silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir Suroyo, M.Sc.


Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.

Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.

Cukup sesuai walau belum maksimal.

Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

199 Comments

  1. Nama : Nurul Inayati
    NIM : 858717916
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : UT Surabaya
    Pokjar : Jatirogo
    Judul video : Mendeskripsikan benda secara tepat
    Setelah menonton video dengan judul Mendeskripsikan benda secara tepat, saya akan memberikan tanggapan mengenai vide tersebut.
    Masuk ruang kelas dan menyapa siswa adalah hal yang baik untuk memulai kegiatan pembelajaran, supaya anak-anak antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Akan tetapi dalam video tersebut terlihat diawal pembelajaran ada beberapa anak yang kurang antusias merasa bosan dan kurang konsentrasi tentang materi yang disampaikan oleh guru dan sebagian siswa lainnya antusias serta semangat dalam kegiatan pembelajaran yang disampaikan ini karena perbedaan karakteristik siswa dalam minat belajarnya.
    Pada awal pembelajaran alangkah baiknya berdoa terlebih dahulu, selain itu, juga melakukan presensi.
    Dalam kegiatan pembelajaran interaksi guru dan siswa juga sudah baik, Guru memberikan contoh benda nyata yang ada disekitar siswa supaya memudahkan siswa dalam mendeskripsikan benda tersebut. Dengan menggunakan contoh benda yang ada disekitar siswa akan lebih tertarik dan juga bisa mendeskripsikan benda tersebut sesuai kemampuan dan pengetahuannya masing-masing. Selain itu, siswa juga disuruh untuk berkelompok juga bisa membuat suasana yang berbeda di kelas, tetapi apabila dibuat kelompok alangkah baiknya kita memberikan pembelajaran yang berbasis kelompok misalnya siswa disuruh berdiskusi untuk mendeskripsikan benda, supaya siswa bisa bertukar pikiran dalam diskusi kelompok tersebut.
    Dalam video tersebut guru juga kurang dalam memberikan apresiasi kepada siswa, yautu pada saat seorang siswa ada yang maju ke depan kelas dan mendeskrisikan suatu benda dengan benar guru tidak memberikan apresiasi apapun terhadap siswa tersebut.
    Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya, mungkin guru dapat melengkapi langkah-langkah pembelajarannya.

    Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan mengenai video dengan judul Mendeskripsikan benda secara tepat. Semoga setelah menonton video ini bisa menjadi koreksi dan motivasi bagi diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, juga efektif, dan kreatif.

  2. Nama : Luis Surohman
    NIM : 858717701
    Pokjar : Jatirogo
    UPBJJ: UT SURABAYA

    Menurut saya dari video pembelajaran diatas konsep pembelajaran yang dilakukan oleh bu guru hampir baik karena disini bu guru ketika awal memulai pembelajaran tidak dimulai dengan salam dan berdoa terlebih dahulu tetapi bu guru langsung menyapa anak didik dan langsung memberikan pembelajaran tidak memberikan kesempatan kepada anak didik untuk diajak ice breaking atau menyayi dulu agar anak lebih bersemangat untuk belajar. Dari segi pembelajaran disini bu guru memanfatkan benda alam atau benda yang sudah ada untuk sebagai alat peraga jadi bisa membuat anak didik lebih mudah memahami pembelajaran tersebut dan, bu guru juga memberikan kesempatan anak didik untuk menjawab atau maju kedepan menjawab soal dari bu guru. Dari segi interaksi bu guru lebih condong berada ditempatnya.

  3. Nama : NANANG SYAFII
    NIM : 8587955193
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : UT YOGYAKARTA
    Pokjar : PURWOREJO

