silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Naman: Edi Mei Berkat Gea
Nim: 859884352
Video tersebut menggambarkan permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika dasar, khususnya terkait kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Dalam video, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan siswa secara aktif, sehingga minat dan konsentrasi siswa menurun. Selain papan tulis, tidak ada penggunaan media pembelajaran lain yang dapat membantu memperjelas materi.
Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, guru disarankan memanfaatkan media visual seperti diagram, alat peraga, atau video animasi agar konsep perkalian dapat disampaikan secara lebih menarik. Selain itu, melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi, permainan edukatif, maupun kerja kelompok dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka. Guru juga perlu memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan dengan memberikan penjelasan tambahan atau latihan yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa tersebut.
Nama: Edi Mei Berkat Gea
NIM: 859884352
Video tersebut menggambarkan permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika dasar, khususnya terkait kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Dalam video, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan siswa secara aktif, sehingga minat dan konsentrasi siswa menurun. Selain papan tulis, tidak ada penggunaan media pembelajaran lain yang dapat membantu memperjelas materi.
Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, guru disarankan memanfaatkan media visual seperti diagram, alat peraga, atau video animasi agar konsep perkalian dapat disampaikan secara lebih menarik. Selain itu, melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi, permainan edukatif, maupun kerja kelompok dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka. Guru juga perlu memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan dengan memberikan penjelasan tambahan atau latihan yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa tersebut.
Nama: Edi Mei Berkat Gea
Nim: 859884352
Video tersebut menggambarkan permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika dasar, khususnya terkait kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Dalam video, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan siswa secara aktif, sehingga minat dan konsentrasi siswa menurun. Selain papan tulis, tidak ada penggunaan media pembelajaran lain yang dapat membantu memperjelas materi.
Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, guru disarankan memanfaatkan media visual seperti diagram, alat peraga, atau video animasi agar konsep perkalian dapat disampaikan secara lebih menarik. Selain itu, melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi, permainan edukatif, maupun kerja kelompok dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka. Guru juga perlu memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan dengan memberikan penjelasan tambahan atau latihan yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa tersebut.
Video tersebut menggambarkan permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika dasar, khususnya terkait kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Dalam video, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan siswa secara aktif, sehingga minat dan konsentrasi siswa menurun. Selain papan tulis, tidak ada penggunaan media pembelajaran lain yang dapat membantu memperjelas materi.
Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, guru disarankan memanfaatkan media visual seperti diagram, alat peraga, atau video animasi agar konsep perkalian dapat disampaikan secara lebih menarik. Selain itu, melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi, permainan edukatif, maupun kerja kelompok dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka. Guru juga perlu memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan dengan memberikan penjelasan tambahan atau latihan yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa tersebut.
—
Nama : Wahyu Widyaningrum
NIM : 858935535
UPBJJ UT Jember
Dalam video tersebut, suasana kelasnya terlihat kurang kondusif, hal ini dikarenakan siswa yang tampak pasif, bingung dan tidak fokus terhadap penjelasan materi yang disampaikan oleh guru. hal ini mungkin disebabkan karena guru menggunakan metode pembelajarannya yang monoton serta media yang di gunakan kurang menarik. akibatnya siswa mengalami kesulitan memahami materi dan kehilangan minat untuk belajar perkalian. Sebaiknya guru perlu lebih kreatif dan interkatif agar siswa lebih tertarik dan mudah memahami pelajaran.
May 16, 2025 at 5:28 pm
Video tersebut menggambarkan permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika dasar, khususnya terkait kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Dalam video, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan siswa secara aktif, sehingga minat dan konsentrasi siswa menurun. Selain papan tulis, tidak ada penggunaan media pembelajaran lain yang dapat membantu memperjelas materi.
Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, guru disarankan memanfaatkan media visual seperti diagram, alat peraga, atau video animasi agar konsep perkalian dapat disampaikan secara lebih menarik. Selain itu, melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi, permainan edukatif, maupun kerja kelompok dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka. Guru juga perlu memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan dengan memberikan penjelasan tambahan atau latihan yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa tersebut.
Terkait video tersebut, menurut pendapat saya guru masih menggunakan cara mengajar konvensional yaitu dengan metode ceramah. Padahal dalam pembelajaran perkalian dasar bias menggunakan media pembelajaran yang nyata seperti permen atau kerikil dengan pembelajaran secara bertahap dari operasi penjumlahan. Selain itu, terdapat beberapa cara yang bias dilakukan untuk mengajarkan perkalian dasar. Berikut uraiannya:
• Menggunakan Pengulangan dan Pola
• Permainan dan Aktivitas Menyenangkan
• Menggunakan Cerita atau Konteks Dunia Nyata
• Gambar dan Representasi Visual
• Menggunakan Lagu atau Mnemonik
• Strategi Pembagian
• Pembelajaran Berbasis Aplikasi atau Game
• Menggunakan Strategi Perkalian yang Lebih Mudah
• Menggunakan Alat Digital dan Multimedia
• Kolaborasi dan Diskusi Kelompok
Nama : Sri Hartini Rukanda
NIM : 857503566
UPBJJ : Bandung
Pokjar : Majalengka
Dari program yang ditampilkan, suasananya cukup familiar ya, guru lagi nerangin perkalian dasar di depan kelas pakai papan tulis, tapi… sebagian besar siswa malah nggak fokus, ngobrol sendiri, ada yang bengong, bahkan kelihatan ogah-ogahan. Bisa dimaklumi sih, karena ternyata masalahnya cukup klasik: mereka nggak ngerti, nggak bisa, dan tulisan guru di papan juga kurang jelas. Jadi ya wajar aja kalau anak-anak jadi nggak semangat.
