorder sudah menjadi peralatan yang sangat lumrah dalam rumah tangga, sekolah, mobil, bahkan kantongan (walkman). Karena harga yang cenderung terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, ketersediannya dapat diandalkan
    Rekaman dapat digandakan untuk keperluan perorangan sehingga pesan dan isi pelajaran dapat berada di beberapa tempat pada waktu yang bersamaan
    Merekam peristiwa atau isi pelajaran untuk digunakan kemudian, atau merekam pekerjaan siswa sendiri dapat dilakukan dengan media audio
    Rekaman memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendengarkan diri sendiri sebagai alat diagnosis guna membantu meningkatkan keterampilan mengucapkan, membaca, dan mengaji atau berpidato
    Pengoperasian tape recorder relatif mudah

    Adapun kelemahan atau keterbatasan dalam menggunakan Tape Recorder untuk media pembelajaran, yaitu:
    Dalam suatu rekaman, sulit menentukan lokasi suatu pesan atau informasi. Jika pesan atau informasi itu berada ditengah-tengah, maka akan memakan waktu lama untuk menemukannya
    Kecepatan merekam dan pengaturan trek yang bermacam-macam menimbulkan kesulitan untuk memainkan kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda dengannya

  2. Nama : M. Nur Fadhilah
    Nim : 858906842
    Upbjj-Ut : Jember

    Kelebihan pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder:

    1. Meningkatkan aksesibilitas: Dengan menggunakan tape recorder, guru dapat merekam dan memutar ulang lagu atau melodi dengan mudah. Ini memungkinkan siswa mendengarkan dan berlatih bernyanyi kapan pun mereka mau, bahkan di luar jam pelajaran. Hal ini meningkatkan aksesibilitas materi pembelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengulang-ulang materi secara mandiri.

    2. Meningkatkan pendengaran: Mendengarkan rekaman suara sendiri atau suara penyanyi profesional pada tape recorder membantu siswa memperbaiki pendengaran mereka. Mereka dapat mengidentifikasi dan menyesuaikan nada, ritme, dan teknik vokal yang digunakan dalam lagu. Ini dapat membantu mengembangkan keterampilan musik dan meningkatkan kemampuan vokal siswa.

    3. Fokus pada aspek teknis: Tape recorder memungkinkan guru untuk memberikan perhatian yang lebih besar pada aspek teknis bernyanyi, seperti penekanan pada vokal, artikulasi kata, dan pengaturan napas. Siswa dapat mendengarkan rekaman dan membandingkannya dengan suara mereka sendiri, memperhatikan detail-detail kecil yang mungkin terlewatkan selama pelajaran langsung.

    Kekurangan pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder:

    1. Keterbatasan interaksi langsung: Penggunaan tape recorder dapat mengurangi interaksi langsung antara guru dan siswa. Komunikasi langsung sangat penting dalam memberikan umpan balik dan arahan yang spesifik dalam memperbaiki teknik vokal siswa. Ketika guru hanya mengandalkan rekaman, mereka mungkin tidak dapat memberikan bimbingan secara langsung kepada siswa.

    2. Keterbatasan koreksi secara real-time: Dalam mengajar bernyanyi, koreksi secara real-time sangat penting untuk membantu siswa memperbaiki teknik vokal mereka. Dengan tape recorder, siswa mungkin tidak mendapatkan umpan balik instan tentang kekurangan atau kesalahan mereka. Ini dapat memperlambat proses pembelajaran dan membuat siswa kesulitan untuk memperbaiki kesalahan mereka secara tepat waktu.

    3. Tidak ada penyesuaian yang spesifik: Setiap siswa memiliki kebutuhan dan kekurangan yang berbeda dalam belajar bernyanyi. Tape recorder cenderung tidak dapat memberikan penyesuaian yang spesifik untuk setiap siswa. Meskipun rekaman dapat memberikan panduan umum, tetapi mereka tidak dapat menyediakan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa.

    Pemecahan masalah yang dilakukan guru dengan menggunakan tape recorder dalam pengajaran bernyanyi memiliki kelebihan dalam meningkatkan aksesibilitas, memperbaiki pendengaran, dan fokus pada aspek teknis. Namun, ada juga kekurangan dalam hal keterbatasan interaksi langsung, koreksi real-time, dan kurangnya penyesuaian yang spesifik untuk setiap siswa. Penting bagi guru untuk mempertimbangkan

    Berikut adalah beberapa saran bagi guru yang menggunakan tape recorder dalam pengajaran bernyanyi:

    1. Kombinasikan dengan interaksi langsung: Meskipun penggunaan tape recorder dapat mengurangi interaksi langsung, upayakan untuk tetap menyediakan waktu bagi siswa untuk berinteraksi dengan Anda sebagai guru. Gunakan rekaman sebagai alat bantu, tetapi tetap berikan umpan balik langsung, arahan, dan bimbingan kepada siswa. Carilah kesempatan untuk mendengarkan siswa secara langsung dan memberikan koreksi yang spesifik.

