silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Hummidya Desmin
NIM : 857367464
Menghadapi anak yang mengalami kesulitan berimajinasi dalam menggambar memerlukan pendekatan kreatif. Pada video, guru mengajak anak mencari inspirasi menggambar dengan memberikan contoh visual atau referensi melalui kegiatan berkeliling sekolah. Selain itu anak juga diajak menceritakan kembali apa saja yang ia lihat saat berkeliling sekolah. Selain kegiatan tersebut, guru juga bisa membantu mengembangkan imajinasi anak dengan mengajak anak untuk bermain peran atau melakukan permainan imajinasi, menyediakan berbagai media, seperti cat air, krayon dan memberi kebebasan penuh kepada anak untuk menggunakan warna dan bentuk sesuka mereka.
Nama Mahasiswa : Meli Astuti
NIM : 859167974
judul video : Anak sulit berimajinasi saat menggambar
hasil pengamatan saya dari video ylihat dari yang ditayangkan diatas, anak anak yang sulit berimajinasi / menuangkan ide-ide kreatifnya baik melalui bercerita atau menggambar dapat dilihat pada saat guru memberikan kebebasan menggambar bebas pada anak. Beberapa anak, ada yang menggambar sesuai dengan gambar yang dilihat sebelumnya dan juga ada pula anak yang meniru gambar temannya. Hal tersebut menjadikan anak kurang kreatif dikarenakan anak hanya melihat sesuatu dari satu sisi saja misalnya hanya melihat dari hasil gambar yang dibuat oleh guru ataupun temannya.
Beberapa hal yang menjadi strategi yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan imajinasi anak melalui menggambar atau bercerita salah satunya yaitu:
– membebaskan anak menggambar bebas
– guru dapat memfasilitasi anak untuk dapat berimajinasi misalnya dengan cara guru mengajak anak melihat halaman sekolah atau berkeliling dilingkungan sekitar kelas agar anak dapat melihat apa saja yang ada di lingkungan sekolahnya
– guru meminta anak agar bercerita dan menggambar tentang apa yang dia lihat di sekitar sekolah
– guru melakukan tanya jawab dengan anak mengenai apa yang dilihat atau digambar
beberapa strategi tersebut memudahkan anak menjadi lebih kreatif dan beimajinasi dalam membuat gambar ataupun bercerita. ketika anak bereksplorasi menjelaji lingkungan disekitarnya, anak dapat menemukan ide-ide kreatif dari apa yang dilihatnya, dan aspek perkembangan anak menjadi lebih meningkat dari sebelumnya.
sekian jawaban saya, terimakasih
video di atas memberikan pemahaman yang penting tentang tentang pentingnya imajinasi dalam proses belajar anak. video ini memberikan beberapa strategi yang dapat digunakan untuk membantu anak mengembangkan kemampuan berimajinasi
Assalamualaikum wr.wb.
Menurut saya video pembelajaran ini sangat bermanfaat, sebab saat guru mendapati anak didik sulit berimajinasi, guru menerapkan beberapa Strategi yaitu anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Sekian tanggapan dari saya, terima kasih.
Nama:Suwarsini
Nim :857772174
Dalam tayangan video tersebut sudah bagus namun menurut saya urutan-urutan dalam pembelajarannya saja yang kurang pas. Alangkah baiknya langkah awal pembelajaran tidak memberikan contoh gambar pada papan tulis atau buku gambar. Sifat naluriah anak yang memiliki sifat meniru menganggap itu adalah suatu tiruan meskipun dalam video tersebut dijabarkan kalau anak bebas menggambar apapun sesuai dengan imajinasinya.
Menurut saya langkah awal pembelajaran yang tepat adalah mengajak anak untuk keluar kelas supaya anak bereksplorasi dengan imajinasinya pada lingkungan. Lalu menyediakan peralatan yang menarik, serta mengapresiasi hasil karya anak
Nama : Ernawati
NIM : 859419299
Prodi : PGPAUD
Judul Video : Anak sulit berimajinasi dalam menggambar
Menurut kami dalam video tersebut kita bisa liat anak-anak mungkin mengalami kesulitan berimajinasi dalam menggambar karena kurangnya inspirasi, pengalaman, atau teknik, disini penting untuk memahami penyebab spesifik dari kesulitan ini. Kami sangat setuju apa yang guru lakukan dalam video tersebut karena mengajak anak-anak untuk keluar dihalaman sekolah melihat apa-apa saja objek atau benda yang anak-anak lihat untuk bisa di gambar selain itu aktivitas yang dapat merangsang imajinasi anak dengan menggambar dari cerita yang mereka dengar, menggunakan permainan peran untuk menciptakan skenario yang bisa digambar, serta ajarkan anak teknik dasar dalam menggambar, seperti menggambar bentuk sederhana (lingkaran,segitiga) yang bisa dikembangkan menjadi objek yang lebih kompleks, terkahir memberikan pujian dan dorongan kepada anak saat anak menggambar, fokus pada prose kreatif mereka bukan hanya hasil akhir.