Nah, yang menarik, program ini nggak cuma nunjukin masalahnya, tapi juga nyodorin solusi. Salah satunya: pakai chart. Ini ide yang oke banget! Chart atau tabel perkalian itu bisa bikin konsepnya lebih gampang ditangkap, karena visual dan langsung kelihatan pola-polanya. Buat anak-anak yang masih belajar, visualisasi itu penting banget supaya mereka nggak cuma ngafal tapi juga paham logikanya.
Program ini juga kasih tips buat guru, misalnya:
• Mulai dari perkalian yang paling gampang dulu.
• Gunakan alat bantu visual seperti chart, kartu angka, atau permainan sederhana.
• Libatkan siswa secara aktif biar mereka nggak cuma duduk pasif dengerin.
• Pastikan tulisan di papan jelas dan mudah dibaca.
Tips-tips ini terkesan simpel, tapi sebenarnya sangat efektif kalau diterapin dengan konsisten. Kadang guru cuma butuh pendekatan yang lebih kreatif aja biar suasana kelas lebih hidup dan siswa jadi lebih semangat.
Kesimpulannya, program ini ngasih insight yang bagus bahwa masalah belajar itu bukan selalu karena siswanya malas, tapi kadang karena cara mengajarnya kurang pas. Dengan sedikit inovasi, seperti pakai chart dan cara mengajar yang interaktif, pelajaran yang tadinya bikin ngantuk bisa jadi seru dan mudah dipahami.
Nama : Siti Nur Rasmiani
NIM : 859871657
UPBJJ/UT : 12/Medan
Pokjar : Langkat
Setelah saya mengamati video pembelajaran di atas, tampak guru sudah berusaha mengajarkan konsep perkalian dasar kepada siswa. Meskipun telah menggunakan media bantu seperti papan tulis dan alat peraga, masih banyak siswa yang tampak kurang memahami materi yang disampaikan. Beberapa siswa terlihat tidak fokus, berbicara dengan teman sebangku, atau tidak memperhatikan penjelasan guru. Guru mencoba mengatasi hal ini dengan memberikan latihan hafalan dan pertanyaan, namun respons siswa tetap saja kurang antusias.
Kelebihan dari video pembelajaran di atas adalah yang pertama kesabaran guru. Guru menunjukkan kesabaran dalam menghadapi siswa yang kurang fokus dan terus berusaha menjelaskan materi dengan berbagai cara. Yang kedua penggunaan media. Upaya menggunakan alat bantu visual sudah menunjukkan niat untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami.
Kekurangan dari video pembelajaran di atas adalah yang pertama kurangnya pengelolaan kelas. Guru tampak kesulitan dalam mengelola kelas, sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran. Kekurangan yang kedua yaitu metode pembelajaran kurang variatif. Pendekatan yang digunakan cenderung monoton, kurang melibatkan siswa secara aktif, dan tidak disesuaikan dengan gaya belajar siswa yang beragam. Kekurangan yang ketiga yaitu kurangnya motivasi. Guru kurang memberikan motivasi atau membangun hubungan yang kuat dengan siswa untuk meningkatkan minat belajar mereka.
Nah saran saya sebaiknya guru :
1. Menggunakan Metode Pembelajaran Interaktif: Saya sendiri selalu menerapkan metode pembelajaran seperti permainan edukatif, diskusi kelompok, atau penggunaan teknologi interaktif. Nah metode ini akan membangkitkan minat belajar siswa dan dapat meningkatkan keterlibatan siswa, baik dalam permainan edukatif, maupun diskusi kelompok.
2. Meningkatkan Pengelolaan Kelas: Guru perlu mengembangkan strategi untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif, seperti menetapkan aturan kelas yang jelas dan konsisten.
3. Memberikan Motivasi dan Penguatan Positif: Berilah pujian atau penghargaan kepada siswa yang aktif. Hal ini dapat mendorong siswa lain untuk lebih terlibat dalam pembelajaran.
4. Menyesuaikan Materi dengan Kebutuhan Siswa: Mulailah dengan konsep yang lebih sederhana dan secara bertahap untuk meningkatkan kompleksitas materi yang dapat membantu siswa memahami perkalian dengan lebih baik.
5. Melibatkan Orang Tua: Libatkan orang tua untuk mendukung pembelajaran di rumah yang dapat memperkuat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan di kelas.
Dengan menerapkan saran-saran di atas, harapan saya proses pembelajaran perkalian dasar dapat menjadi lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.
Dalam pembelajaran video tersebut penjelasan guru kurang detail dimana tidak ada contoh konkret yang dapat dipahami siswa, melalui tanya jawab dan hanya metode ceramah membuat siswa pasif dan kurang antusias. Seharusnya kita bisa menyiapkan media pembelajaran konkret yang dapat menarik perhatian siswa, dengan begitu aktivitas belajar akan menjadi aktif dan interaktif. Mengenalkan materi perkalian jangan hanya menuntut siswa untuk menghafal saja karna tidak semua mempunyai ingatan yang bagus, kita harus bisa menyampaikan dengan jelas darimana hasil perkalian yang didapat agar para siswa paham. Sebagai guru kita harus bisa mengkonidiskan kelas dengan baik, dilihat dari video banyak siswa yang tidak memperhatikan.