silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : sekar sakban ningrum
    UPBJJ : UT Surakarta
    anak mogok belajar
    Vidio ini sangat membantu saya untuk mengatasi masalah anak yang mogok belajar , dimana solusi yang diberikan dari vidio ini sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan masalah yang dihadapi ketika pelaksanaan pembelajaran di sekolah. dari vidio ini pula saya mendapat ilmu yang sangat bermanfaat karna masalah mogok belajar merupakan suatu masalah yang kerap terjadi didalam kelas ,yang sebab awal mulanya sangat banyak .
    Penyampaian materi sangat padat dan langsung pada topiknya sehingga sangat mudah untuk dimengerti

  2. Nama : Sefta Agustina
    NIM : 859807597
    Judul Vidio : Anak mogok tidak mau belajar
    Assalamualaikum wr.wb.
    Menurut pendapat saya vidio tersebut sangat bermanfaat untuk saya dan Guru Paud lainnya.
    Sebagai seorang guru kita harus memahami karakter dari anak didik kita dan memberikan kegiatan yang menarik dan menyenangkan sehingga anak merasa nyaman dan senang. Sebagai seorang guru kita perlu memahami sebab perilaku anak tersebut, jika kita telah mengetahui maka selanjutnnya kita perlu memikirkan solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.
    Terimakasih

  3. Nama: Aulina Maghfiroh
    NIM : 857991824
    UPBJJ: Yogyakarta
    Judul : Anak mogok tidak mau belajar dengan teman

    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut pendapat saya, vidio tersebut sangat bermanfaat bagi saya dan teman guru PAUD lainnya,
    Sebagai seorang guru, seharusnya kita bisa memahami anak didik, mengapa bisa anak didik mogok tidak mau sekolah, setelah kita mengetahui apa penyebabnya, kita sebagai pendidik tinggal mencari solusi yang tepat menghadapi anak tersebut.
    Demikian jawaban dari saya

    Wassalamu’alaikum wr.wb

  4. Terkait video di atas, yang harus dilakukan seorang pendidik adalah :
    1. Ciptakan Lingkungan Belajar yang Menyenangkan
    Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menarik akan membantu anak-anak merasa antusias dan bersemangat dalam belajar. Buatlah ruang belajar yang menarik dengan permainan, buku, dan bahan belajar tertentu.
    2. Gunakan Metode Pembelajaran yang Interaktif
    Anak TK cenderung belajar dengan cara yang berbeda. Maka, cobalah cunakan metode pembelajaran yang interaktif dan kreatif, seperti menggunakan gambar, lagu, atau permainan untuk membantu mereka memahami konsep-konsep baru.
    3. Perhatikan Gaya Belajar Anak
    Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda. Silahkan perhatikan apakah anak lebih suka belajar melalui visual, auditori, atau kinestetik. Maka, sesuaikanlah metode pengajaran dengan gaya belajar anak untuk memaksimalkan pemahaman dan minat mereka dalam belajar.
    4. Berikan Motivasi
    Silahkan berikan motivasi ketika anak berhasil mengatasi kesulitan belajar. Pujilah usaha dan prestasi mereka, sehingga mereka merasa termotivasi untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan mereka.
    5. Kenali Keterampilan Khusus Anak
    Setiap anak memiliki keterampilan dan bakat khusus. Maka, temukanlah apa yang mereka sukai dan apakah ada area belajar tertentu di mana mereka akan menunjukkan minat dan kecakapannya. Dorong sang anak agar mengembangkan keterampilan tersebut dengan memberikan kesempatan yang lebih banyak.
    6. Peran Orang Tua
    Kolaborasi antara orang tua dan pengajar sangat penting dalam mengatasi kesulitan belajar anak. Jika Anda seorang pengajar, maka silahkan berkomunikasi secara teratur dengan orang tua untuk memahami tantangan yang dihadapi anak di rumah dan sekolah.
    7. Berikan Waktu dan Kesabaran
    Setiap anak belajar dengan ritme mereka sendiri. Maka, berikanlah waktu yang cukup dan bersabarlah dalam membantu mereka melewati kesulitan belajar. Tunjukkan dukungan dan keyakinan pada kemampuan mereka untuk tumbuh dan berkembang.
    8. Konsistensi dan Rutinitas
    Anak TK membutuhkan konsistensi dan rutinitas dalam belajar. Maka, buatlah jadwal belajar yang teratur, dengan waktu yang ditentukan untuk kegiatan belajar dan istirahat. Ini akan membantu anak merasa lebih teratur dan siap dalam proses belajar.
    9. Cari Bantuan Tambahan
    Jika kesulitan belajar anak terus berlanjut, maka pertimbangkan untuk mencari bantuan tambahan, seperti pengajar pribadi atau dukungan spesialis dalam pendidikan anak.

