Similar Posts
Pentingnya Pengarahan Guru
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi)…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membelajarkan Konsep Perkalian Pada Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian. – Pakar Dosen Video ini menayangkan upaya…
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Nama: Frisna Virginia
NIM: 858128321
Berdasarkan video pembelajaran mengenai tangga nada mayor tersebut, menurut saya terdapat beberapa hal yang bisa saya sampaikan dan simpulkan.
Kelebihan pada pembelajaran tersebut adalah:
Dalam penyampaian materi, guru menggunakan media berupa alat musik pianika yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Siswa terlihat antusias dalam mendengar, menyanyikan, dan memainkan alat musik. Siswa tertarik dan fokus pada pembelajaran sehingga dapat menyimpulkan bahwa tangga nada mayor yang disampaikan seperti urutan abjad. Siswa juga cukup menguasai dalam memainkan alat musik pianika.
Kelemahan pada pembelajaran tersebut adalah:
Guru tidak melakukan pendahuluan dalam pembelajaran, seperti mengecek kondisi siswa, absen, dan memberikan motivasi serta pertanyaan pemantik. Guru langsung ke praktik membunyikan tangga nada mayor tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi tangga nada mayor. Guru tidak menjelaskan bagaimana urutan nada yang benar pada tangga nada D mayor, karena tangga nada C mayor dan D mayor sebenarnya memiliki urutan nada yang berbeda. Siswa hanya mengetahui bahwa tangga nada C mayor dan D mayor berbeda tanpa mengetahui penjelasan spesifik mengapa tangga nada tersebut bisa berbeda.
Saya terinspirasi dengan video ini untuk di kembangkan di sekolah
NAMA : KEVIN CRIST BENEDICTUS LUMBAN GAOL
NIM : 859891136
POKJAR : TAPUT-HUMBAHAS
Berdasarkan video pembelajaran mengenai tangga nada mayor tersebut, menurut saya terdapat beberapa hal yang bisa saya sampaikan dan simpulkan.
Kelebihan pada pembelajaran tersebut adalah:
Dalam penyampaian materi, guru menggunakan media berupa alat musik pianika yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Siswa terlihat antusias dalam mendengar, menyanyikan, dan memainkan alat musik. Siswa tertarik dan fokus pada pembelajaran sehingga dapat menyimpulkan bahwa tangga nada mayor yang disampaikan seperti urutan abjad. Siswa juga cukup menguasai dalam memainkan alat musik pianika.
Kelemahan pada pembelajaran tersebut adalah:
Guru tidak melakukan pendahuluan dalam pembelajaran, seperti mengecek kondisi siswa, absen, dan memberikan motivasi serta pertanyaan pemantik. Guru langsung ke praktik membunyikan tangga nada mayor tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi tangga nada mayor. Guru tidak menjelaskan bagaimana urutan nada yang benar pada tangga nada D mayor, karena tangga nada C mayor dan D mayor sebenarnya memiliki urutan nada yang berbeda. Siswa hanya mengetahui bahwa tangga nada C mayor dan D mayor berbeda tanpa mengetahui penjelasan spesifik mengapa tangga nada tersebut bisa berbeda.
Nama : Seli anggraini
Nim : 856794897
Setelah saya melihat dan menyimak video di atas, guru langsung pendekatan praktek mengajak murid berlatih. Menggunakan alat musik ( pianika) tanpa memberikan teori tertulis dipapan tulis, dan guru tersebut tidak melakukan kegiatan pendahuluan, langsung kegiatan inti pembelajaran hal ini dapat perpengaruh kepada siswa dan juga pada kegiatan inti guru tidak melakukan kegiatan dengan jelas guru langsung memberikan penjelasan terlebih dahulu.
Nama : Simetri Oktafia Gulo
Setelah saya mengamati video tersebut Siswa terlihat antusias dalam mendengar, menyanyikan, dan memainkan alat musik. Siswa tertarik dan fokus pada pembelajaran sehingga dapat menyimpulkan bahwa tangga nada mayor yang disampaikan seperti urutan abjad.
Dhiana Putri
859543651
Kelemahan pada pembelajaran tersebut adalah:
Guru tidak melakukan pendahuluan dalam pembelajaran, seperti mengecek kondisi siswa, absen, dan memberikan motivasi serta pertanyaan pemantik. Guru langsung ke praktik membunyikan tangga nada mayor tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi tangga nada mayor.
Kelebihan pada pembelajaran tersebut adalah:
Dalam penyampaian materi, guru menggunakan media berupa alat musik pianika yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Siswa terlihat antusias dalam mendengar, menyanyikan, dan memainkan alat musik.
nama : made desi susanti nim 859543913
Video ini sangat bermanfaat sebagai contoh pembelajaran musik yang menarik dan praktis dengan menggunakan alat musik pianika. Namun, untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, guru perlu menambahkan tahap pendahuluan, memberikan penjelasan teori yang lebih lengkap, dan mengaitkan praktik dengan konsep dasar tangga nada mayor secara jelas. Hal ini akan membantu siswa tidak hanya mahir bermain, tetapi juga memahami teori musik yang mendasarinya.