Similar Posts
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Nama: Muhammad Aqil Haironi Alamsyah
NIM: 858050324
Kelas: PKP B (Semester 8)
Izin untuk menanggapi.
Berdasarkan yang saya amati, isi dari video tersebut membahas tentang bagaimana cara seorang guru dalam membimbing siswanya untuk belajar dengan materi tentang membaca sebuah teks cerita.
Adapun permasalahan pembelajaran yang saya analisis dari video tersebut yaitu, saat semua siswa sedang fokus pada bacaannya masing-masing, ada salah satu siswa yang mengganggu teman sebangkunya saat sedang membaca sehingga membuat suasana kelas menjadi gaduh. Dan permasalahan lainnya yaitu, guru yang langsung menyuruh siswa untuk membaca bahan bacaannya tanpa terlebih dahulu menjelaskan bagaimana konsep membaca yang baik dan benar agar dapat dipahami isinya serta tidak menjelaskan seberapa pentingnya membaca untuk diterapkan sejak dini.
Sekian dan terima kasih.
Nama : Amara Gandha D.A.S
NIM : 877967035
Pokjar Joyoboyo Kediri
Reaksi : Reaksi anak ketika guru menyuruh membaca ada anak beberapa yang sibuk sendiri ada yang sibuk membaca.
Kelemahan : Guru kurang inovatif dalam penggunaan metode dan media pembelajaran agar siswa focus secara aktif dalam membaca buku bacaan. Proses pembelajaran yang kurang menarik berakibat murid cepat bosan.
Kelebihan : Guru membawakan pembelajaran terbilang klasik, hanya menunjuk siswa untuk mengapresiasi pekerjaan siswa.
Hal unik :
-Tidak adanya salam pembuka.
-Proses pembelajaran yang kurang menarik berakibat murid cepat bosan.
-Seharusnya guru lebih aktif dalam mengawasi murid-muridnya dan mendatangi satu persatu agar tidak ada murid yang bergurau.
Upaya yang bisa dilakukan guru mungkin pemakaian media dan sarana pembelajaran bisa lebih meningkat lagi.
Nama : Srinayanti Telaumbanua
NIM : 855853665
Pada video tersebut, dapat kita lihat reaksi siswa tidak begitu antusias serta tidak fokus dalam membaca dikarenakan kurangnya perhatian guru serta siswa yang hanya sekedar membaca tanpa mengetahui isi bacaan yang mereka baca. Adapun kelebihan dari video tersebut ialah, guru menyediakan media pembelajaran yaitu buku cerita yang dibagikan pada setiap siswa.
Hal unik yang dapat ditemukan dalam video pembelajaran tersebut yaitu cara guru yang langsung mendatangi dan menegur dengan cara yang baik pada siswa yang tidak fokus membaca.
Upaya untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar
menurut saya alangkah baiknya jika pada awal pembelajaran guru menambahkan apersepsi dan ice breaking pada awal pembelajaran tersebut agar siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Guru juga hendaknya memberikan perhatian lebih dalam memantau siswa dalam membaca agar tau mana siswa yang benar-benar fokus membaca dan seharusnya seorang guru memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa, agar siswa tau di mana letak tanda baca saat berhenti yang benar.
Nama : Elsya Namora
NIM : 857137912
UPBJJ : JAKARTA
Membaca merupaka sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan kosakana siswa, dengan membaca siswa diharapkan mampu menambah kosakata mereka yang sangat berguna saat berkomunikasi dengan orang lain baik dengan teman sebaya maupun orang lain.
Ketika siswa diberikan bahan bacaan untuk dibaca secara mandiri, ada saja siswa yang tidak focus terhadap bahan bacaannya sehingga menganggu teman yang lain sehingga kelas menjadi gaduh.
apa yang harus dilakukan untuk mengatasi anak yang tidak focus saat membaca bacaan dikelas.
