silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Judul video: “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Gambaran singkat: Terlihat guru yang sedang memebrikan pelajaran namun ada anak yang mogok tidak mau belajar. Guru melakukan berbagai cara untuk mendukun kegiatan belajar anak
1. Kelebihan:
Guru melakukan berbagai cara dengan melihat kondisi yang dialami anak yaitu:
– Personal approach
– Home visit
– Memberikan pilihan saat belajar
– Memberikan pengayaan ketika anak bosan.
Kelemahan:
Ketika memberikan pilihan kepada anak berikanlah pilihan yang bisa menguntungkan pembelajarannya dengan juga mempertimbangkan lingkungannya.
2. Setting kelas
Terlihat ketika duduk bersama, lingkaran yang dibuat terlalu kecil sehingga satu anak ini tidak mampu menjadi baian dalam diskusi kelas bersama.
3. Pada proses pembelaran untuk mendukung anak ini, guru sudah mampu memberikan yang terbaik dengan menawarkan berbagai cara.
Nama: Suparmita
NIM: 858748666
Gambaran singkat dari video di atas dapat disimpulkan bahwa guru mengajak anak bercerita, bermain balok bangunan, mengikuti aturan permainan, menempel bintang sebagai reward akan tetapi ada satu anak yang tidak mau bergabung
kemudian guru mendekatinya dan bertanya kepada si anak setelah mengetahui jawaban anak tersebut guru ingin menggali jawaban lebih dalam ke orangtuanya dengan melakukan home visit dan bertanya kepada orangtuanya. Setelah mengetahui jawaban dari orangtuanya, guru mengajak anak tersebut dan memberikan motivasi ke ruangan khusus. Setelah itu anak kembali ceria dan mau bergabung dan bermain bersama guru dan teman-temannya.
Nama : Rovi`atul masruroh
NIM :858844815
Program Studi :S1 PGPAUD AKPMM
Dalam video yang berjudul “Anak mogok tidak mau belajar” sangat bermanfaat bagi saya, di dalam video tersebut terlihat anak yang dibujuk gurunya supaya mau ikut bergabung dengan teman-temannya dan mau belajar dan bermain bersama,namun anak itu belum kunjung mau. Namun pendidik dalam video tersebut tidak tinggal diam, ia melakukan pendekatan terhadap anak dan mencari sumber dari orang tua anak tersebut, pada akhirnya guru tersebut bisa memutuskan cara yg sesuai agar anak mau lagi belajar dan bermain bersama teman-temannya, jadi video pembelajaran mengenai ” Anak mogok tidak mau belajar” ini sangat menambah ilmu bagi saya.
NAMA : WIJIYATI
NIM. : 857847707
PRODI. : PGPAUD
Dari vedio diatas kita dapat membuat kesimpulan sikap seorang guru yang mana salahsatu murid didik menangis/memukul karena perlakuan temannya.Tindakan guru dengan menghampirinya lalu menenangkan dengan suara lembut dan bersahabat. Langkah selanjutnya guru berusaha mendamaikan mereka,dan mengatakan bahwa jika ada kemauan lakukan dengan cara terbaik,yaitu menyatakan apa yang akan diungkapkan dengan kata2 agar temannya faham.Selanjutnya guru meminta anak melaporkan atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggunya.
