silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Nafsiah
Nim : 859018249
Jurusan : PG PAUD UT DENPASAR
Setelah menonton video tersebut, sikap yang di ambil guru ketika anak asyik mengobrol selama PBM sudah tepat. pertama, dengan menghentikan proses pembelajaran sejenak, akan bisa menenangkan suasana kelas. kedua, memisahkan anak yang senang mengobrol dengan anak yang serius belajar, akan meminimalisir ajakan anak untuk mengobrol sendiri ketika PBM berlangsung. ketiga, dengan memposisikan anak yang mengobrol didekat guru, akan lebih mudah terkondisikan. keempat, melibatkan anak pada kegiatan cerita tersebut juga anak membuat anak lebih responsif terhadap apa yang disampaikan guru. kelima, dengan menekankan anak agar tidak mengulanginya lagi, akan membuat anak berpikir ulang bila akan melakukan hal yang sama. terakhir pemberian reward sangatlah penting untuk membangkitkan semangat anak memperbaiki kesalahan. selain hal-hal tersebut, saya juga ingin menambahkan, sebelum melaksanakan kegiatan cerita, guru hendaknya membuat kesepakatan/aturan main terlebih dahulu dengan anak, misal harus diam,tidak boleh berisik, tida boleh mengganggu temannya, tidak boleh mengobrol dengan temannya, dan lain-lain.
nama : luh Putu karmiasih
nim : 859037715
UT Denpasar
menurut saya tindakan guru dalam vide dalam mengatasi anak yg ” mengobrol saat kegiatan PBM” sangat tepat selain kita bisa menghentikan sementara PBM kita juga bisa menggunakan berbagai cara dalam mengalihkan perhatian anak misal dengan tepuk, atau dengan nyanyian yg dibuat sendiri oleh guru atau dengan semboyan “one little finger” “”ssstttt” cara ini sudah saya terapkan dan memang berhasil membuat anak memperhatikan guru lagi dan berhenti mengobrol
Nama : Surni
Nim : 856285909
Setelah menonton vidio diatas sikap yang diambil guru sudah tepat yakni dengan menghentikan proses pembelajan sejenak dan memindahkan anak yang suka gobrol.sebagai guru sebaiknya kreatif dalam memahami masalah tersebut yaitu. sebaiknya sebelum bercerita guru dan anak membuat kesepakatan aturan terlebih dahulu seharusnya guru menyampaikan cerita dengan suara nyaring agar anak fokus dalam mendengarkan cerita.
Nama : Ernawati
Nim : 859149747
Anak yang mengbrol dikelas saat proses belajar mengajar merupakan hal yang sering terjadi apalagi ketika materi atau PBM yang tidak menarik minat anak. Tentu akan semakin membuat anak tidka terkontrol.
Sehingga hal yang harus kita sebagai guru lakukan ialah :
1. Menyiapkan materi sesuai tema dengan media yang membuat anak tertarik
2. Selalu melibatkan anak disetiap PBM sehingga anak merasa dihargai keberadaanya
Terima kasih
Nama : Ni Luh Sri Astuti.
Nim : 859037564.
judul video : ” Anak mengobrol ketika PBM”
Dari video di atas ada beberapa cara yg dapat kita terapkan ketika mengajar lalu anak-anak ada yang mengobrol. Yang dapat kita lakukan pertama adalah mengubah strategi pembelajarannya, seperti menyiapkan tema pembelajaran yang menarik supaya anak tertarik untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang kedua, memisahkan anak yang mengobrol ke dekat guru , sebelum melakukan proses pembelajaran kita perlu melakukan ice breaking supaya anak enjoy mengikuti pembelajaran dan tidak bosan dan yang terakhir, pada akhir pembelajaran guru dapat memberikan reward untuk meningkatkan usaha dan semangat anak pada pembelajaran” next time.
