silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

1,642 Comments

  1. Judul video: Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
    Dalam video tersebut dapat terlihat jelas masalah apa yang dialami guru tersebut. Oleh karena itu setelah kita melihat video tersebut kita dapat menyimpulkan kekurangan pada video tersebut dan kita dapat belajar dari kekurangan tersebut bagaimana langkah yang tepat untuk membantu anak yang sulit berimajinasi. Dengan demikian hal-hal tersebut dapat menambah kompetensi yang dimiliki guru untuk menuju guru yang kaya. Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan guru untuk membantu anak yang sulit berimajinasi:
    – Membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai imajinasinya dan minat anak.
    – Guru dapat memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang dilihat dihalaman sekolah.
    – Mintalah anak untuk bercerita apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkannya.
    – Setelah itu guru dapat melakukan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuat oleh mereka.

  2. Nama : Fatiya Madining Tyastuti
    Nim : 857780569
    Judul Video: Anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Setelah saya menyaksikan video tersebut menurut pendapat saya metode pembelajaran yang digunakan dalam mengatasi anak sulit berimajinasi saat menggambar sangatlah bagus. Anak diminta untuk mengambarkan imajinasinya dengan cara mengamati langsung apa yang dilihatnya selain itu guru juga memberikan pancingan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang memancing imajinasi anak muncul

Leave a Reply