silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Ida Zahidah
Nim : 858529063
Pokjar : Kedungwuni Kab. Pekalongan
Dalam vidio tersebut guru masih menggunakan metode ceramah, guru sudah melibatkan siswa tetapi guru belum memberikan motivasi kepada siswa agar siswa lebih semangat untuk belajar. Dalam pembelajaran ini siswa lebih membuat siswa lebih aktif karena guru memberikan sebuah pertanyaan pertanyaan soal yang siswa harus di jawab.
Nama : RANI VERONIKA RITONGA
NIM : 859791653
UPBJJ UT MEDAN
Analisi saya dari video di atas yaitu ada beberapa kelebihan dan kekurangan. Menurut saya kelebihannya ya, guru sudah menguasai materi sifat operasi hitung matematika di kelas 4, yaitu sifat komutatif, distributif, dan asosiatif, serta guru mampu menjelaskan dan menulis tipa pantulis dengan baik. Guru juga tak lupa melibatkan murid berpartisipasi mengerjakan soal ke depan. Dan menurut saya kekurangannya yaitu guru terlalu cepat dalam memberikan penjelasan materinya, dan guru juga tidak membuat beberapa alat praga, seperti klereng, lidi, atau alat-alat lainnya yang mudah untuk dijadikan alat peraga.
Nama : RANI VERONIKA RITONGA
NIM : 859791653
UPBJJ UT MEDAN
Analisi saya dari video di atas yaitu ada beberapa kelebihan dan kekurangan.
Menurut saya kelebihannya
1. guru sudah menguasai materi sifat operasi hitung matematika di kelas 4, yaitu sifat komutatif, distributif, dan asosiatif, serta
2. guru mampu menjelaskan dan menulis tipa pantulis dengan baik.
3. Guru juga tak lupa melibatkan murid berpartisipasi mengerjakan soal ke depan.
Dan menurut saya kekurangannya yaitu
1. guru terlalu cepat dalam memberikan penjelasan materinya, dan
2. guru juga tidak membuat beberapa alat praga, seperti keereng, lidi, atau alat-alat lainnya yang mudah untuk dijadikan alat peraga.
Nama : Fierlin Sariani Hutagaol
Nim. : 855857243.
Menurut saya , dalam pembelajaran
tersebut, guru telah melibatkan siswa
dalam pembelajaran yaitu dengan
memberikan kesempatan kepada siswa
untuk mengerjakan di papan tulis. Hal ini
sangat baik dilakukan sehingga siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran tersebut. Namun di awal pembelajaran, guru hanya menyampaikan tujuan pembelajaran. disarankan, guru melakukan apersepsi terlebih dahulu, yaitu dengan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Juga di awal pembelajaran guru perlu membangkitkan motivasi belajar siswa terlebih dahulu, agar siswa mulai fokus untuk belajar.
Terima kasih.