  5. Nama : Mega Darwanti
    NIM : 837063918
    Seri : Pengembangan Sosial Emosional PAUD
    Judul : Anak mogok belajar
    Sebagai seorang guru wajib memiliki sifat sabar dan mampu mengelola emosi. Guru juga harus ingat bahwa di PAUD anak-anak harus belajar dengan menyenangkan. Dikala seorang anak mogok belajar, guru harus dapat mengetahui penyebab hal tersebut, dengan menggali lebih dalam permasalahannya dengan berbagai macam cara. Anak yang bosan dengan pembelajaran dapat diberikan perlakuan belajar atau bermain di luar ruangan dengan menyepakati komitmen waktu bermain yang sudah ditentukan, sehingga anak dapat belajar tentang menyepakati suatu hal. Mogok belajar sesekali dapat kita temui di kelas, dari video di atas sudah jelas memberikan beberapa solusi untuk diterapkan di sekolah masing-masing. Sehingga sangat membantu para guru untuk menyelesaikan permasalahan yang serupa.

  6. Mama : Maimuna
    Judul: anak mogok atau tidak mau berbicara
    Dari video ini saya banyak belajar yaitu cara mengetahui bagaimana caranya agar mengatur dan mengawasi emosi pada anak.
    Cara Menstimulasi Anak Usia 4-5 Tahun yang Mogok Bicara
    Ketika anak berusia 4-5 tahun mogok bicara, hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk ketidaknyamanan emosional karena interaksi dengan teman. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menstimulasi anak agar mau berbicara kembali:
    1. Pahami Penyebabnya

    Observasi: Perhatikan situasi atau kondisi apa yang sering membuat anak mogok bicara.
    Dialog dengan Guru: Jika masalah terjadi di sekolah, bicarakan dengan guru untuk memahami konteksnya.

    2. Komunikasi yang Efektif

    Buatlah Nyaman: Pastikan anak merasa aman dan nyaman saat berbicara dengan Anda.
    Dengarkan: Tunjukkan bahwa Anda mendengarkan dengan penuh perhatian dan empati.
    Hindari Paksaan: Jangan memaksa anak untuk berbicara jika mereka belum siap.

    3. Perkuat Hubungan Emosional

    Waktu Berkualitas: Habiskan waktu berkualitas bersama anak, lakukan aktivitas yang disukainya.
    Ekspresi Nonverbal: Gunakan ekspresi wajah, kontak mata, dan sentuhan untuk menunjukkan dukungan.

    4. Aktivitas Stimulasi

    Bermain Peran: Ajak anak bermain peran untuk mengekspresikan perasaannya.
    Bercerita: Bacakan cerita dan ajak anak untuk mendiskusikan cerita tersebut.
    Seni: Gunakan seni seperti menggambar atau musik sebagai sarana ekspresi.

    5. Kembangkan Keterampilan Sosial

    Permainan Kelompok: Libatkan anak dalam permainan kelompok untuk meningkatkan interaksi sosial.
    Aturan Main: Ajarkan tentang giliran berbicara dan mendengarkan saat bermain dengan teman.
    Role Modeling: Jadilah contoh yang baik dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

    6. Konsultasi Profesional

    Terapis Bicara: Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan terapis bicara jika mogok bicara berlanjut.
    Psikolog Anak: Psikolog anak dapat membantu mengidentifikasi masalah emosional yang mungkin dialami anak.

    7. Dukungan di Rumah

    Lingkungan Positif: Ciptakan lingkungan yang mendukung di rumah di mana anak merasa bebas untuk berbicara.
    Pujian: Berikan pujian ketika anak mencoba berbicara atau berkomunikasi.

    8. Ajarkan Cara Mengatasi Konflik

    Pengenalan Emosi: Ajarkan anak untuk mengenali dan mengekspresikan emosinya dengan tepat.
    Strategi Penyelesaian: Berikan anak strategi untuk menyelesaikan konflik dengan teman secara damai.

    Catatan: Setiap anak unik dan apa yang efektif untuk satu anak mungkin tidak berlaku untuk yang lain. Jika Anda khawatir dengan perkembangan bicara anak Anda, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional.

