Similar Posts
Sikap Berontak
Sinopsis Dalam program ini digambarkan video pembelajaran tentang sikap berontak siswa. Ada beberapa diantara mereka yang berpandangan bahwa tidak ada kaitan antara kecerdasan dengan prilaku tertentu, seperti masalah rambut solusi, diperlakukan pendekatan yang tepat untuk menyelesaikan persoalan ini secara arif dan bijaksana. Asnah Limbong Pakar Dosen Penayangan Video ini bertujuan agar Guru dengan bantuan Guru…
Live Oral Story Telling
Sinopsis Salah satu kesulitan guru dalam mengajar yaitu adanya rasa bosan dan tidak fokus yang dialami para siswa. Untuk mensiasati hal tersebut guru perlu memberikan kegiatan belajar yang variatif. Metode “Live Oral Story Telling“ dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kebosanan. Program video ini memperlihatkan bagaimana guru memberikan variasi kegiatan baik dengan metode maupun…
My Idols
Sinopsis Program ini mengulas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. Realia yang digunakan kali ini adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People. Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru bertanya cirri-ciri yang dimiliki oleh orang yang…
Belajar Tentang Distribusi
Sinopsis Video ini berisi tentang proses pembelajaran yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan siswa dalam mengingat materi ajar, agar materi ajar tertanam dalam benak siswa, maka digunakanlah metode scramble dimana siswa ditugasi mengerjakan LKS dalam bentuk pertanyaan menjodohkan yang jawabannya dalam kontur kata yang di acak-acak, harapannya kata yang di acak itu adalah sesuatu yang aneh,…
Gerak Jatuh Bebas Akibat Gravitasi Bumi
Sinopsis Gerak jatuh bebas merupakan suatu gerak Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dengan percepatan gravitasi sekitar 9,8 m/s. Kecepatan dalam gerak jatuh bebas hanya ditentukan oleh percepatan gravitasi di wilayah tersebut serta waktu. Rekan Guru di manapun Anda berada, pemahaman terhadap gerak jatuh bebas sangat penting dikuasai oleh anak-anak siswa SMP. Namun, dalam kenyataan sering…
Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pembelajaran merupakan suatu interaksi antara guru dan siswa beserta unsur yang ada di dalamnya. Guru merupakan salah satu faktor yang paling utama dalam menentukan kualitas pembelajaran. Kualitas pendidikan yang akan mampu melahirkan hasil didik yang baik pula. Dalam sistem pembelajaran, guru dituntut agar mampu memilih…
Nama: Abdul Aziz
NIM: 043866133
Prodi: Pendidikan Matematika
UPBJJ : Medan
Selamat siang. Izinkan saya menyampaikan pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut.
Menurut saya:
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut semuanya antusias mengikuti pembelajaran. Semua siswa aktif dan terlihat senang belajar secara berkelompok.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu:
– Guru tersebut tidak bertanya kepada siswa tentang hal apa saja yang masih diingat di pembelajaran pertemuan sebelumnya.
– Guru tersebut tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang dilakukan.
– Guru tersebut menerapkan model discovery learning dalam pembelajarannya, namun guru tersebut terlalu banyak memberikan arahan, siswa tidak diberikan kesempatan/kebebasan untuk mencari sendiri cara membuktikan besar sudut suatu segitiga bersama kelompoknya.
– Guru tidak memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan tanggapan ataupun pertanyaan kepada kelompok yang diminta untuk presentasi hasil kerjanya.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah:
– Guru tersebut mampu mengontrol kondisi belajar siswa dengan sangat baik dan menyampaikan materi ajarnya dengan suara yang lantang sehingga jelas didengar anak.
– Guru tersebut menerapkan model discovery learning dalam pembelajarannya agar anak-anak menemukan cara bagaimana jumlah ukuran sudut dalam suatu segitiga ditemukan.
– Penyampaian materi oleh guru tersebut sangat mudah dipahami siswa.
– Guru memberikan kesempatan kepada beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya: membuktikan bahwa jumlah ketiga sudut suatu setiga adalah 180 derajat.
