silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Assalamu’alaikum
    Perkenalkan
    Nama : Aryani
    Nim : 858444189
    UPBJJ : Samarinda
    Semester : 5
    Judul Video : Anak mogok tidak mau belajar
    Dari video yang saya amati ada beberapa hal yang wajib kita miliki dalam memecahkan beberapa. Adalah ya g sering terjadi pada proses kita mengajar atau dalam pembelajaran sehari hari disekolah
    1.Guru harus menjadi penyemangat atau motivator dalam kegiatan belajar anal
    2.Guru harus. membangun pemikiran bahwa anak ketika akan belajar harus senang atau belajar adalah hal menyenangkan bagi anak
    3.Guru harus menanamkan kepada anak untuk menjadi pembelajar selama hidup nya atau pembangkit anak ingin sesuatu hal
    4.Guru harus selalu memberikan ruang kepada anak untuk menuangkan ide atau gagasan agar anak dapat mengeksplorasi semua bakat dan minatnya

    Jika ada anak yang mogok guru bisa menempuh dengan x
    Cara :
    1.Kunjungan ke rumah atau home visit guru dan orang tua dapat saling memberikan informasi apa penyebab anak mogok sekolah
    2.anak tetap dalam aturan yang membuat ia nyaman ketika belajar dengan terlebih dahulu membuat kesepakatan bersama dalam kelas
    3.anak akan lebih senang jika ia merasa di hargai
    Demikian beberapa hal yang dapat saya petik atas video yang saya amati
    Terima kasih wassalam

  2. Assalamu’alaikum
    Perkenalkan
    Nama : Aryani
    Nim : 858444189
    UPBJJ : Samarinda
    Semester : 5
    Judul Video : Anak mogok tidak mau belajar
    Dari video yang saya amati ada beberapa hal yang wajib kita miliki dalam memecahkan beberapa. Adalah ya g sering terjadi pada proses kita mengajar atau dalam pembelajaran sehari hari disekolah
    1.Guru harus menjadi penyemangat atau motivator dalam kegiatan belajar anal
    2.Guru harus. membangun pemikiran bahwa anak ketika akan belajar harus senang atau belajar adalah hal menyenangkan bagi anak
    3.Guru harus menanamkan kepada anak untuk menjadi pembelajar selama hidup nya atau pembangkit anak ingin sesuatu hal
    4.Guru harus selalu memberikan ruang kepada anak untuk menuangkan ide atau gagasan agar anak dapat mengeksplorasi semua bakat dan minatnya

    Jika ada anak yang mogok guru bisa menempuh dengan x
    Cara :
    1.Kunjungan ke rumah atau home visit guru dan orang tua dapat saling memberikan informasi apa penyebab anak mogok sekolah
    2.anak tetap dalam aturan yang membuat ia nyaman ketika belajar dengan terlebih dahulu membuat kesepakatan bersama dalam kelas
    3.anak akan lebih senang jika ia merasa di hargai
    Demikian beberapa hal yang dapat saya petik atas video yang saya amati
    Terima kasih wassalam

  3. Assalamu’alaikum
    Perkenalkan
    Nama : Aryani
    Nim : 858444189
    UPBJJ : Samarinda
    Semester : 5
    Judul Video : Anak mogok tidak mau belajar
    Dari video yang saya amati ada beberapa hal yang wajib kita miliki dalam memecahkan beberapa. Adalah ya g sering terjadi pada proses kita mengajar atau dalam pembelajaran sehari hari disekolah
    1.Guru harus menjadi penyemangat atau motivator dalam kegiatan belajar anal
    2.Guru harus. membangun pemikiran bahwa anak ketika akan belajar harus senang atau belajar adalah hal menyenangkan bagi anak
    3.Guru harus menanamkan kepada anak untuk menjadi pembelajar selama hidup nya atau pembangkit anak ingin sesuatu hal
    4.Guru harus selalu memberikan ruang kepada anak untuk menuangkan ide atau gagasan agar anak dapat mengeksplorasi semua bakat dan minatnya

    Jika ada anak yang mogok guru bisa menempuh dengan x
    Cara :
    1.Kunjungan ke rumah atau home visit guru dan orang tua dapat saling memberikan informasi apa penyebab anak mogok sekolah
    2.anak tetap dalam aturan yang membuat ia nyaman ketika belajar dengan terlebih dahulu membuat kesepakatan bersama dalam kelas
    3.anak akan lebih senang jika ia merasa di hargai
    Demikian beberapa hal yang dapat saya petik atas video yang saya amati
    Terima kasih wassalam

  4. Nama : Nabila
    Nim : 858442859
    UPBJJ : Samarinda
    Judul Video : Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    Menurut saya didalam video tersebut sangat menginspirasi untuk para guru mengatasi bagaimana memperlakukan anak yang mogok belajar/tidak mau belajar anak yang tidak mau belajar/anak mogok belajar yaitu anak merasa bosan. Namun terkadang kita seorang guru menekankan pada kecerdasan anak dan bahwa sesungguhnya pada anak usia dini harus dilakukan dengan cara menyenangkan. Dunia anak adalah dunia bermain.

