silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

517 Comments

  1. Nama : A. Dwi Mahesa
    NIM : 856816226
    UT / Pokjar : Bengkulu / Lebong

    Dalam video tersebut guru melakukan pembelajaran matematika tentang perkalian.
    Kelemahan :
    1. Guru tidak melakukan pembuka langsung materi
    2. Guru kurang bisa menarik perhatian siswa
    3. Siswa sangat tidak memperhatikan guru
    4. Guru menggunakan media yang hanya kelihatan untuk dirinya sendiri tanpa menanyakan apakah media yang disedikan terlihat jelas atau tidak kepada siswa
    5. Siswa tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru karena penjelasan guru yang kurang jelas dan terburu-buru dan jelas tidak menarik bagi siswa
    Kelebihan :
    1. Diakhir video siswa sudah mulai bisa menjawab pertanyaan guru karena guru telah memberikan tugas menghapal perkalian terlebih dahulu agar siswa lebih fokus.
    2. Guru sudah bisa membuat siswa memperhatikan saat dia mengajar.

    Saran dan solusi
    1. Sebaiknya guru menggunkan media yang lebih besar agar siswa kelihatan sampai belakang.
    2. Guru tidak menjelaskan pelajaran dengan terburu-buru.
    3. Guru harus sering memberikan latihan kepada siswa agar lebih fokus lagi.

  2. Nurbiah
    838056771
    Ijin menanggapi Video diatas tentang “Kurang Mengetahui Perkalian Dasar”
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan yang sedang berlangsung adalah kurang respon atau kurang memberikan perhatian dimana anak-anak banyak yang malas-malasan dan tidak fokus atas penjelasan.
    2. Kelemahan Guru adalah kurang mampu untuk menarik perhatian anak-anak diawal video, dimana anak-anak kurang berminat akan penjelasan guru.
    3. Kelebihan guru adalah memakai media dalam mengajar, dan menguasai materi pembelajaran.
    4. Hal-hal unik yang ada di video, yaitu saat guru memeriksa PR anak-anak. dan lebih inovatif lagi dalam pembelajaran.
    5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan adalah, dengan lebih banyak berinteraksi dengan siswa, dan lebih kreatif lagi dalam menjelaskan pelajaran, karena matematika merupakan mata pelajaran yang sangat menyenangka.
    Demikian yang bisa saya sampaikan, terimakasi.

  3. 512 Comments
    Comments navigation
    Older comments
    Newer comments
    Suci Wati says:
    May 9, 2024 at 5:28 am
    Nama : suci wati
    NIM. :859763457
    Pokjar : kendari

    Dari video diatas dapat kita simpulkan kelemahannya yaitu media yang digunakan sangatlah kecil sehingga siswa kurang jelas melihatnya, serta siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut.

    Akhirul Siska says:
    May 9, 2024 at 10:06 am
    Nama : Akhirul Siska Septiyani.
    Nim : 859763124.
    Prodi : PGSD S1.
    UPBJJ: Kendari

    Dalam video pembelajaran guru mengajarkan mata pelajaran matematika tentang perkalian.

    Kelemahan
    Media yang guru gunakan sangat kecil maka siswa pun sulit untuk mengerti. Sehingga siswa sangat tampak kurang memperhatikan apa yang telah guru coba terangkan.

    Kelebihan
    1. Guru menggunakan metode menghafal untuk siswa dan memberikan tugas kepada siswa . Sehingga siswa tampak lebih semangat.
    2. Guru memberikan pujian kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan.
    3. Guru dapat mengontrol emosi dan guru tetap sabar dalam menjelaskan materi kepada para siswa yang belum memahami materi yang telah di paparkan dalam proses pembelajaran.

    Leni Lesmina says:
    May 10, 2024 at 9:37 pm
    nama:leni lesmina
    nim:859763339
    Dari video diatas dapat saya simpulkan kelemahan pembelajaran tersebut yaitu
    Nama : Indri Yulandari
    Nim : 877530124
    Pokjar : Salut Waytuba
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Dari video diatas tentang “Kurang Mengetahui Perkalian Dasar”
    Kelemahan dari proses pembelajaran:
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan yang sedang berlangsung adalah kurang fokus dan kurang memberikan respon dimana, kebanyakan siswa tidak mengerti sehingga menimbulkan rasa malas untuk belajar perkalian dasar.
    2. Pada awal video, terlihat semua siswa kurang tertarik terhadap cara gurunya menjelaskan materi perkalian.
    Kelebihan dari proses pembelajaran:
    1. Guru menyediakan media dalam mengajar, dan menguasai materi pembelajaran.

    Faktor utama untuk meningkatkan proses pembelajaran agar lebih produktif adalah dengan membuat konsep belajar menjadi menarik agar siswa jadi semangat untuk belajar perkalian dasar. Banyak tips dan trik yang bagus untuk menarik perhatian siswa dengan seperti belajar sambil bermain. Hal tersebut dapat memicu siswa lebih rajin untuk berhitung dan mengasah kemampuan mereka dengan cara yang lebih seru.