    2. Pilih rekaman yang berkualitas: Pastikan rekaman yang digunakan dalam tape recorder adalah rekaman berkualitas tinggi. Ini akan membantu siswa mendengarkan dan memodelkan teknik vokal yang baik. Rekam sendiri atau cari rekaman penyanyi profesional yang dapat dijadikan contoh yang baik untuk siswa. Hindari menggunakan rekaman yang buram atau tidak jelas, karena hal ini dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk meniru dengan baik.

    3. Gunakan rekaman sebagai panduan pembelajaran: Tape recorder dapat digunakan sebagai alat bantu yang efektif dalam pembelajaran bernyanyi. Selain mendengarkan dan berlatih menyanyi bersama rekaman, manfaatkan juga untuk membahas dan menganalisis berbagai aspek vokal dalam lagu. Beri penekanan pada intonasi, artikulasi, dinamika, dan teknik vokal lainnya yang terdapat dalam rekaman. Diskusikan bagaimana siswa dapat menerapkan aspek-aspek tersebut dalam performa mereka.

    4. Libatkan siswa secara aktif: Selain hanya mendengarkan rekaman, libatkan siswa secara aktif dalam penggunaan tape recorder. Ajak mereka untuk merekam suara mereka sendiri dan membandingkannya dengan rekaman. Biarkan mereka mengidentifikasi dan menganalisis kesalahan atau kekurangan dalam performa mereka. Berikan kesempatan kepada siswa untuk merekam ulang dan memperbaiki performa mereka sendiri. Hal ini akan membantu mereka mengembangkan kemampuan untuk mandiri dalam memperbaiki teknik vokal mereka.

    5. Berikan umpan balik yang jelas: Meskipun tape recorder tidak memberikan umpan balik secara real-time, pastikan untuk memberikan umpan balik yang jelas dan spesifik setelah siswa mendengarkan rekaman mereka sendiri. Identifikasi area-area yang perlu diperbaiki dan berikan petunjuk yang konkret tentang cara memperbaikinya. Berikan dorongan positif dan pujian ketika siswa menunjukkan kemajuan.

    Demikian Terimakasih

  3. Nama : Baiq Erni Sarjani
    Nim : 858043644
    UPBJJ: UT Singkawang
    Setelah menyimak video tersebut terdapat beberapa kekurangan guru dalam menyampaikan pembelajaran yaitu guru tidak memberikan kegiatan pembuka, apersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa. Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran, guru memberikan salam pembuka serta memberikan penjelasan tentang materi serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Dan pada kegiatan penutup sebaiknya guru juga memberikan salam penutup yang baik kepada siswa, sehingga dalam proses pembelajaran tersebut dapat berjalan sesuai dengan prosedur pembelajaran yang baik dan benar.

    Guru juga terkesan tergesa-gesa karena langsung masuk ke dalam inti pembelajaran tanpa ada pemanasan terlebih dahulu seperti memberikan pertanyaan kepada siswa tentang pengetahuan seputar musik.

  4. Assalamualaikum wrb.wb
    Menurut pendapat saya ,setelah saya menyimak dan mengamati vidio yang di atas.hal yang paling penting dalam proses pembelajaran yaitu pembukaan pembelajaran,sedangkan pada vidio tersebut saya tidak melihat adanya pembukaan pembelajaran bahkan guru tidak melakukan absensi terlebih dahulu,mencek keadaan kelas dan guru juga tidak mengulang kembali materi minggu lalu secara sekilas. Guru pada vidio tersebut lansung menyampaikan ke pada siswa materi yang akan dipelajari dan disana guru juga lansung menyuruh siswa menyanyi tanpa menyampaikam materi teknik bernyanyi terlebih dahulu,yang guru lakukan pada vidio tersebut hanya mengajak siswa menyanyi dan menyuruh siswa tampil kedepan untuk mengulang nyanyian tersebut.
    Pada kegiatan penutup guru terlihat terburu buru untuk mengakhiri pembelajaran dan pada akhir proses pembelajaranpun guru juga tidak menyampaikan materi yang mereka lakukan dan kesimpulannya pada vidio tersebut guru dan siswa hanya sekedar bernyanyi bersama dan mendengarkan musik dari speker yang materinya juga gak ada.Dan di akhir vidio guru lansung memberikan tugas menghafal lagu saja ,bagaimana pengucapan nya ,bagaimana intonasinya guru tidak menjelaskan kepada siswa.
    Sekian menurut pendapat saya,terimakasih