  7. Nama : Rosmita
    Nim : 855888871
    Judul video anak mogok tidak mau belajar dengan teman
    Memang benar banyak faktor yang menyebabkan anak mogok belajar seperti anak merasa belum mampu mangikuti pelajaran yg diberikan guru, anak merasa bosan di kelas, anak merasa takut dinakali teman, anak merasa sakit hati dengan guru, dan masih banyak faktor lainnya. Dalam video ini telah dijelaskan strategi guru dalam menangani masalah tsb dan saya sangat setuju dengan hal tsb. Guru perlu mendekati anak dan menanyakan alasan anak kunapa mogok belajar. Setiap parmasalahan akan mendapat penanganan yg berbeda. Misal jika anak merasa blm mampu mangikuti materi yg diberikan maka guru dapat memberikan pendampingan extra ketika mangajari, atau jika anak merasa takut dinakali teman maka kita harus membuat kegiatan/permainan kerjasama kelompok sehingga terjalin kesehatan dg teman. Atau jika anak merasa takut/sakit hati dgn guru, maka sbg guru seyogianya hrs mangubah cara perilaku trhdp anak krn penanganan anak usia dini memang berbeda dg tingkat lainnya. Semoga guru PAUD dpt manjadi panutan dan sahabat anak-anak.
    Terimakasih.

  8. Assalamualaikum wr. wb.
    Nama : Lilik Nur Kholidah
    NIM : 857988407
    UPBJJ : Yogyakarta
    Judul Video : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    Ijin menanggapi video tersebut, menurut pendapat saya video ini sangat membantu guru dalam menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar, dari video tersebut sudah dijelaskan tips-tips untuk menghadapi anak ketika mogok tidak mau belajar. Guru harus dapat menjadi motivator dan penyemangat anak didik agar senang berangkat ke sekolah. Guru harus dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di kelas agar anak tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Guru yang baik adalah guru yang dapat menginspirasi anak didiknya, guru yang kehadirannya selalu dinanti-nanti oleh siswanya. Strategi pembelajaran juga perlu dirancang sesuai perkembangan usia anak didik, usia anak TK adalah usia anak-anak yang senang bermain tanpa mereka sadari mereka juga sedang belajar.
    Terimakasih.

  9. Nama : sriwati
    Nim : 855890348

    Pada umumnya, anak usia sekolah memiliki semangat belajar yang tinggi. Ini bisa terlihat dari rasa penasaran anak yang membuatnya sering bertanya tentang banyak hal.Namun ternyata, masalah anak mogok tidak mau belajar kerap kali dialami oleh anak-anak.
    Ada pun faktor yang membuat anak mogok tidak mau belajar
    1) Ketidak mampuan belajar
    Kondisi tersebut bisa membuat anak lebih sulit untuk mencerna pelajar yang ia dapat. Akibatnya, anak mungkin akan merasa malas untuk belajar.
    2) Cara belajar yang membosankan dan tidak menarik
    Selain membuat anak sulit memahami pelajaran, cara mengajar yang selalu sama juga bisa membuat anak merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar.
    Mengatasi anak mogok tidak mau belajar
    Sebagai seorang guru kita dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman untuk peserta didik dan memberikan pujian kepada peserta didik agar peserta didik tidak mogok untuk belajar.

  10. Nama : Eka Dwi Lestari
    NIM : 589164187

    Izin berpendapat, setelah saya menonton video tentang ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar” hal ini dapat di sebabkan karena anak masih belum dpaat mengolah emosinya dengan baik sehingga terjadilah mogok tidak mau melakukan hal-halnyang biasa ia lakukan. Yang di lakukan oleh pendidik di dalam video sudah tepat
    Ada beberapa faktor yang dapat membuat anak menjadi mogok belajar, diantranya :
    1. Anak belum mengerti tentang materi/pelajaran yang di ajarkan guru
    2. Anak merasa bosan
    3. Anak merasa kurang enak badan atau kurang sehat
    4. Materi pembelajaran kurang menarik bagi anak
    5. Anak merasa takut

    Sebagai seorang guru jika menghadapi kasus seperti ini guru wajib untuk mencari tahu apa penyebab anak menjadi mogok belajar, dn setelah tau guru dapat mencari solusi yang terbaik agar anak dapat kembali lagi ceria dan termotivasi untuk belajar dan bermain bersama teman-temannya. Di dalam video tersebut guru sudah baik dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi pada anak didiknya. banyak cara juga telah di paparkan di dalam video bagaimana kita sebagai seorang guru dalam menghadapi permasalahan anak yang sedang mogok belajar.

Leave a Reply