Similar Posts
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Pengenalan Tanda Birama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu…
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mengajar Berat Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Nama. : Yusiana
NAMA. : Yusiana
NIM. : 856336736
UPBJJ. : Pangkalpinang
Dari Video yang berjudul ” Yuk,Kita Baca Lagi” yang telah saya amati berikut identifikasi masalah dan analisis yang dapat disimpulkan : pada kegiatan membaca tersebut ada beberapa Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan anak-anak membaca di kelas antara lain meningkatkan pemahaman materi pelajaran, memperluas kosakata, dan melatih kemampuan analisis dan pemikiran kritis. Kekurangan membaca di kelas bisa terjadi jika tidak ada motivasi yang cukup, materi yang kurang menarik, atau lingkungan belajar yang tidak kondusif, sehingga menyebabkan anak merasa bosan atau kesulitan memahami materi.
Kelebihan:
Meningkatkan Pemahaman Materi:
Membaca membantu anak memahami materi pelajaran secara lebih mendalam, karena mereka bisa mengaitkan informasi tertulis dengan pengetahuan yang sudah ada.
Memperluas Kosakata:
Membaca secara rutin memperkaya kosakata anak, sehingga mereka bisa lebih mudah berkomunikasi dan memahami bahasa.
Melatih Kemampuan Analisis dan Pemikiran Kritis:
Membaca teks yang kompleks mendorong anak untuk menganalisis informasi, membuat kesimpulan, dan berpikir secara kritis.
Meningkatkan Kecepatan Membaca:
Dengan berlatih membaca secara rutin, anak akan menjadi lebih cepat dan lancar membaca, sehingga mereka bisa menghemat waktu dan fokus pada pemahaman materi.
Meningkatkan Kemampuan Belajar secara Umum:
Kemampuan membaca yang baik merupakan fondasi penting bagi semua aspek pembelajaran, termasuk matematika, sains, dan mata pelajaran lainnya.
Kekurangan:
Kurangnya Motivasi:
Jika materi yang dibaca tidak menarik atau pelajaran kurang menyenangkan, anak-anak mungkin tidak termotivasi untuk membaca, sehingga mereka kurang memahami materi.
Nama : Dwi Muryani
NIM : 856085796
Dalam vidio pembelajaran ” yuk kita baca lagi ” guru menyuruh siswa untuk membaca buku masing-masing, tetapi siswa tidak fokus membaca apa yang disuruh oleh guru, sehingga siswa ada yang cepat bosan dan juga tidak mengerti apa yang baca. adi kesimpulannya guru mengajak siswa untuk membaca cerita dibuku kemudian disuruh menceritakan kembali apa hasil yang dibaca oleh siswa. Sehingga dapat memacu siswa untuk semangat membaca.
Nama : Wahyu Artati Wulandari
Prodi : PGSD
NIM : 860228354
Kelas : PDGK4209.14
Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,
Mohon ijin memberikan analisis video diatas.
1. Tahap awal pembelajaran sudah benar guru meminta seluruh siswa untuk membaca. Di awal video ada beberapa siswa yang kurang fokus. Yang perlu dilakukan guru bisa dengan mendatangi siswa, menanyakan kenapa tidak iku membaca, mungkin bisa mengganti bahan bacaan dengan yang lebih menarik.
2. Dari tugas membaca tersebut siswa bisa diminta menceritakan Kembali dengan bahasa yang mereka pahami, kemudian diberikan tanggapan untuk perbaikan mereka.
3. Guru bisa memberikan apresiasi terhadap siswa yang berani maju ke depan dan yang memberikan tanggapan.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh
NAMA : INANG PUSPITA
NIM : 859771565
POKJAR : WUNDULAKO
SEMESTER: 6
UPBJJ : KENDARI
Setelah saya menonton video pembelajaran di atas yang berjudul “yuk, kita baca lagi” yang di mana pada awal video pembelajaran tersebut guru memberikan kesempatan membaca pada siswa dan juga memberikan kesempatan pada siswa untuk menceritakan lagi apa yang telah mereka baca, hal ini sangat baik menurut saya karena dapat meningkatkan tingkat pemahaman pada siswa. namun menurut saya, guru juga harus menggunakan cara-cara yang menyenangkan dan interaktif untuk meningkatkan semangat siswa dalam membaca. karena setiap masing-masing siswa mempunyai karakter yang berbeda-beda, yang di mana ada anak yang cenderung aktif bermain dan mengganggu temannya meski pembelajaran telah dimulai, hal ini dapat mempengaruhi konsentrasi siswa lainnya. jadi, guru harus lebih aktif lagi dalam melibatkan siswa karena akan ada saja kesulitan-kesulitan yang kita temui dalam mengajarkan siswa untuk membaca.