4. Hal unik yang saya temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah di menit ke 4.28 dimana guru tersebut meminta ke salah satu peserta didik untuk menjelaskan bagaimana cara membuktikan besar sudut segitiga, namun siswa tersebut tidak diminta untuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas (karton tidak ditempel di papan tulis) sehingga siswa di kelompok lain tidak bisa memberikan penilaian dan melihat apakah hasil kerja yang memprentasikan perlu diberikan tanggapan atau tidak.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dari tayangan video, upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah:
1. Guru mengajak siswa berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
2. Guru dapat bertanya kembali kepada siswanya apakah mereka masih mengingat materi yang telah diajarkan (jika materi tersebut dihabiskan dalam beberapa pertemuan).
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4. Guru harus memberikan kebebasan dan kesempatan kepada siswanya untuk mencari pengetahuannya sendiri dari berbagai sumber, guru hanya memfasilitasi kebutuhan belajar siswa.
5. Pembelajaran harus beroritentasi kepada siswa (Student as learning center) bukan berorientasi ke guru.
6. Sebaiknya guru tersebut dapat mengajak kelompok lain untuk saling memberikan tanggapan ataupun penilaian terhadap hasil kerja temannya yang lain agar kegiatan belajar secara grup lebih hidup.
Nama : Ade Irma Suriani
NIM 020647297
Jurusan Pendidikan Matematika
Menurut saya setelah melihat video tentang menentukan konsep jumlah ukuran sudut
Kelebihannya
1. Siswa antusias dalam berdiskusi
2. Siswa aktif bekerja sama dan berdiskusi.
3. Terlihatnya suasana belajar yang menyenangkan.
4. Guru sudah memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam brlajar menemykan konsep besar sudut segitiga.
Kelemahan
1. Guru tidak melakukan apersepsi
2. Guru tidak menyampaikan manfaat mempelajari sudut sefitiga dalam kehidupan sehari-hari.
3. Guru kurang memberikan kesempatan kepada kelompok lain dalam memberikan tanggapan dari presentasi temannya
Nama : Agnina Sofwa Hayati
NIM : 858853964
Menurut saya setelah melihat video tentang belajar memahami sudut, dapat disimpulkan reaksi siswa semuanya antusias mengikuti pembelajaran. Semua siswa aktif dan terlihat senang belajar secara berkelompok.
Kelebihan Pembelajaran
– Siswa menunjukkan antusiasme dan aktif dalam diskusi.
– Suasana belajar yang menyenangkan dan kolaboratif.
– Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep besar sudut segitiga.
Kelemahan Pembelajaran
– Tidak ada apersepsi yang dilakukan oleh guru.
– Manfaat mempelajari sudut segitiga dalam kehidupan sehari-hari tidak disampaikan.
– Kesempatan untuk kelompok lain memberikan tanggapan terhadap presentasi teman kurang diberikan.
Reaksi siswa terhadap pembelajaran menunjukkan antusiasme dan partisipasi aktif. Mereka cenderung terlibat dalam diskusi dan kegiatan praktis, serta mengajukan pertanyaan yang menunjukkan pemikiran kritis. Suasana belajar yang menyenangkan dapat meningkatkan keterlibatan emosional siswa, meskipun beberapa mungkin mengalami kesulitan dalam memahami konsep. Secara keseluruhan, reaksi siswa sangat dipengaruhi oleh metode pengajaran dan keterlibatan mereka dalam proses belajar.
Dalam video pembelajaran, terdapat beberapa hal unik, seperti penggunaan alat peraga kreatif dari karton yang membantu pemahaman visual siswa. Metode pembelajaran kolaboratif mendorong interaksi dan diskusi di antara siswa, sementara pendekatan interaktif membuat mereka aktif terlibat dalam proses belajar. Meskipun tidak dijelaskan secara mendalam, ada potensi untuk mengaitkan konsep dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi pengetahuan dari berbagai sumber, yang mendorong rasa ingin tahu dan kemandirian dalam belajar.
Usulan Peningkatan Kualitas Pembelajaran
– Mengajak siswa berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
– Bertanya kepada siswa tentang materi yang telah diajarkan sebelumnya.
– Menyampaikan tujuan pembelajaran di awal.
– Memberikan kebebasan kepada siswa untuk mencari pengetahuan dari berbagai sumber.
– Mengedepankan siswa sebagai pusat pembelajaran, bukan guru.
– Mendorong kelompok lain untuk memberikan tanggapan terhadap hasil kerja teman-teman mereka.