silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Setelah menonton Vidi di atas guru dapat menidaklanjuti dan mencari solusi masalah yg di hadapi. Guru sangat antusias mencari penyebab yang terjadi pada anak didiknya. Dalamkadus ini guru berkerja sana dengan wali murid yang bersangkutan untuk mencari solusi bersama, dalam Vidio ini sangat bermanfaat bagi guru karena termotivasi hendaknya mnejFi guru adalah modal utama kesabaran dan ketelatenan dalam berbagai permasalahan yang terjadi .

  2. Nama ; kuwwatul jannah
    Nim : 858703767.

    Setelah saya melihat vidio diatas saya menjadi mendapat inspirasi menghadapi anak yang sedang mogok tak tau gabung dengan temanya.
    Terlihat vidio di atas anak mogok tidak mau gabung dengan temanya. Alangkah baiknya sebelum mulai kegiatan inti kita ajak main main dulu dan sambil menjelaskan kegiatan yang akan di lakukan hari ini. Dan guru sambil membujuk anak yang mogok itu agar mau bergabung dengan temanya.

  3. Nama : nur hidayatuzziana
    NIM : 837611145

    Video ini menambah wawasan saya dalam menangani anak yang tidak mau belajar. Saya menjadi tau apa sebab akibat yang mungkin terjadi pada anak tersebut. Saya harap kedepan nya, video pembelajaran ini bisa diperbaharui lagi dan durasi serta cara penanganan anaknya bisa diperlengkap lagi.

  4. Nama : Rosiana Pora
    NIM : 858733895
    Prodi : PG-PAUD BI
    Judul : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    Ringkasan Video
    Menurut pendapat saya pada saat kegiatan pembelajaran dimulai anak yang terdapat dalam video terseut pada awalnya merasa baik-baik saja pada saat kegiatan bermain setelah guru melanjutkan ke materi yang akan disampaikan dengan media buku anak itupun akhirnya tidak mau mengikut belajar bersama guru beserta temannya. Guru tersebut secepat mungkin mencari solusi untuk mengatasi anak tersebut. Sehingga guru melakukan kunjungan di rumah orang tua anak itu dan berkomunikasi dengan orang tuanya dengan cara mengajukan pertanyaan kepada orangtua kenapa anak itu tidak mau berangkat sekolah dan mogok belajar bersama teman-temannya dan orang tua tersebut memanggil anak itu dan bertanya. Setelah menemukan jawaban dari anak itu guru akhirnya membuat keputusan untuk membuat anak itu menjadi nyaman yaitu dengan melakukan bertanya kepada anak itu apa di mau belajar di dalam kelas bersama temannya atau ke ruang perpustakaan. Dari kesepakatan guru dengan anak itu akhirnya agar anak itu tidak merasa bosan di dalam kelas dan pada saat belajar dimulai maka anak itu diajak dengan melakukan kegiatan bermain terlebih dulu dengan waktu yang ditentukan dan disepekati bersama anak itu. Dalam video ini kita sebagai guru atau pendidik bisa mengambil bahwa guru memiliki peran sangat penting pada kegiatan pembelajaran. Dimana ada anak yang sedang mogok dan tidak mau belajar namun teman-temannya masik bisa fokus dan konsentrasi terhadap kegiatan pembelajaran yang dijelaskan oleh guru.

  5. Nama : Azza Aftina Fachriani
    Nim : 858846643
    Prodi : PGPAUD

    Video diatas menggambarkan bagaimana anak di sekolah yang kadang rewel tidak mau belajar. Video tersebut juga memuat contoh-contoh yang dilakukan guru untuk mengatasi hal tersebut seperti mengajak anak berbicara dan menawarkan kegiatan belajar yang menarik minat anak saat bermain. Agar anak merasa nyaman, agar anak mau belajar lagi dengan teman-teman yang lain, tentunya diperlukan juga kerjasama yang baik dan saling mendukung antara orang tua dan guru agar tujuan pembelajaran tercapai sehingga anak menjadi mandiri, tidak impulsif dan rukun dengan teman dan orang lain. Hal ini juga dapat dilakukan misalnya dengan cara guru memberikan kata-kata atau hadiah kepada anak yang mandiri dan berani .

  6. Nama : Yeti Desi sasetya
    Nim. : 858852948
    Prodi. : PGPAUD Semeter 2
    Judul : Anak mogok belajar
    Assalamualaikum wr.wb
    Dari Video di atas saat bermanfaat sekali untuk solusi para guru Paud agar dapat melakukan pembelajaran dengan baik, apa yang telah di sampaikan dari video di atas guru menjadi tau cara mengatasi anak pada saat mogok belajar, karena pada dasar nya anak paud itu sosial emosional nya perlu bimbingan dan stimulasi, egosentrisnya masih tinggi, selain itu karakter belajar anak- anak itu berbeda, sebagian anak itu mudah jenuh dengan pembelajaan yang mereka anggap tidak menyenangkan, dan paling penting disini guru tetap berusaha dan bertanggung jawab untuk mencari tau apa penyebab anak tersebut mogok dalam belajar, mungkin saja faktor dari rumah atau dari lingkungan sekolah yang tidak nyaman.setelah guru mendekati anak dan menanyakan kepada anak maka guru dapat melanjutkan menggali informasi dari orangtua anak, dengan begitu guru akan tau dan dapat mengatasi anak yang mogok belajar tersebut.

