silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama: Kartika Triannisa
Nim: 856656924
Situasi ini sangat relevan dengan apa yang banyak di alami oleh guru PAUD, situasi di mana anak-anak mengobrol di kelas saat proses belajar mengajar berlangsung. Dalam konteks ini, saya melihat bahwa guru tidak langsung menghentikan percakapan anak, tetapi justru memanfaatkannya sebagai bagian dari pembelajaran.
Guru memberikan ruang bagi anak untuk berbicara dan mengekspresikan pendapat mereka, lalu mengarahkan obrolan tersebut ke dalam kegiatan yang lebih terstruktur. Ini menunjukkan penerapan asesmen otentik, di mana guru tidak hanya menilai hasil akhir, tetapi juga memperhatikan proses interaksi, kemampuan komunikasi, dan keterlibatan anak selama pembelajaran berlangsung.
Nama: Kartika Triannisa
Nim: 85665624
Situasi ini sangat relevan dengan apa yang banyak di alami oleh guru PAUD, situasi di mana anak-anak mengobrol di kelas saat proses belajar mengajar berlangsung. Dalam konteks ini, saya melihat bahwa guru tidak langsung menghentikan percakapan anak, tetapi justru memanfaatkannya sebagai bagian dari pembelajaran.
Guru memberikan ruang bagi anak untuk berbicara dan mengekspresikan pendapat mereka, lalu mengarahkan obrolan tersebut ke dalam kegiatan yang lebih terstruktur. Ini menunjukkan penerapan asesmen otentik, di mana guru tidak hanya menilai hasil akhir, tetapi juga memperhatikan proses interaksi, kemampuan komunikasi, dan keterlibatan anak selama pembelajaran berlangsung.
NAMA : Khairunnisa
NIM : 858323591
video ini sangat bermanfaat karena anak-anak hampir setiap hari selalu mengobrol dalam kelas. Dengan strategi-strategi ini anak-anak akan semakin semangat dalam belajar
Nama : ALFIA IKA LISTIANA
NIM : 860011034
jadi video ini membahas tentang anak-anak usia dini yang suka ngobrol saat belajar. Ini sering jadi masalah buat guru. Beberapa cara yang bisa dicoba guru adalah bikin kegiatan belajar yang seru dengan permainan tepuk tangan, memindahkan anak yang suka ngobrol jadi lebih dekat ke guru, dan memberikan hadiah di akhir pelajaran sebagai reward anak-anak untuk termotivasi untuk lebih baik.
Sebagai seorang guru saya sangat berterimakasih atas video ini. Karena dengan video ini saya jadi mengetahui tips and trick mengatasi masalah anak ngobrol di dalam kelas . Sangat bermanfaat sekali.
Nama : Ayu Mega Rezawati
NIM : 860186565
UPBJJ : Bandung
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Izin menanggapi video diatas.
Anak PAUD yang mengobrol di kelas saat proses pembelajaran berlangsung (PBM) merupakan hal yang sering terjadi karena pada usia dini anak masih dalam tahap perkembangan kemampuan komunikasi dan sosial. Mengobrol ini bisa menjadi bagian dari proses belajar anak dalam berinteraksi dan mengekspresikan diri, tetapi juga perlu diarahkan agar tidak mengganggu pembelajaran.
Saran: Dalam Video tersebut terdapat kurangnya pengelolaan komunikasi oleh guru saat pembelajaran berlangsung bisa membuat anak lebih bebas mengobrol tanpa fokus pada materi.
Masukan : Dengan sering memberikan kesempatan kepada anak untuk berkomunikasi secara terstruktur dalam kegiatan kelas, anak dapat belajar kapan saatnya berbicara dan kapan harus fokus mendengarkan.
Sekian, terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Menanggapi tentang Anak yang Mengobrol di Kelas saat Pembelajaran
Anak yang mengobrol di kelas saat pembelajaran dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:
1. Kurangnya minat terhadap materi: Anak mungkin merasa bahwa materi yang diajarkan tidak menarik atau tidak relevan dengan kehidupan mereka.
2. Kebutuhan sosial: Anak mungkin merasa perlu untuk berinteraksi dengan teman-temannya dan mengobrol sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan sosial mereka.
3. Kurangnya fokus: Anak mungkin memiliki kesulitan untuk fokus pada materi yang diajarkan karena adanya gangguan atau distraksi di kelas.
Strategi untuk Mengatasi Anak yang Mengobrol di Kelas
Berikut beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi anak yang mengobrol di kelas:
Nama: Aulia Agistianik Dianika
Nim. : 877703848
Video tersebut memberikan pemaparan situasi saat anak mengobrol dengan teman temannya walaupun guru sedang berbicara dan menerangkan materi. Beberapa cara yang dapat guru lakukan untuk meminimalisir anak mengobrol saat PBM adalah mengubah strategi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan. Anak anak mungkin merasa bosan dan lebih tertarik berbicara dengan temannya yang lebih menyenangkan daripada mendengar penjelasan guru yang membuatnya mengantuk. Strategi ini dimaksudkan agar guru mendekati masing-masing siswa dan melakukan tanya jawab agar suasana belajar menjadi lebih hidup. Lalu ajak anak yang mengobrol dengan temannya untuk maju di depan dan duduk di samping guru serta pisahkan dari anak yang fokus memperhatikan penjelasan guru. Hal ini dilakukan supaya anak yang memperhatikan penjelasan guru konsentrasinya tidak terganggu karena suara berisik dari teman temannya. Cara lainnya dengan mengajak anak ikut bercerita dalam pembentukan. Cara ini dilakukan agar anak menjadi lebih paham tentang materi yang disampaikan guru dan menangkap maksud dari setiap penjelasan. Untuk anak anak yang mengobrol tadi berikan pengertian untuk tidak mengulangi kesalahannya lagi. Dan terakhir berikan reward untuk anak yang dapat mematuhi perkataan dari guru dan tidak mengobrol di kelas.
Nama: Hesty Rizki
NIM: 856343494
Mengatasi anak yang mengobrol di kelas dapat menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, buat aturan yang jelas, gunakan peringatan non-verbal, dan berikan apresiasi kepada siswa yang tertib.
Nama : Sinta Apila Barir
Nim : 858332401
video ini sangat menarik dan dapat menambah wawasan saya tentang mengatasi masalah anak yang ngrobrol saat kegiatan belajar. tips ini dapat saya praktekkan di sekolah tempat saya mengajar.
Nama : Nila Rahmawati M. Saleh
Nim : 856106692
Upbjj : Batam
Dari paparan Video di atas maka ketika guru melihat anak muridnya mengobrol di kelas saat pembelajaran, tanggapan guru sebaiknya tidak langsung memarahi, tetapi tetap tegas, bijak, dan edukati agar anak belajar memahami situasi belajar dengan cara positif.