silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

541 Comments

  1. Nama: Ika Nurfitria
    NIM : 858179819
    POKJAR: Pamekasan

    Setelah saya mengamati video diatas permasalahan yang terjadi pada guru tidak menggunakan media pembelajaran pada prmbelajaran IPA. Guru tidak menggunakan media pembelajaran saat mengajar karena sulitnya dalam mencari media yang cocok dalam pembelajaran dan kurangnya kekreatifan guru. Untuk mengatasi masalah tersebut dengan sulitnya media pembelajaran guru dapat mrnggunakan media konkret seperti menunjukkan kepada siswa dengan menunjukkan daun daun tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan. Terlihat jelas bahwa dengan guru tidak menggunakan media pembelajaran siswa kurang fokus dan merasa jenuh. Sehingga dengan guru memanfaatkan media pembelajaran maka siswa akan lebih tertarik untuk belajar dan siswa tidak akan mudah bosan saat belajar.

Leave a Reply