NAMA:ANISA INDANG SISWATI
NIM:857956281
PRODI:S1 PGPAUD
Setelah saya melihat video tentang” anak mogok tidak mau belajar”
ada beberapa faktor yang terjadi pada anak tersebut yaitu
1.anak takut
anak takut biasanya dengan teman atau guru yang kurang memahami karakter si anak,sehingga anak tersebut kurang merasa nyaman
2.dipaksa
anak biasanya dipaksa dengan kegiatan yang memungkinkan si anak tersebut tidak bisa melakukannya ,lalu teman-teman lain dapat atau mahir melakukan kegiatan pembelajaran,sehingga anak yang mogok tadi merasa palinng tidak bisa dan malas untuk melakukan aktivitas.misal anak yang mogok tersebut suka dengan kegiatan diluar kelas,dia akan merasa malas ketika duduk didalam kelas
3.bertengkar
anak biasanya bertengkar dengan teman lain sehingga anak tersebut merasa tidak nyaman dengan bentuk pemberontakan nya yaitu mogok belajar
4.sakit hati
biasanya anak merasa sakit hati terhadap guru karena guru kurang peka terhadap anak,kemudian ada juga sakit hati terhadap teman-teman nya karena berebut mainan atau bulliying
solusi anak biar rajin kembali yaitu dengan cara menggali keterangan mendalam lewat orang tuanya,atau mungkin guru menginterview anak disaat anak sedang sendiri,pancing dia untuk mengungkapkan isi hatinya,mungkin dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut
Anak Mogok Tidak Mau Belajar – Guru Pintar Online
azincbxvnmw
zincbxvnmw http://www.gjtre53h1e99o0i2w961t56w120fc3qys.org/
[url=http://www.gjtre53h1e99o0i2w961t56w120fc3qys.org/]uzincbxvnmw[/url]
Nama : Dian ayu puspita
Nim : 859407019
Menurut saya usaha yang dilakukan oleh guru ketika menghadapi anak mogok tidak mau belajar, pertama dekati anak, beri perhatian dan menanyakan apa yang dirasakan oleh anak sudah sangat baik. Biasanya anak yang mogok tidak mau belajar mempunyai permasalahan seperti anak takut, pemalu , tidak percaya diri, bertengkar dengan teman, dan lain sebagainya. Sebaiknya guru mengajak anak untuk belajar bersama, guru bekerjasama dengan orang tua dan mencari tahu apa penyebab anak tidak mau belajar. Guru juga dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan memberi penghargaan berupa pujian dan motivasi bila anak sudah tidak mogok belajar lagi.
Menurut tanggapan saya tentang Vidio anak mogok saat belajar itu sangat bagus,,,
Karena dari Vidio tersebut banyak sekali pembelajaran yg saya dapatkan,seperti ketika anak mogok belajar bisa kita ajak bermain,
Apabila dia bosen didalam kelasnya,mungkin bisa kita ajak ketempat yg lain seperti perpustakaan,apabila ia bosan didalam kelas bisa kita ajak main diluar bersama teman,tetapi harus mempunyai kesepakatan antara anak dan ibu guru.
Itu menjadi pembelajaran buat saya dan akan saya terapkan disekolah saya.
Nama : Sri Widya Ningsih K
Nim : 859404805
Program studi : PGPAUD
Assalamu’ Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh ..
Dalam kasus anak mogok tidak mau belajar ini cukup sering saya alami. Anak tidak ingin melakukan kegiatan yang sedang berlangsung/bosan dengan kegiatannya, Alhamdulillah setelah melihat ini saya jadi banyak menemukan cara yang dapat saya terapkan disamping pendekatan yang perlu terjalin antara guru dan anak didik. Melalui video ini dapat saya simpulkan dan juga menjadi acuan untuk saya dalam menghadapi anak dengan kasus ini dengan memberikan kesempatan kepada anak mengeksplore kemampuan dan keingin tahuannya tentang sesuatu bahwasanya pada usia ini anak akan banyak belajar melalui kegiatan main yang ia lakukan sehingga yang perlu dibangun bukan paksaan melainkan kenyamanan dan kegiatan yang menyenangkan sehingga anak termotivasi untuk senantiasa mengembangkan keingin tahuannya.
Sekian,
Wassalamu’ Alaikum Warohmatullahi wabarokatuh.
Nama: Ni Nyoman Putriyani
NIM: 859028644
Berdasarkan video di atas, guru dapat menindaklanjuti dan mencari solusi terkait permasalahn yang ada. Guru dengan sigap mencari tahu terkait hal-hal yang menyebabkan anak mogok untuk belajar. Dalam kasus anak yang mogok untuk mengikuti pembelajaran, guru dapat mengkomunikasikan hal tersebut dengan kepala sekolah dan juga orang tua. Agar nantinya hal-hal serupa dapat segera ditindaklanjuti. Video ini juga memberikan pembelajaran bahwa kita sebagai guru hendaknya dengan sabar dan lemah lembut menghadapi anak-anak dengan berbagai kemampuan dan problem yang dialaminya.