  7. Nama : Herlin Octavio M
    NIM : 857072871
    PGPAUD S1
    Pendapat saya setelah melihat video pembelajaran diatas adalah anak tersebut tidak mau bergabung dengan teman kelompoknya / tidak mau belajar bersama tetapi disini saya melihat pendidik sangat berperan aktif untuk menangani masalah anak tersebut. Pendidik memberikan empati, rasa kasih sayang dan mengajak anak untuk bermain. Orang tua anak juga turut serta dalam menangani anak yang tidak mau belajar ini, jadi kerjasama antara pendidik dengan guru sangat baik. Kelebihan dalam video pembelajaran ini adalah tidak ada anak yang mengejek temannya yang tidak mau belajar.

  8. Dedeh Hayati
    NIM : 857068721
    PGPAUD SI
    Dalam tayangan video tentang “Aku Mogok tidak Belajar Bersama Temannya” sangat menambah pemahaman tentang bagaimana seorang pendidik dalam memotivasi anak bahwa belajar bersama teman itu sangat menyenangkan, ada beberapa kemungkinan jika anak mogok tidak mau belajar bersama temannya diantaranya adalah anak takut, anak tidak nyaman, anak tidak bisa, anak merasa dipaksa dan lain-lain. Saya mendapati banyak anak yang kurang semangat, terlihat bosan, kesekolah hanya ingin bermain saja dan sebagainya. Dengan tayangan video ini sangat membantu saya cara mengatasi anak yang kurang semangat dalam belajar bersama, bahkan mogok tidak mau belajar bersama teman.

  9. Assalamualaikum warahmatullahi wa barokathu..
    Bismillahirrahmanirrahim..
    Nama: Dewi Sandi Artini.
    NIM:859145528.
    Prodi: S1 PGPAUD(AKPMM).
    Dalam video dengan judul “Anak mogok tidak mau belajar” terdapat pembelajaran yg sangat membantu terutama saya sebagai seorang guru Paud, Di dalam video tersebut membahas tentang bagaimana seorang guru mengatasi anak didiknya yg tidak mau ikut bergabung belajar bersama teman yg lainnya. Dalam kegiatan proses belajar mengajar akan ada situasi dimana mood anak sedang tidak stabil, dan kondisi ini yg mengakibatkan anak bersikap tidak bersahabat atau emosional. Di saat seperti inilah, kesabaran dan ketelatenan seorang guru di uji. Seorang guru harus memiliki inisiatif atau cara agar bisa mengatasi hal tersebut . Menanyakan kepada anak kenapa tidak mau ikut bergabung bersama temannya, mencari tau penyebab anak tidak mood belajar, membuat pembelajaran yg menarik sehingga anak tidak bosan belajar, memberikan reward kepada anak Yg semangat belajar.. Mengajak anak belajar sambil bermain diluar kelas.Memberikan ruang dan kesempatan kepada anak yg sedang tidak mood belajar dgn kesepakatan waktu tertentu,itu salah satu cara guru untuk mengatasi anak yg mogok belajar.
    Terimakasih 🙏

  10. Nama : Renata Natalia D W
    NIM : 858659878
    Prodi : S1 PAUD (AKPMM)
    UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA

    Menurut saya tentang video diatas tentang Pengembangan Sosial Emosional dengan judul Anak Mogok Tidak Mau Belajar sudah baik, ketika Guru berusaha mengajak anak yang belum mau ikut bergabung dalam kegiatan bersama teman – temannya untuk mendengarkan cerita dari guru. Guru juga dapat menghubungi orang tua anak tersebut tentang apa yang terjadi dirumah agar dapat saling berkomunikasi / berkesinambungan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran disekolah dan rumah (sebaliknya) dapat menghasilkan sebuah target untuk anak.
    Guru tersebut juga memiliki talenta, ide yang cemerlang ketika anak belum mau bergabung dengan temannya / mencari waktu dan mencari cara pembelajaran yang tepat untuk anak tersebut. Sebagai Guru juga harus dapat memiliki inisiatif yang tinggi untuk mengubah anak ke arah yang lebih baik. Ketika dikelaspun bisa jadi anak juga memerlukan waktu untuk tenang ketika masuk kedalam kelas (butuh proses). Kita sebagai Guru harus tetap mempunyai kesempatan untuk dapat saling berkomunikasi dengan anak -anak sehingga anak -anak dapat senyaman mungkin dengan Guru ketika berada di dalam kelas.
    terima kasih untuk video sehingga menjadikan kami para Guru untuk lebih terbuka dengan semua problem anak ketika berada di dalam kelas.

Leave a Reply