Nama : Endang Delpiwati
Nim : 856491089
Assalamualaikum wr.wb izin menanggapi vidio di atas terkait “Anak ngobrol di kelas”
di dalam vidio tersebut terlihat anak asyik ngobrol ketika bu guru nya membacakan buku cerita hal tersebut sering terjadi di dalam kelas karena saya juga pernah mengalami hal tersebut.hal tersebut terjadi mungkin anak-anak tidak tertarik dengan cerita yang kita bacakan,nah di sini saya melihat ada beberapa srategi yang di lakukan guru tersebut untuk membuat suasana menjadi tenang dan obrolan anak-anak tersebut berhenti,yaitu
1.dengan memberhentikan pembelajaran sejenak,agar anak bisa tenang
2.memindahkan atau memisahkan anak yang suka mengobrol
3.pindahakan anak yang suka ngobrol duduk dekat gurunya
4.memberikan permainan
5.melibatkan anak dalam pembelajaran
6.memberikan reward kepada anak yang telah memperbaiki keslahannya
nah selain beberapa strategi di atas kita juga bisa melakukan kesepakatan kelas sebelum melakukan pembelajaran
agar kegiatan proses mengajar berjalan dengan baik dan capaian pembelajaran lebih efektif.
Terimaksih 🙏
Nama : Agustiyani
NIM : 857991208
UPBJJ : Yogyakarta
POKJAR: Payaman
Judul : Anak ngobrol di kelas saat PBM
Kejadian ini tentu seringkali terjadi di dalam kelas dan tentunya ini dapat menggangu konsentrasi anak yang lain. Dari video ini kita dapat melakukan beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk menangani anak yang suka ngobrol di dalam kelas seperti guru meminta anak untuk bercerita di depan, guru membuat kesepakatan bersama anak-anak yang mana jika guru sedang menjelaskan atau memberikan arahan jika ada anak yang ngobrol di minta untuk bernyanyi atau menari di depan teman-teman atau guru dapat memberi reward kepada anak yang fokus memperhatikan. Selain itu guru dapat mengajak anak untuk bermain games terlebih dahulu sebelum kegiatan pembelajaran inti. Guru juga dapat merubah strategi pembelajaran seperti dalam video ini guru membacakan cerita kepada anak tetapi anak tidak tertarik guru dapat mengantinya dengan mengajak anak untuk melihat video animasi atau film.
Video pembelajaran ini sangat bermanfaat untuk saya sebagai guru dalam menghadapi anak yang suka ngobrol di dalam kelas dan dari arahan dalam video tersebut dapat di terapkan di kelas.
Nama: Siti Zumaroh
NIM : 877313711
Tanggapan video : Ketika anak ngobrol dikelas saat pembelajaran, di dalam video bisa dilihat ada beberapa anak didik yang tidak tertarik untuk mendengarkan cerita salah satunya mengobrol dengan temannya. Saya setuju ketika proses belajar mengajarnya (bercerita) berhenti sejenak, kemudian bu guru memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru dan ikut berperan aktif dalam PBM, dengan begitu pembelajaran lebih kondusif.
Saran : sebelum PBM kita bisa membuat kesepakatan dan tata tertib dalam PBM agar bisa kondusif. Ketika bu guru bercerita menggunakan buku cerita, kita juga bisa sambil bermain peran jadi anak yang mengobrol bisa diberi tugas untuk bermain peran sesuai cerita. Karena mengingat tingkat konsentrasi anak usia 6 th (12 sampai 18 menit) maka perlu juga game disela-sela bercerita agar anak bisa refres dan bisa mendengarkan cerita lagi.
Npm : 878254223
Ut medan jurusan pg paud
Anak mengbrol dikelas saat belajar sering terjadi apalagi ketika materi tidak menarik minat anak. Tentu akan semakin membuat anak tidak terkontrol.
Hal yang harus kita sebagai guru lakukan ialah :
Nama : Ainun Padhila
1. Siapkan materi yang matang sesuai tema dengan media yang membuat anak tertarik
2. Selalu melibatkan anak disetiap belajar sehingga anak merasa dihargai keberadaanya
3. Buat kesepakatan sebelum belajar
Nama Raharningsih
Nim 857581853
UPBJ PURWOKERTO
judule video Anak Ngobrol di Kelas Saat PKBM
Anak mengobrol saat proses belajar mengajar kerap terjadi di kelas
Setelah melihat video tersebut saya banyak mendapat masukan
Salah satunya
-mengadakan varian permainan biar anak tidak bosan
-pisahkn anak yg mengobrol
-memposisikan anak di dekat guru biar lebih fokus
-dan melibatkan anak dalam pembelajaran yang d terpakn serta memberikan reward
Dengan penerapan seperti hala d atas kemungkinan besar anak mulai bisa di kondisikan dengan baik
Dan Alhmdulillah saya perlahan-lahan menerapkannya dan anak mulai bisa di kendalikan meskipun masih ada beberapa anak yg belum sepenuhnya memahami arahan guru🙏