silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan upaya guru untuk memberikan toleransi kepada orangtua untuk berada di kelas selama masa orientasi. Guru bekerjasama dengan orangtua untuk memotivasi anak dari agar mandiri dan tidak menangis saat ditinggalkan orangtuanya. Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru. Selain itu guru juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan berbagai kegiatan. Guru dapat juga mengenalkan anak dengan teman-temannya yang pandai bersosialisasi. Sebaiknya guru tetap berada dalam jangkauan anak sehingga manakala dibutuhkan guru siap memberikan pelayanan/perhatian kepada anak, guru memberikan ”reward” kepada anak yang sudah bisa belajar mandiri di kelas agar memotivasi anak lain untuk mendapatkan reward sehingga berusaha untuk tidak menangis lagi.

Dwi Astuti

Secara keseluruhan tayangan dalam video tersebut lebih banyak peragaan/ilustrasi yang dilakukan guru dan anak didik saja. Untuk dialog hanya sedikit yang dapat didengar selebihnya hanya peragaan/ilustrasi. Kegiatan yang diberikan guru dapat memperkenalkan anak didik baru kepada semua teman-temanya dengan cara kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama ketika didalam kelas seperti bermain bersama, membuat roti dan menutup dengan membuat kereta panjang. Semua itu dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

4,619 Comments

  1. Nama : Murniati
    Nim. : 855828274
    Judul video : aku belum mandiri

    Video di atas sangat sering kita jumpai di tahun ajaran baru, dimana anak-anak masih sering nangis, tidak mau di tinggal ibu nya dll, di kondisi ini kami menerapkan kan kepada orang tua dalam jangka 1 Minggu anak sudah bisa di tinggal di sekolah, kami bekerja sama dengan orang tua, dan biasanya di situasi tersebut kami mendekat kan diri kepada anak didik seperti video di atas, dan jika sudah ada anak yang mau di tinggal kan orang tua nya kami mengatakan kepada anak yang lain, wah hebat sekali Farhan sudah mau di tinggal mama nya, karna Disi kan ada ibu guru, dan anak2 ibu yang lain nya pasti mau kan jadi anak yang pinter kalo mau kasih mama nya untuk pulang ya, sebagian anak langsung menyuruh ibu nya pelang dan ada juga masih tetap seperti biasanya

  2. Nama : Fani Nurul Aida
    Nim : 858917171

    Secara keseluruhan tayangan dalam video tersebut lebih banyak peragaan/ilustrasi yang dilakukan guru dan anak didik saja. Untuk dialog hanya sedikit yang dapat didengar lebih lanjut hanya peragaan/ilustrasi. Kegiatan yang diberikan guru dapat memperkenalkan anak didik baru kepada semua teman-temannya dengan cara kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama ketika didalam kelas seperti bermain bersama, membuat roti dan menutup dengan membuat kereta panjang. Semua itu dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
    ideo di atas sangat sering kita jumpai di tahun ajaran baru, dimana anak-anak masih sering nangis, tidak mau di tinggal ibu nya dll, di kondisi ini kami menerapkan kan kepada orang tua dalam jangka waktu 1 Minggu anak sudah bisa di tinggal di sekolah, kami bekerja sama dengan orang tua, dan biasanya di situasi tersebut kami mendekati kan diri kepada anak didik seperti video di atas.

  3. Nama : Ingria Nida Maretha
    NIM : 856863081
    Pada tayangan video Anak Belum Mandiri ini sangat bermanfaat untuk kami selaku guru PAUD. Didalam Video diberikan teknik cara menghadapi anak pada masa orientasi siswa baru. Pada masa awal anak sekolah merupakan tahap awal anak pengenalan lingkungan baru. Banyak kendala yang dihadapi kami selaku guru, anak menangis,anak takut dan cemas serta tidak mau lepas dari orang tua.Pada tahap siswa baru anak juga ditemukan anak yang menyendiri tidak mau bergabung dengan orang lain sehingga mereka sulit bersosialisasi. Dengan teknik yang diberikan dalam video dapat membangun kerja sama antara guru dan siswa baru. sehingga kami mudah dalam tahap pengenalan dan membangun kepercayaan terhadap anak dan orang tua.