  5. Assalamualaikum , selamat siang perkenalkan
    Nama ; Aryani
    Nim : 858444189
    UPBJJ : Samrinda
    Semerter V
    Judul : Ketika anak mogok tidak mau belajar dengan temannya

    Dari tayangan video yang telah saya amati ada beberapa hal yang dapat saya petik yaitu :
    1. Seorang guru wajib memiliki mengembangkan rasa ingin tahu anak kemampuan dalam emosi ocial dan etika pada anak
    2. Seorang guru haru memiliki rasa untuk membentuk motivasi untuk anak selalu ingin tahu dan selalu mau belajar
    3. Menghidupkan obor belajar pada anak
    4. Bermain pada anak merupakan proses belajar tentang apa yang anak ingn ketahui , meneyanagkan dan alami

    Namun ada kalanya anak tidak mood untuk mengikuti kegiatan ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya :

    1. Jika anak mogok adaa beberapa kemungkinan mengerjakan tugas yang ia sendiri belum mampu akan tugas tersebu
    2. Anak di paksa yang biasa ia belum mampu menegrjakan
    3. Anak mungkin berkelahi
    4. Anak sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan gurunya

    Solusi nya yang dapat di lakukan yaitu :
    1. Guru menggali mendalam memalui kunungan ke rumah untuk menggali informas dari orang tua
    2. Jika anak belum mau gabung berikan ia ruang tersendiri sesuai yang ia inginkan agar nyaman
    3. Berikan dan ajak anak untuk memuat kesepakatan kelas berikan pemahaman untuk saling mematuhi dengan kesepakan tersebut karena ini adalah proses belajar tentang kedisiplinan

    Demikian beberapa hal yang dapat saya petik dari video yang saya amati tadi , terima kasih, wassalam

  6. Assalamualaikum , selamat siang perkenalkan
    Nama ; Aryani
    Nim : 858444189
    UPBJJ : Samrinda
    Semerter V
    Judul : Ketika anak mogok tidak mau belajar dengan temannya

    Dari tayangan video yang telah saya amati ada beberapa hal yang dapat saya petik yaitu :
    1. Seorang guru wajib memiliki mengembangkan rasa ingin tahu anak kemampuan dalam emosi ocial dan etika pada anak
    2. Seorang guru haru memiliki rasa untuk membentuk motivasi untuk anak selalu ingin tahu dan selalu mau belajar
    3. Menghidupkan obor belajar pada anak
    4. Bermain pada anak merupakan proses belajar tentang apa yang anak ingn ketahui , meneyanagkan dan alami

    Namun ada kalanya anak tidak mood untuk mengikuti kegiatan ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya :

    1. Jika anak mogok adaa beberapa kemungkinan mengerjakan tugas yang ia sendiri belum mampu akan tugas tersebu
    2. Anak di paksa yang biasa ia belum mampu menegrjakan
    3. Anak mungkin berkelahi
    4. Anak sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan gurunya

    Solusi nya yang dapat di lakukan yaitu :
    1. Guru menggali mendalam memalui kunungan ke rumah untuk menggali informas dari orang tua
    2. Jika anak belum mau gabung berikan ia ruang tersendiri sesuai yang ia inginkan agar nyaman
    3. Berikan dan ajak anak untuk memuat kesepakatan kelas berikan pemahaman untuk saling mematuhi dengan kesepakan tersebut karena ini adalah proses belajar tentang kedisiplinan

    Demikian beberapa hal yang dapat saya petik dari video yang saya amati tadi , terima kasih, wassalam

  7. Assalamualaikum , selamat siang perkenalkan
    Nama ; Aryani
    Nim : 858444189
    UPBJJ : Samrinda
    Semerter V
    Judul : Ketika anak mogok tidak mau belajar dengan temannya

    Dari tayangan video yang telah saya amati ada beberapa hal yang dapat saya petik yaitu :
    1. Seorang guru wajib memiliki mengembangkan rasa ingin tahu anak kemampuan dalam emosi ocial dan etika pada anak
    2. Seorang guru haru memiliki rasa untuk membentuk motivasi untuk anak selalu ingin tahu dan selalu mau belajar
    3. Menghidupkan obor belajar pada anak
    4. Bermain pada anak merupakan proses belajar tentang apa yang anak ingn ketahui , meneyanagkan dan alami

