Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD pada Kelas Tinggi

1. Judul Program : Penggunaan Metode Field Trip atau Karya Wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa tentang tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar

Penulis Naskah : Toto Fathoni

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah: 1) menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber, 2) mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah, 3) menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis, 4) menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum, 5) melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan 6) menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

 

 

Silahkan Login Terlebih Dahulu Untuk Dapat mengakses Video Ini. Apabila Anda Belum memiliki account silahkan Register



Add comment


Security code
Refresh

Profil Guru

Kerupuk Keong Emas Olahan Mahasiswa UNY
30/01/2012 | magang2012

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Setelah beberapa waktu lalu membuat keripik sirih, sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), kali ini kembali membuat olahan kerupuk dari bahan yang cukup uni [ ... ]


Profil Lainnya

Polls

Tampilan GPO saat ini
 

Pengunjung

Hari iniHari ini1
Minggu iniMinggu ini1
Bulan iniBulan ini20

User Online

We have 4 guests online

Visitors

Flag Counter