saran yang dapat saya berikan tentang video pembelajaran tersebut yaitu guru harus selalu memberikan motivasi pada siswa dan meningkatkan metode pembelajaran yang menyenangkan seperti menggunakan cerita bergambar, ataupun buku interaktif dan meningkatkan kebiasaan membaca pada siswa. guru juga harus mengajarkan teknik membaca yang dapat membantu siswa menjadi pembaca yang lebih efisien.
kesimpulan yang dapat saya simpulkan mengenai video pembelajaran di atas yaitu pentingnya membaca bagi siswa sejak dini, perlunya guru memberikan beberapa strategi untuk membuat proses membaca yang lebih menarik dan bermanfaat. dengan memberikan motivasi yang tepat dan teknik yang efektif, siswa dapat mengembangkan kebiasaan membaca serta dukungan dari lingkungan sekolah juga sangat penting dalam mendukung keterampilan membaca pada siswa.
Nama : Komang darweni
Nim : 859773648
Di dalam vidio di atas membaca merupakan suatu hal yang membosankan bagi siswa, jadi hal yang pertama yang harus di lakukan guru agar siswa semangat membaca
1. Mencari bacaan yang menarik untuk siswa
2. Guru menerapkan sistem siswa membaca 1 paragraf agar siswa tidak mudah bosan.
Nama : EKA NOVIA YULIANA
NIM : 859545551
SALUT : MENGGALA
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut saya setelah melihat video pembelajaran diatas Guru harus bisa Memahami kelebihan dan kekurangan metode tersebut , dan guru harus dapat merancang kegiatan membaca di kelas yang lebih efektif dan menyenangkan bagi semua siswa. Penting untuk mencari keseimbangan dan menggunakan berbagai strategi untuk mengatasi tantangan yang mungkin timbul. metode yang bisa guru lakukan untuk mengatasi siswa yang tidak fokus saat membaca mandiri di kelas adalah ;
a. Persiapan bahan bacaan yang menarik
b. Intervensi saat kegiatan membaca berlangsung, seperti berkeliling untuk mengamati satu persatu siswa yang sedang membaca.
Nama : EKA NOVIA YULIANA
NIM : 859545551
SALUT : MENGGALA
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut saya setelah melihat video pembelajaran diatas Guru harus bisa Memahami kelebihan dan kekurangan metode tersebut , dan guru harus dapat merancang kegiatan membaca di kelas yang lebih efektif dan menyenangkan bagi semua siswa. Penting untuk mencari keseimbangan dan menggunakan berbagai strategi untuk mengatasi tantangan yang mungkin timbul. metode yang bisa guru lakukan untuk mengatasi siswa yang tidak fokus saat membaca mandiri di kelas adalah ;
a. Persiapan bahan bacaan yang menarik
b. Intervensi saat kegiatan membaca berlangsung, seperti berkeliling untuk mengamati satu persatu siswa yang sedang membaca.
Yani Susanti
NIM. 856593128
Menurut Saya Setelah menonton video pembelajaran di atas yang di mana pada awal video pembelajaran tersebut guru memberikan kesempatan membaca pada siswa dan juga memberikan kesempatan pada siswa untuk menceritakan lagi apa yang telah mereka baca, hal ini sangat baik menurut saya karena dapat meningkatkan tingkat pemahaman pada siswa. namun menurut saya, guru juga harus menggunakan cara-cara yang menyenangkan dan interaktif untuk meningkatkan semangat siswa dalam membaca. karena setiap masing-masing siswa mempunyai karakter yang berbeda-beda, yang di mana ada anak yang cenderung aktif bermain dan mengganggu temannya meski pembelajaran telah dimulai, hal ini dapat mempengaruhi konsentrasi siswa lainnya. jadi, guru harus lebih aktif lagi dalam melibatkan siswa karena akan ada saja kesulitan-kesulitan yang kita temui dalam mengajarkan siswa untuk membaca.
saran yang dapat saya berikan tentang video pembelajaran tersebut yaitu guru harus selalu memberikan motivasi pada siswa dan meningkatkan metode pembelajaran yang menyenangkan seperti menggunakan cerita bergambar, ataupun buku interaktif dan meningkatkan kebiasaan membaca pada siswa. guru juga harus mengajarkan teknik membaca yang dapat membantu siswa menjadi pembaca yang lebih efisien.
kesimpulan yang dapat saya simpulkan mengenai video pembelajaran di atas yaitu pentingnya membaca bagi siswa sejak dini, perlunya guru memberikan beberapa strategi untuk membuat proses membaca yang lebih menarik dan bermanfaat. dengan memberikan motivasi yang tepat dan teknik yang efektif, siswa dapat mengembangkan kebiasaan membaca serta dukungan dari lingkungan sekolah juga sangat penting dalam mendukung keterampilan membaca pada siswa.