    Namun ada kalanya anak tidak mood untuk mengikuti kegiatan ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya :

    1. Jika anak mogok adaa beberapa kemungkinan mengerjakan tugas yang ia sendiri belum mampu akan tugas tersebu
    2. Anak di paksa yang biasa ia belum mampu menegrjakan
    3. Anak mungkin berkelahi
    4. Anak sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan gurunya

    Solusi nya yang dapat di lakukan yaitu :
    1. Guru menggali mendalam memalui kunungan ke rumah untuk menggali informas dari orang tua
    2. Jika anak belum mau gabung berikan ia ruang tersendiri sesuai yang ia inginkan agar nyaman
    3. Berikan dan ajak anak untuk memuat kesepakatan kelas berikan pemahaman untuk saling mematuhi dengan kesepakan tersebut karena ini adalah proses belajar tentang kedisiplinan

    Demikian beberapa hal yang dapat saya petik dari video yang saya amati tadi , terima kasih, wassalam

  8. Assalamualaikum , selamat siang perkenalkan
    Nama ; Aryani
    Nim : 858444189
    UPBJJ : Samrinda
    Semerter V
    Judul : Ketika anak mogok tidak mau belajar dengan temannya

    Dari tayangan video yang telah saya amati ada beberapa hal yang dapat saya petik yaitu :
    1. Seorang guru wajib memiliki mengembangkan rasa ingin tahu anak kemampuan dalam emosi ocial dan etika pada anak
    2. Seorang guru haru memiliki rasa untuk membentuk motivasi untuk anak selalu ingin tahu dan selalu mau belajar
    3. Menghidupkan obor belajar pada anak
    4. Bermain pada anak merupakan proses belajar tentang apa yang anak ingn ketahui , meneyanagkan dan alami

    Namun ada kalanya anak tidak mood untuk mengikuti kegiatan ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya :

    1. Jika anak mogok adaa beberapa kemungkinan mengerjakan tugas yang ia sendiri belum mampu akan tugas tersebu
    2. Anak di paksa yang biasa ia belum mampu menegrjakan
    3. Anak mungkin berkelahi
    4. Anak sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan gurunya

    Solusi nya yang dapat di lakukan yaitu :
    1. Guru menggali mendalam memalui kunungan ke rumah untuk menggali informas dari orang tua
    2. Jika anak belum mau gabung berikan ia ruang tersendiri sesuai yang ia inginkan agar nyaman
    3. Berikan dan ajak anak untuk memuat kesepakatan kelas berikan pemahaman untuk saling mematuhi dengan kesepakan tersebut karena ini adalah proses belajar tentang kedisiplinan

    Demikian beberapa hal yang dapat saya petik dari video yang saya amati tadi , terima kasih, wassalam

  9. Nama : Inayatun Fitri
    NIM : 857599343
    UPBJJ : Purwokerto
    Judul : Anak mogok belajar
    Anak mogok atau tidak bersemangat dalam belajar itu ada beberapa bisa sedang tidak mood atau masih ingin liburan atau bisa juga takut karena berpisah dengan orang tua. Anak juga ada masa-masanya misal di usia berapa ia tidak mau belajar dan mau main sendiri di sini bisa diambil kesimpulan kalau ia mungkin sedang meluahkan atau mencurahkan energi dengan bermain ini bagus untuk perkembangan motorik. Namun, juga menjadi pr guru bagaimana menanganinya. Dari vidio diatas menambah pengetahuan saya sebagi mahasiswa dan mungkin nantinya bisa dipraktekkan di sekolah kami. Suatu solusi yang bagus apabila kita menyikapi segala sesuatu dengan bijak.
    sekian

  10. Nama : Nur’Aeni
    Nim : 857598739

    Menurut saya, saya belajar dari pengalaman saya mengajar disekolah adanya anak yang mogok sekolah atau tidak mau mengikuti kegiatan disekolah biasanya anak tersebut kurang adanya rangkulan dari orang2 terdekat seperti guru, sebagai guru Paud seorang guru harus bisa merangkul anak didiknya. disisi lain dengan banyak metode atau cara agar anak tidak bosan justru anak akan lebih menyenangkan dan dalam kegiatan.
    Dengan metode belajar sambil bermain, anak paud akan lebih menyenangkan dan anak-anak tidak merasa bosan dalam hal belajar.

Leave a Reply