Similar Posts
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Nama : Rizky Kurniawan
NIM : 856573427
Prodi : PGSD- S.1
UPBJJ : Jambi
Setelah saya melihat dan menyimak video diatas saya mengambil beberapa kesimpulan yaitu :
1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan langsung ke kegiatan inti pembelajaran hal ini dapat berpengaruh kepada siswa
2. Pada Kegiatan inti guru tidak melakukan kegiatan dengan jelas guru langsung memberi praktik sehingga lupa untuk memberikan penjelasan terlebih dahulu
Nama : Fadilah Hani Zahara
Nim : 856025855
Priodi : 856025855
Setelah saya melihat vidio tersebut pembelajaran pak guru menarik dengan menggunakan pianika. Tetapi, untuk nadanya tidak dituliskan di papan tulis menurut saya tidak efektif, karena siswa bisa aja lupa pada nada yang diajarkan oleh pak guru. Dalam vidio ini juga pada bagian pembukanya kurang lengkap yang dimana tidak mengecek kehadiran siswa, doa.
Nama : AGUSTINI
NIM : 856577882
Prodi : PGSD- S.1
UPBJJ : Jambi
Setelah saya melihat dan menyimak video diatas saya mengambil beberapa kesimpulan yaitu :
1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan
2. guru langsung memberikan praktik
3. Tidak menentukan metode dalam mengajar
Nama : Safiriana Zebua
N I M. : 856034213
Setelah saya menonton dan menyimak video tersebut saya mengambil beberapa kesimpulannya yaitu; pertama guru masuk dikelas dan memberikan salam. Hanya saja gurunya tidak menanyakan kabar dan tidak mengecek kehadiran siswa. Dan setelah itu masuk di bagian inte pembelajaran
Nama : Azlina Alhafiza
NIM : 858043669
Prodi : S1 PGSD AKPMM
Berdasarkan video pembelajaran yang dilakukan oleh Guru dapat kita lihat hanya memberikan contoh tentang tangga nada mayor secara langsung menggunakan pianika. Sangat baik bahwa guru dapat mempratikkan alat musik, namun untuk mengenali tangga nada mayor tidak cukup dengan mendengarkan namun juga menuliskan contoh tangga nada C mayor, D mayor, dan E mayor ke papan tulis dan hanya menyuruh siswa memperhatikannya dan mendengarkan serta mengulang kembali apa yang guru mainkan dengan menirukan nadanya dan mencoba memainkan menggunakan pianika. Jika seorang guru hanya memperdengarkan bunyi musik saja setelah pelajaran tersebut kemungkinan siswa bisa lupa akan pelajaran yang telah lalu karena tidak mencatat apa-apa yang telah dijelaskan oleh Guru.
Pada kegiatan penutup sudah baik siswa disuruh belajar lagi dan mencoba memainkan sebuah lagu menggunakan pianika, terlihat siswa sudah lancar memainkannya. Sebaiknya guru memberikan tugas memainkan alat musik tersebut dengan lagu yang bertangga nada mayor.
Nama : Azlina Alhafiza
NIM : 858043669
Prodi : S1 PGSD AKPMM
Berdasarkan video pembelajaran yang dilakukan oleh Guru dapat kita lihat hanya memberikan contoh tentang tangga nada mayor secara langsung menggunakan pianika. Sangat baik bahwa guru dapat mempratikkan alat musik, namun untuk mengenali tangga nada mayor tidak cukup dengan mendengarkan namun juga menuliskan contoh tangga nada C mayor, D mayor, dan E mayor ke papan tulis dan hanya menyuruh siswa memperhatikannya dan mendengarkan serta mengulang kembali apa yang guru mainkan dengan menirukan nadanya dan mencoba memainkan menggunakan pianika. Jika seorang guru hanya memperdengarkan bunyi musik saja setelah pelajaran tersebut kemungkinan siswa bisa lupa akan pelajaran yang telah lalu karena tidak mencatat apa-apa yang telah dijelaskan oleh Guru.
Pada kegiatan penutup sudah baik siswa disuruh belajar lagi dan mencoba memainkan sebuah lagu menggunakan pianika, terlihat siswa sudah lancar memainkannya. Sebaiknya guru memberikan tugas memainkan alat musik tersebut dengan lagu yang bertangga nada mayor.
Nama : Dimas Triadi Nugraha
NIM : 855857727
Semester : 6
1. Reaksi siswa pada saat pembelajaran sangat antusias. Siswa menyimak dan fokus setiap penjelasan guru dan memperhatikan materi yang diberikan oleh guru
2. Kelemahan yang terdapat dalam video pembelajaran tersebut adalah guru kurang memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang ciri-ciri tangga nada mayor dan kurang memberikan contoh lagu yang menggunakan tangga nada mayor
3. Kelebihan dari video pembelajaran
tersebut yaitu menggunakan media konkret sehingga siswa mendapatkan pengalaman langsung seperti alat musik pianika untuk membantu menguatkan pembelajaran tangga nada diatonis.
4. Hal unik yang terdapat dalam video diatas adalah ada siswa yang berpendapat bahwa tangga nada seperti urutan abjad.
5. Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran di video menjadi lebih baik adalah:
• mengajarkan terlebih dahulu materi mendalam tentang apa itu tangga nada, definisi tangga nada mayor, ciri-ciri serta contoh lagu-lagu.
• memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju satu per satu ke depan memainkan lagu tangga nada mayor yang sudah diajarkan guru