  4. Nama : Indri Yulandari Nim : 877530124 Pokjar : Salut Waytuba UPBJJ : Bandar Lampung Dari video diatas tentang “ Kurang Mengetahui Perkalian Dasar” Kelemahan dari proses pembelajaran: 1. Reaksi siswa terhadap kegiatan yang sedang berlangsung adalah kurang fokus dan kurang memberikan respon dimana, kebanyakan siswa tidak mengerti sehingga menimbulkan rasa malas untuk belajar perkalian dasar. 2. Pada awal video, terlihat semua siswa kurang tertarik terhadap cara gurunya menjelaskan materi perkalian. Kelebihan dari proses pembelajaran: 1. Guru menyediakan media dalam mengajar, dan menguasai materi pembelajaran. Faktor utama untuk meningkatkan proses pembelajaran agar lebih produktif adalah dengan membuat konsep belajar menjadi menarik agar siswa jadi semangat untuk belajar perkalian dasar. Banyak tips dan trik yang bagus untuk menarik perhatian siswa seperti belajar sambil bermain. Hal tersebut dapat memicu siswa lebih rajin untuk menghitung dan mengasah kemampuan mereka dengan cara yang lebih seru.

  5. menurut saya video yang saya tonton berkaitan dengan pengembangan dan kemampuan dasar anak dalam menguasai perkalian dasar ada beberapa hal yang saya amati. Yaitu guru tidak melakukan kegiatan awal atau pendahuluan seperti mengucap salam, baca doa dan mengecek kehadiran siswa, dan apersepsi. Guru langsung menjelaskan pembelajaran tanpa ada apersepsi yang berkaitan dengan materi tersebut. Kemudian pembelajaran yang di laksanakan berfokus pada guru saja dan metode yang di gunakan hanya tanya jawab saja dan tidak berpusat pada siswa dalam kemampuan dasar perkaliannya. Akhir nya siswa tidak semangat dan tidak fokus bahkan ada siswa yang bermain main, bercerita, mengantuk dan bermain main, bercerita, mengantuk dan siswa sibuk sendiri tanpa memperhatikan penjelasan dari guru. Padahal ibu guru sudah menggunakan chat sebagai alat bantu dalam pembelajaran tetapi masih banyak siswa yang tidak semangat dan antusias dalam pembelajaran.

    Saran :

    Guru seharus nya melaksanakan kegiatan awal atau pendahuluan termasuk apersepsi guna untuk mengaitkan materi pembelajaran terhadap materi yang akan di pelajari, kemudian pembelajaran seharus nya dilaksanakan berpusat pada siswa. Bukan berpusat pada guru dan metode yang di gunakan harus disesuaikan dengan materi pelajaran yaitu perkalian dan kemudian guru memberikan latihan latihan awal agar siswa lebih paham dan aktiv dalam pembelajaran

  6. Assalamualaikum wr. wb.

    Dari video tersebut ada beberapa kelebihan dan kekurangannya antara lain,
    Kelebihan :
    1. Guru telah menyediakan media pembelajaran
    2. Guru menggunakan metode hafalan sehingga siswa tampak semangat
    3. Guru memberikan reward kepada siswa yang berhasil menjawab

    Kelemahan :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti salam, do’a, melainkan langsung materi
    2. Guru kurang bisa menarik perhatian siswa
    3. Siswa tidak fokus dan enggan memperhatikan penjelasan guru
    4. Media yang digunakan kurang besar, sehingga yang dapat melihat hanya yang duduk di depan saja.
    5. Penjelasan guru yang kurang jelas dan terburu-buru

    Solusi yang dapat digunakan yaitu
    1. Sebaiknya guru menggunkan media yang lebih besar agar siswa kelihatan sampai belakang.
    2. Guru tidak menjelaskan pelajaran dengan terburu-buru.
    3. Guru harus sering memberikan latihan kepada siswa agar lebih fokus lagi.

  7. Nama : AVINDA DIAN ARTI P
    NIM : 858565615
    Dari video diatas menurut saya :
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan yang sedang berlangsung adalah kurang respon atau kurang memberikan perhatian dimana anak-anak banyak yang malas-malasan dan tidak fokus atas penjelasan.
    2. Kelemahan Guru adalah kurang mampu untuk menarik perhatian anak-anak diawal video, dimana anak-anak kurang berminat akan penjelasan guru.
    3. Kelebihan guru adalah memakai media dalam mengajar, dan menguasai materi pembelajaran.
    4. Hal-hal unik yang ada di video, yaitu saat guru memeriksa PR anak-anak. dan lebih inovatif lagi dalam pembelajaran.
    5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan adalah, dengan lebih banyak berinteraksi dengan siswa, dan lebih kreatif lagi dalam menjelaskan pelajaran, karena matematika merupakan mata pelajaran yang sangat menyenangkan

Leave a Reply