  4. Nama : Fitri Ainiyah
    Nim. : 859017483
    Judul video : aku belum mandiri

    Video di atas sangat sering kita jumpai di tahun ajaran baru, dimana anak-anak masih sering nangis, tidak mau di tinggal ibu nya dll, di kondisi ini kami menerapkan kan kepada orang tua dalam jangka 1 Minggu anak sudah bisa di tinggal di sekolah, kami bekerja sama dengan orang tua, dan biasanya di situasi tersebut kami mendekat kan diri kepada anak didik seperti video di atas, dan jika sudah ada anak yang mau di tinggal kan orang tua nya kami mengatakan kepada anak yang lain, wah hebat sekali Farhan sudah mau di tinggal mama nya, karna Disi kan ada ibu guru, dan anak2 ibu yang lain nya pasti mau kan jadi anak yang pinter kalo mau kasih mama nya untuk pulang ya, sebagian anak langsung menyuruh ibu nya pelang dan ada juga masih tetap seperti biasanya

  5. NAMA : INDRI SUPRAPTI
    NIM : 858538926
    JUDUL : ANAK BELUM MANDIRI

    Awal tahun ajaran baru merupakan awal yang penuh tantangan untuk guru PAUD. Hal ini karena ada beberapa anak yang masih lekat dengan orang tua maupun pengasuhnya. Dari video diatas disebutkan ada beberapa hal yang bisa dilakukan guru untuk menyikapi anak-anak yang rewel. diantaranya, guru melakukan pendekatan kepada anak dengan penuh kelembutan, lalu memberikan sentuhan, belaian, dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru. Guru juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan berbagai kegiatan, dan mengenalkan anak pada teman-temannya. Guru memposisikan diri dekat dengan anak tersebut, sehingga guru langsung siap saat dibutuhkan anak terebut. Guru juga bisa memberikan reward untuk anak yang sudah mandiri.
    Dari video tersebut saya dapat belajar bagaimana menghadapi anak yang rewal pada awal masuk sekolah.

  6. Nama : Pipit Puspasari
    NIM : 857867873
    setelah melihat video tersebut menurut saya adanya program ini memberikan panduan yang sangat baik bagi guru PAUD karena dapat mendukung anak-anak yang belum mandiri. Dengan pendekatan penuh kelembutan, kolaborasi dengan orang tua, serta pemberian perhatian yang hangat, maka anak-anak dapat merasa nyaman dan percaya diri untuk belajar mandiri. beberapa langkah seperti mengenalkan teman, mengalihkan perhatian dengan aktivitas, dan memberikan penghargaan kepada anak yang berhasil mandiri adalah strategi efektif untuk membantu anak beradaptasi di lingkungan kelas. Program ini menunjukkan bahwa pentingnya kesabaran dan empati dalam mendampingi anak-anak di masa awal sekolah.

  7. Video ini menjelaskan bahwa pada saat tahun ajaran baru guru harus mempunyai strategi untuk menghadapi anak dengan memperkenalkan diri guru kepada anak, memberikan rasa aman dan nyaman kepada anak sehingga anak bisa mempercayai guru di sekolah dan ada kerjasama juga dengan orang tua siswa untuk memberikan motivasi kepada anak untuk tidak menangis lagi di sekolah dan mau ditinggalkan orangtua dengan guru di sekolah.

  8. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama. : Siti Aysah Lubis
    NIM : 859814159

    Berdasarkan video di atas yang berjudul Anak Belum Mandiri menjelaskan tentang anak PAUD atau TK yang belum mandiri karena pertama kali masuk sekolah atau PPDB anak pasti ada yang menangis, tidak mau pisah dari orang tua manja dan lain sebagainya. Peran guru di sini bagaimana membawa anak agar ke dalam suasana menyenangkan dan aman bagi anak. Guru juga dapat bekerja sama dengan orang tua agar melatih sosial emosional anak dan tidak menangis kalau di tinggal ibu. Guru juga dapat memberikan reward kepada anak bagi anak yang mandiri dan tidak menangis ketika ditinggal ibunya.

    Terima kasih 🙏
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  9. Nama : pipit puspasari
    NIM : 857867873
    pada dasarnya untuk membantu anak belajar mandiri di kelas kita sebagai guru harus melakukan kerja sama dan kolaborasi antara guru dan orang tua karena dukungan mereka adalah salah satu yang dapat membuat anak dapat belajar mandiri, tanpa dukungan dari ke duanya maka tidak akan seimbang dan anak tetap ingin belajar ditunggu orang tua, kegiatan apapun minta untuk dilayani dan rewel. maka guru dan orang tua dapat melakukan pendekatan yang lembut, dan pemberian reward sehingga anak dapat merasa nyaman dan termotivasi untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah sehingga dapat belajar mandiri, sekolah sendiri dan berani percaya diri.

  10. Nama : Nela Sukma
    NIm :859178304
    Vidio nya bagus memberikan pengehtahuan kepada semua orang terutama saya yang baru di dunia pendidikan dalam menghadapi anak di awal semester baru untuk anak usia dini .Vidio memberikan gambaran apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru dan orang tua kalau bisa vidio ini juga di tonton oleh orang tua anak usia dini biar kita sama2 belajar bagaimana cara menghadapi anak .

Leave a Reply