    Judul video : Mendeskripsikan benda secara tepat
    Setelah menonton video dengan judul Mendeskripsikan benda secara tepat, saya akan memberikan tanggapan mengenai vide tersebut.
    Masuk ruang kelas dan menyapa siswa adalah hal yang baik untuk memulai kegiatan pembelajaran, supaya anak-anak antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Akan tetapi dalam video tersebut terlihat diawal pembelajaran ada beberapa anak yang kurang antusias merasa bosan dan kurang konsentrasi tentang materi yang disampaikan oleh guru dan sebagian siswa lainnya antusias serta semangat dalam kegiatan pembelajaran yang disampaikan ini karena perbedaan karakteristik siswa dalam minat belajarnya.
    Pada awal pembelajaran alangkah baiknya berdoa terlebih dahulu, selain itu, juga melakukan presensi.
    Dalam kegiatan pembelajaran interaksi guru dan siswa juga sudah baik, Guru memberikan contoh benda nyata yang ada disekitar siswa supaya memudahkan siswa dalam mendeskripsikan benda tersebut. Dengan menggunakan contoh benda yang ada disekitar siswa akan lebih tertarik dan juga bisa mendeskripsikan benda tersebut sesuai kemampuan dan pengetahuannya masing-masing. Selain itu, siswa juga disuruh untuk berkelompok juga bisa membuat suasana yang berbeda di kelas, tetapi apabila dibuat kelompok alangkah baiknya kita memberikan pembelajaran yang berbasis kelompok misalnya siswa disuruh berdiskusi untuk mendeskripsikan benda, supaya siswa bisa bertukar pikiran dalam diskusi kelompok tersebut.
    Dalam video tersebut guru juga kurang dalam memberikan apresiasi kepada siswa, yautu pada saat seorang siswa ada yang maju ke depan kelas dan mendeskrisikan suatu benda dengan benar guru tidak memberikan apresiasi apapun terhadap siswa tersebut.
    Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya, mungkin guru dapat melengkapi langkah-langkah pembelajarannya.

    Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan mengenai video dengan judul Mendeskripsikan benda secara tepat. Semoga setelah menonton video ini bisa menjadi koreksi dan motivasi bagi diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, juga efektif, dan kreatif.

  4. NAMA : NANANG SYAFII
    NIM : 857955193
    PRODI : S1-PGSD
    POKJAR : PURWOREJO
    UPBJJ : YOGYAKARTA

    Saya akan mencoba memberikan tanggapan pada video pembelajaran yang berjudul “ Mendeskripsikan benda secara tepat”

    – Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan
    Di awal pembelajaran sebagian siswa merasa bosan dan kurang konsentrasi tentang materi yang disampaikan oleh guru dan sebagian siswa lainnya antusias serta semangat dalam kegiatan pembelajaran yang disampaikan ini karena perbedaan karakteristik siswa dalam minat belajarnya.

    – Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
    Pada awal pembelajaran guru hanya melakukan salam pembuka dan menanyakan kabar siswa, itu sudah bagus tetapi alangkah baiknya kegiatan pembelajaran dimulai dengan mengajak para siswa untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan pembelajaran. Guru juga tidak melakukan absen terhadap siswa dimana itu sangat penting untuk mengetahui siapa saja yang hadir dan tidak hadir di dalam kelas. Selain itu dalam kegiatan pembelajaran guru kurang bersemangat dalam penyampaian materi yang diajarkan.

    – Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan kelas dan mendiskripsikan suatu benda yang ada disekitarnya, hal ini sangat bagus untuk melatih kepercayaan diri siswa. Selain itu guru mengajak para siswa membuat kelompok kecil yang dimana ini bisa membantu siswa untuk bekerjasama di dalam satu kelompok.

    – Hal unik yang dapat ditemukan dalam video pembelajaran.
    Pada saat seorang siswa yang mau maju ke depan kelas dan mendeskrisikan suatu benda dengan benar guru tidak memberikan apresiasi apapun terhadap siswa tersebut.

    – Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya.
    Agar kualitas pembelajaran dalam video tersebut dapat meningkat, mungkin guru dapat melengkapi langkah-langkah pembelajarannya. Guru bisa mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran, Guru perlu memberikan apresiasi terhadap siswa agar siswa lebih antusias dan bersemangat dalam belajar.

    Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran tersebut, menurut keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.

  5. NAMA : Mia Audina Simanullang
    NIM : 87531015
    PRODI : S1-PGSD
    UPBJJ : Medan

    Saya akan mencoba memberikan tanggapan pada video pembelajaran yang berjudul “ Mendeskripsikan benda secara tepat”

    – Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan
    Di awal pembelajaran sebagian ada berbicara dengan teman
    – Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
    Pada awal pembelajaran guru hanya melakukan salam pembuka dan menanyakan kabar siswa, itu sudah bagus tetapi alangkah baiknya kegiatan pembelajaran dimulai dengan mengajak para siswa untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan pembelajaran. Guru juga tidak melakukan absen terhadap siswa dimana itu sangat penting untuk mengetahui siapa saja yang hadir dan tidak hadir di dalam kelas. Selain itu dalam kegiatan pembelajaran guru kurang bersemangat dalam penyampaian materi yang diajarkan.

    – Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan kelas dan mendiskripsikan suatu benda yang ada disekitarnya, hal ini sangat bagus untuk melatih kepercayaan diri siswa. Selain itu guru mengajak para siswa membuat kelompok kecil yang dimana ini bisa membantu siswa untuk bekerjasama di dalam satu kelompok.

    – Hal unik yang dapat ditemukan dalam video pembelajaran.
    Pada saat seorang siswa yang mau maju ke depan kelas dan mendeskrisikan suatu benda dengan benar guru tidak memberikan apresiasi apapun terhadap siswa tersebut.

    – Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya.
    Agar kualitas pembelajaran dalam video tersebut dapat meningkat, mungkin guru dapat melengkapi langkah-langkah pembelajarannya. Guru bisa mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran, Guru perlu memberikan apresiasi terhadap siswa agar siswa lebih antusias dan bersemangat dalam belajar.

    Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran tersebut, menurut keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.

  6. Pada pembelajaran tersebut guru sudah melakukan kegiatan awal yaitu salam dan berdoa pada kegiatan inti guru juga menjelaskan materi dengan benda konkrit yang ada pada kelas, kegiatan akhir guru juga meminta anak-anak untuk mengerjakan tugas untuk dikerjakan dirumah. namun ada kelemahan dalam pembelajaran tersebut anak-anak ada yang tidak fokus dalam pembelajaran, dan tidak ada buku diatas meja sama sekali

  7. Disini saya akan memberikan tanggapan terhadap video ini yang berjudul ” Mendiskripsikan benda dengan cepat ”
    Pada saat Guru masuk kelas dan sebelum pembelajaran tidak diawali dengan ice breaking atau dengan hal lain, lalu secara gamblang dan hanya mengacu pada 1 warna saja, mungkin bisa dengan benda yang sama dan dengan warna yang berbeda agar siswa mengenal lebih dalam pada pembelajaran ini, diharapkan siswa mampu memahami benda lain selain didalam kelas tersebut.

  8. Nama : Yuli Ayunda
    Nim : 855856789

    Dalam vidio ” Mendeskripsikan benda secara tepat” Guru mengajarkan peserta didik mengenal bangun-bangun geometri dengan cara menyebutkan benda-benda yang ada.Guru menjelaskan apa nama benda tersebut dan peserta didik mengikuti apa yang di ucapkan guru.Kemudian guru meminta peserta didik menjelaskan benda-benda tersebut.

  9. NAMA : Lembang Kristina S
    NIM : 875342234
    PRODI : S1-PGPAUD
    UPBJJ : Sawangan Depok
    Tanggapan saya terhadap vidio tentang “Mendeskripsikan Benda-Benda Secara Tepat” di atas yaitu :
    Pada tahap awal pembelajaran, guru sudah melakukan kegiatan pembukaan dengan memberi salam dan menanyakan kabar siswa, namun terlihat sebagian siswa kurang bersemangat dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Usul saja, sebaiknya untuk mengawali pembelajaran guru bisa menerapkan permaianan atau ice breaking untuk menarik perhatian siswa agar mereka bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dalam pemberian materi, guru menggunakan contoh yang kongkrit sehingga siswa dapat lebih mudah mendeskripsikan benda secara tepat, apalagi guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan dan membagi kelompok sehingga mereka dapat bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri siswa dan melatih kerjasama yang baik diantara mereka. Hanya saja guru sebaiknya memberikan apresiasi bagi siswa yang sudah melaukan apa yang diminta oleh guru. Untuk penyampaian tema dalam pembelajaran yaitu cukup jelas dan dapat dipahami oleh siswa, sehingga mereka dapat mendeskripsikan benda, serta belajar mengenai bentuk-bentuk geometri. Demikian tanggapan saya mengenai vidio di atas semoga, semoga dengan menonton vidio ini kita sama-sama belajar untuk mengupayakan pembelajara yang baik bagi siswa.

Leave a Reply