silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : Purnama Sari
NIM : 857371701
UPBJJ : Bogor
Judul Video : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Setelah melihat video ini, saya memahami beberapa faktor atau penyebab mengapa anak mogok tidak mau belajar dan cara mengatasi permasalahan tersebut. Penting sebagai guru mencari alasan mengapa anak mogok tidak mau belajar. Apakah karena anak merasa takut karena tidak dapat mengerjakan tugas sedangkan anak lain mampu mengerjakan, anak merasa kesal setelah bertengkar dengan temannya dan masih merasa dendam atau bisa jadi anak merasa sakit hati karena perbuatan atau mungkin ucapan guru terhadap anak. Apapun alasan yang melatarbelakangi, kita sebagai guru perlu menggali alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi dan melakukan pendekatan yang sesuai terhadap anak.
Nama : Ernawati
Nim : 859149747
Anak mogok tidak mau belajar sering kali terjadi apalagi awal tahun ajaran baru banyak sekali anak-anak tidak ingin mengikuti kegiatan bahkan takut untuk ikut serta dalam berkegitan. Tentu sebagai pendidik harus bersemangat atau berkeinginan lebih besar untuk membujuk seorang anak yang mengalami mogok belajar sehingga anak tersebut akan merasa bahwa dirinya diinginkan.
Nama : Kurnia Lilasari
NIM : 856337627
UPBJJ : Pangkalpinang
Judul Video : Anak Mogok Tidak Mau Bealajar
Menurut saya video tersebut diatas sangat membantu guru dalam mengatasi anak tidak mau belajar, karena kasus ini seringkali terjadi di kelas saya.
Kesimpulan pada paparan video tersebut, yaitu menggali penyebab anak mengapa anak mogok belajar. dan juga di kelas anak diajak aktif dan memberikan pilihan tempat belajar.
yang terpenting adalah kita sebagai guru, harus selalu menerapkan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan anak.
Demikian,
Terima kasih
Nama : Kurnia Lilasari
NIM : 856337627
UPBJJ : Pangkalpinang
Judul Video : Anak Mogok Tidak Mau Bealajar
Menurut saya video tersebut diatas sangat membantu guru dalam mengatasi anak tidak mau belajar, karena kasus ini seringkali terjadi di kelas saya.
Kesimpulan pada paparan video tersebut, yaitu menggali penyebab anak mengapa anak mogok belajar. dan juga di kelas anak diajak aktif dan memberikan pilihan tempat belajar.
yang terpenting adalah kita sebagai guru, harus selalu menerapkan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan anak.
Demikian,
Terima kasih
Nama : Fitriana
NIM : 859539906
Dalam kasus anak tidak mau belajar / bermain dengan temannya, harus dicari penyebabnya, adakala anak merasa bosan di dalam kelas, ada teman yang menganggunya, atau mungkin mood dari rumah yang tidak baik. Karena solusi dari setiap permasalahan tergantung pada akar masalahnya. Dan pembelajaran pada anak usia dini adalah pembelajaran yang menyenangkan, yang dilakukan dengan bermain. Oleh karena itu, setiap awal pembelajaran seorang guru harus membuat suasana kelas menjadi ceria terlebih dahulu sebelum menyampaikan tema pembelajaran.
Dalam video tersebut terlihat guru yang sabar menangani anak yang tidak mau belajar dengan temannya. Dan mencari akar permasalahan melalui anak dan orang tuanya, sehingga guru mengerti akar permasalahan dan bagaimana mencari solusinya.
Nama : Vera Risti Dwi Priyani
NIM. : 857610116
UPBJJ : Purwokerto
VIDIO. :Anak mogok tidak mau sekolah
Menurut tanggapan saya tentang vidio di atas adalah,ada beberapa anak yang mogok di sekolah.Sebelum kita menentukan dan memutuskan tindakan apa yang harus diambil,terlebih dahulu kita cari tahu penyebab sang anak mogok.Apakaj dari masalah internal dgn sekolah atau eksternal dengan keluarga.Setelah kita tau permasalahan sang anak baru kita mengambil keputusan untuk membuat sang anak kembali bersemangat.
Demikian jawaban saya
Nama : Aprilinda
NIM : 877595096
UPBJJ : Palembang
Judul Video : Anak Mogok Tidak Mau Bealajar
Menurut saya video diatas diatas sangat membantu guru dalam mengatasi anak tidak mau belajar, karena ini seringkali terjadi di kelas yang asaya ajar.
Kesimpulan pada paparan video tersebut, yaitu menggali penyebab anak mengapa anak mogok belajar. dan juga di kelas anak diajak aktif dan memberikan pilihan tempat belajar.
yang terpenting adalah kita sebagai guru, harus selalu menerapkan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan anak.