  5. Nama:Epa Daniati
    Nim :856731753
    memperhatikan video tersebut, menurut saya terdapat kekurangan pada saat proses pembelajaran, antara lain:
    1. Pada kegiatan pendahuluan tidak ada salam pembuka, tujuan pembelajaran kurang jelas, dan tidak ada motivasi dari guru untuk siswa
    2. Pada proses pembelajaran, penggunaan media berupa taperecorder kurang maksimal. Sehingga siswa terlihat kurang antusias pada saat pembelajaran. Siswa terlihat masih kebingungan saat menirukan intruksi dari guru, mungkin karena kurangnya penjelasan dari guru.
    Fakta:
    Siswa sudah mampu menguasai tentang materi lagu yang dinyanyikan
    Guru sangat aktif dalam memberikan contoh menyanyi dengan baik dan benar .
    Identifikasi masalah :
    Apabila siswa tidak memahami materi ajar yang diberikan guru bisa menggunakan tipe rocorder untuk memberikan pemahaman lagu tersebut
    Siswa disuruh maju kedepan untuk memberikan contoh kepada teman-temannya .
    Analisis masalah
    Permasalahannya masih ada beberapa anak yang belum memahami dan menguasai lagu tersebut.
    Pemecahan masalah:
    Mendengarkan lagu dengan cara menggunakan tipe rocorder dan menyuruh siswa bernyanyi kedepan kelas .

  6. NAMA : NUR KAMILAH
    NIM : 856991362

    Assalamualaikum wrb.wb
    Menurut pendapat saya ,setelah saya mengamati video yang di atas.hal yang penting dalam proses pembelajaran seorang guru seharusnya pembukaan pembelajaran terlebih dahulu ,sedangkan pada video tersebut saya tidak melihat adanya pembukaan pembelajaran dan guru juga tidak melakukan absensi terlebih dahulu,mencek keadaan kelas dan guru juga tidak mengulang kembali materi yang sudah di pelajari dengan cara singkat. Guru pada video tersebut guru langsung menyampaikan ke pada siswa materi yang akan dipelajari dan guru tersebut langsung menyuruh siswa/siswi untuk menyanyi tanpa menyampaikan materi teknik bernyanyi terlebih dahulu,yang guru lakukan pada video tersebut hanya mengajak siswa menyanyi dan menyuruh siswa tampil ke depan untuk mengulang nyanyian tersebut.
    Pada acara penutup guru terlihat terburu-buru untuk mengakhiri pembelajaran dan pada akhir proses pembelajaran dan guru juga tidak menyampaikan materi yang mereka lakukan dan kesimpulannya pada video tersebut guru dan siswa hanya sekedar bernyanyi bersama dan mendengarkan musik dari speaker yang materinya juga gak ada.Dan di akhir video guru langsung memberikan tugas menghafal lagu saja ,bagaimana pengucapannya ,bagaimana intonasinya guru tidak menjelaskan kepada siswanya cukup sekian pendapat dari saya,
    Wassalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh
    TERIMAKASIH…

  7. NAMA : NUR KAMILAH
    NIM : 856991362

    Assalamualaikum wrb.wb
    Menurut pendapat saya ,setelah saya mengamati video yang di atas.hal yang penting dalam proses pembelajaran seorang guru seharusnya pembukaan pembelajaran terlebih dahulu ,sedangkan pada video tersebut saya tidak melihat adanya pembukaan pembelajaran dan guru juga tidak melakukan absensi terlebih dahulu,mencek keadaan kelas dan guru juga tidak mengulang kembali materi yang sudah di pelajari dengan cara singkat. Guru pada video tersebut guru langsung menyampaikan ke pada siswa materi yang akan dipelajari dan guru tersebut langsung menyuruh siswa/siswi untuk menyanyi tanpa menyampaikan materi teknik bernyanyi terlebih dahulu,yang guru lakukan pada video tersebut hanya mengajak siswa menyanyi dan menyuruh siswa tampil ke depan untuk mengulang nyanyian tersebut.
    Pada acara penutup guru terlihat terburu-buru untuk mengakhiri pembelajaran dan pada akhir proses pembelajaran dan guru juga tidak menyampaikan materi yang mereka lakukan dan kesimpulannya pada video tersebut guru dan siswa hanya sekedar bernyanyi bersama dan mendengarkan musik dari speaker yang materinya juga gak ada.Dan di akhir video guru langsung memberikan tugas menghafal lagu saja ,bagaimana pengucapannya ,bagaimana intonasinya guru tidak menjelaskan kepada siswanya cukup sekian pendapat dari saya,
    Wassalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh
    TERIMAKASIH…

Leave a Reply