Salah satu caranya yaitu :
– Mendatangi siswa yang bermasalah tersebut
– Memberikan teguran apakah sudah selesai membaca
– Dan tanyakan apa penyebabnya
Kelemahan Video tersebut :
1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan membaca Doa
3. Guru tidak mengabsen siswa
4. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran
5. Guru tidak menjelaskan / mengulang pelajaran sebelumnya, sebelum pelajaran yang baru dimulai.
Kelebihan Video tersebut :
1. Guru mengapresiasi siswa yang maju kedepan
2. Guru aktif dalam pembelajaran
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama : Nadia Julia Cania
NIM :856080987
UPBJJ: Batam
Menurut pendapat saya setelah mengamati vidio yang berjudul “yuk, Kita Baca Lagi” terdapat beberapa kekurangan maupun kelebihan dari vidio tersebut, yakni;
Kelebihan: 1) Guru memberikan apresiasi pada siswa yang berani untuk maju kedepan kelas daan memberikan kesempatan bagi siswa lain yang ingin tampil menceritakan kembali hasil bacaan nya. 2) Guru aktif mengawasi dan menegur siswa yang membuat keributan dan mengganggu temannya yang sedang membaca buku cerita yang telah di bagikan. 3) Guru memberikan bahan bacaan yang baru untuk anak yang memiliki kecepatan yang lebih dari siswa lainnya agar tidak mengganggu konsentrasi siswa lainnya saat membaca.
Kekurangan: 1) Diawal pembelajaran guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam pembuka, berdoa dan mengabsen serta tidak memberikan apersepsi sebelum memluai pembelajaran. 2) Guru juga tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang sedang berlangung, guru tersebut hanya memberikan sebuah bahan bacaan.
sekian pendapat dari saya terimakasih,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Menurut pendapat saya setelah mengamati vidio yang berjudul “yuk, Kita Baca Lagi” terdapat beberapa kekurangan maupun kelebihan dari vidio tersebut, yakni;
Kelebihan: 1) Guru memberikan apresiasi pada siswa yang berani untuk maju kedepan kelas daan memberikan kesempatan bagi siswa lain yang ingin tampil menceritakan kembali hasil bacaan nya. 2) Guru aktif mengawasi dan menegur siswa yang membuat keributan dan mengganggu temannya yang sedang membaca buku cerita yang telah di bagikan. 3) Guru memberikan bahan bacaan yang baru untuk anak yang memiliki kecepatan yang lebih dari siswa lainnya agar tidak mengganggu konsentrasi siswa lainnya saat membaca.
Kekurangan: 1) Diawal pembelajaran guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam pembuka, berdoa dan mengabsen serta tidak memberikan apersepsi sebelum memluai pembelajaran. 2) Guru juga tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang sedang berlangung, guru tersebut hanya memberikan sebuah bahan bacaan.
sekian pendapat dari saya terimakasih,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Khusna fadhillah
Nim : 857697345
Pendapat saya mengenai vidio pembelajarandi atas yaitu ada anak yang tidak fokus sehingga mengganggu teman lain. Dan ada anak yang fokus membaca namum fokus masing masing pada bacaan masing masing jadi kurang memperhatikan guru.Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan pembukaan yaitu mengucapkan salam pembuka dan menyapa siswa. Dan tidak mengabsen siswa .Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Kelebihan dari pembelajaran di vidio yaitu :
1.guru sudah mengapresiasi atau memberi timbal balik yang baik bagi siswa yang berani maju ke depan dan memberikan kesempatan kepada siswa lainnya.
2. Guru menegur siswa yang yang kurang memeperhatikan dan bercanda sendiri karena mengganggu siswa lain.
Nama : Anita Amalia Oktavia
Nim : 858698593
Menurut pendapat saya setelah mengamati video ini terdapat beberapa kelebihan dan juga kekurangan, yaitu :
Kelebihan :
1. Guru aktif mengawasi siswa dengan cara menegur siswa yang tidak fokus membaca dan mengganggu temannya
2. Guru memberikan apresiasi terhadap siswa yang berani maju ke depan
3. guru yang langsung mendatangi dan menegur dengan cara yang baik pada siswa yang tidak fokus membaca.
Kekurangan :
1. Diawal pembelajaran guru tidak memberikan salam pembuka, doa dan motivasi
2. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan membosankan, sehingga ada beberapa siswa yang tidak fokus terhadap pembelajaran