Demikian,
Terima kasih
Nama:Mida Yuni rochati
Nim:857973073
Menurut pendapat saya vidio ini sangat membantu pada masalah di sekolah tentang anak mogok tidak mau belajar,solusinya pun bervariasi dan beragam sesuai kebutuhan masalah anak,memang mogok belajar pada anak di sebabkan beberapa faktor mungkin salah satu faktornya pembelajaran yang kurang menyenangkan ,kita sebagai pendidik harus bisa memotivasi anak didik dan memberikan kegiatan yang menyenangkan sesuai minat serta kegiatan yang bervariasi supaya anak dapat memilih kegiatan apa yang ia sukai dan memang kita sebagai pendidik harus cermat antara karakter anak yg satu Dengan anak yg lain karena itu pasti berbeda ,semangat guru TK ciptakan kreativitas tanpa batas .
Nama : Rosmayanti
Nim : 857253002
Assalamu’alaikum wr wb
Menurut pendapat saya mengenai video yang berjudul ” Anak mogok tidak mau belajar” Pada kejadian tersebut memang sering terjadi juga di sekolah tempat saya mengajar dimana anak tidak mau belajar bersama teman- teman nya dengan alasan anak tersebut marah kepada salah satu anak yang lain,terkadang ada anak yang minder karena teman-teman nya sudah pada pintar dan dia sendiri belum seperti mereka.Tugas guru dalam menghadapi anak yang mogok belajar yaitu salah satunya melalui pendekatan kepada anak tersebut. Guru merangkul, bertanya ataupun mengajaknya ngobrol mengenai permasalahan yang di hadapi anak tersebut lalu berikan dia kesempatan bercerita agar dia bisa mengeluarkan unek-unek nya kemudian tanya kembali kegiatan pembelajaran seperti apa yang dia inginkan. Mungkin itu saja pendapat saya mengenai video diatas mohon maaf bila ada kekurangan wassalam.
Terpaut video di atas, yang wajib dicoba seseorang pendidik merupakan:
1. Mengadakan Area Belajar yang Menyenangkan
Menghasilkan area belajar yang aman serta menarik hendak menolong kanak- kanak merasa bersemangat serta bergairah dalam belajar. Buatlah ruang belajar yang menarik dengan game, novel, serta bahan belajar tertentu.
2. Pakai Tata cara Pendidikan yang Interaktif
Anak TK cenderung belajar dengan metode yang berbeda. Hingga, cobalah cunakan tata cara pendidikan yang interaktif serta kreatif, semacam memakai foto, lagu, ataupun game buat menolong mereka menguasai konsep- konsep baru.
3. Perhatikan Style Belajar Anak
Tiap anak mempunyai style belajar yang berbeda. Silahkan perhatikan apakah anak lebih suka belajar lewat visual, auditori, ataupun kinestetik. Hingga, sesuaikanlah tata cara pengajaran dengan style belajar anak buat mengoptimalkan uraian serta atensi mereka dalam belajar.
4. Bagikan Motivasi
Silahkan bagikan motivasi kala anak sukses menanggulangi kesusahan belajar. Pujilah usaha serta prestasi mereka, sehingga mereka merasa termotivasi buat terus belajar serta tingkatkan keahlian mereka.
5. Kenali Keahlian Spesial Anak
Tiap anak mempunyai keahlian serta bakat spesial. Hingga, temukanlah apa yang mereka gemari serta apakah terdapat zona belajar tertentu di mana mereka hendak menampilkan atensi serta kecakapannya. Dorong si anak supaya meningkatkan keahlian tersebut dengan membagikan peluang yang lebih banyak.
6. Kedudukan Orang Tua
Kerja sama antara orang tua serta pengajar sangat berarti dalam menanggulangi kesusahan belajar anak. Bila Kamu seseorang pengajar, hingga silahkan berbicara secara tertib dengan orang tua buat menguasai tantangan yang dialami anak di rumah serta sekolah.
7. Bagikan Waktu serta Kesabaran
Tiap anak belajar dengan ritme mereka sendiri. Hingga, berikanlah waktu yang lumayan serta bersabarlah dalam menolong mereka melewati kesusahan belajar. Tunjukkan sokongan serta kepercayaan pada keahlian mereka buat berkembang serta tumbuh.
8. Konsistensi serta Rutinitas
Anak TK memerlukan konsistensi serta rutinitas dalam belajar. Hingga, buatlah agenda belajar yang tertib, dengan waktu yang didetetapkan buat aktivitas belajar serta rehat. Ini hendak menolong anak merasa lebih tertib serta siap dalam proses belajar.
9. Cari Dorongan Tambahan
Bila kesusahan belajar anak terus bersinambung, hingga pertimbangkan buat mencari dorongan bonus, semacam pengajar individu ataupun sokongan spesialis dalam pembelajaran anak.