Nama: Ni Putu Riska Oktaviani
Nim. :859017111
Judul : Anak sulit berimajinasi saat menggambar Menurut saya judul dari video yang saya lihat tadi yang berjudul anak sulit berimajinasi saat menggambar. Dari awal saya melihat video yang pertama guru hanya mencontohkan satu gambar saja seperti gambar pegunungan. Ibu guru mencontoh di depan kelas dia menggambar sebuah pemandangan pegunungan yang menurut saya anak-anak pikir dia harus menggambar seperti apa yang ibu guru bikin. Padahal ibu guru sendiri menyuruh anak-anak berimajinasi sesuai dengan pikiran mereka. Dan di dalam kelas tersebut saya juga melihat masih ada anak-anak beberapa yang kurang fokus dalam mendengarkan apa yang ibu guru Jelaskan di depan di sana saya juga melihat ada anak-anak yang masih minum susu ketika pembelajaran dimulai. Setelah ibu guru selesai memberikan contoh tersebut anak-anak dalam kelas membuat gambaran yang ibu guru kira mereka akan berimajinasi sesuai apa yang ada dalam pikirannya tetapi mereka membuat gambaran yang sama persis seperti yang bu guru bikin di papan dan saya lihat di sana ada tiga orang anak yang membuat gambaran yang sama. Saya kira video itu akan berhenti di situ ternyata ada video kedua yang menunjukkan ibu guru memberikan ide Bagaimana anak tersebut bisa berimajinasi dengan membawa mereka untuk keluar kelas melihat apa saja yang ada di sekeliling sekolah. Ide yang diberikan oleh ibu guru dengan mengajak anaknya anak didiknya untuk keluar kelas memperhatikan objek apa saja yang ada di luar kelas supaya mereka bisa berimajinasi saat menggambar tersebut sangat bagus menurut saya Karena itu bisa saya praktekkan nanti di sekolah saya agar anak-anak bisa mengeluarkan imajinasi mereka dengan benda atau sesuatu yang ada di sekeliling mereka. Setelah mereka selesai untuk mengamati apa yang ada di luar kelas mereka diajak kembali untuk masuk ke dalam dan menggambar lagi apa yang ada di luar kelas dan ada satu anak yang dipanggil oleh bu guru ternyata dia memperhatikan apa saja yang ada di luar kelas tadi dia melihat ada pohon kelapa sawit dan juga pos satpam nah di sana pada akhirnya Ibu guru menyuruh mereka untuk menggambar lagi apa yang ada di luar kelas. Saya Sempat berpikir Saya kira itu akan pada saat menggambar dia akan berimajinasi seperti yang video pertama ternyata tidak mereka mempunyai imajinasi setelah diajak keluar kelas ada yang membuat mobil karena mereka melihat mobil tadinya ada yang buat ke Kelapa Sawit dan juga ada yang membuat gambar pos satpam dan lain sebagainya yang ada di luar kelas mereka. Ide kreatif yang diberikan oleh ibu guru ini sangat bagus sekali tetapi masih ada kurangnya semangat anak-anak untuk mengikuti pembelajaran tersebut seharusnya ibu guru menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif lagi supaya anak-anak bisa bersemangat lagi dalam melakukan pembelajaran.
Izin menanggapi video tersebut
Nama: Wasilatus sangadah
NIM: 857950732
Dari video tersebut, yang dilakukan oleh guru sudah benar yaitu memberi kebebasan kepada anak untuk memilih tema atau objek yang digambar tidak membatasi imajinasi anak. Berikut beberapa cara lain yang menyenangkan untuk mendorong imajinasi anak TK pada saat kegiatan menggambar yang dapat dilakukan oleh guru yaitu :
1. Beri kebebasan kepada anak yaitu anak bebas memilih tema atau ojbek yang ingin di gambar
2. Alat yang beragam yaitu guru menyediakan beragam alat yang bisa memicu kretivitas anak contohnya cat air, krayon, atau spidol
3. Membacakan cerita yaitu anak diajak untuk menggambarkan karakter atau setting dari cerita yang disampaikan oleh guru
4. Diskusi yaitu guru menanyakan kepada anak tentang apa yang mereka gambar dan apa alasannya
5. Pengalaman sensori yaitu anak diajak untuk menjelajahi alam seperti ke taman atau Pantai dan minta mereka untuk menggambar apa yang mereka lihat
6. Contoh gambar yaitu guru menunjukkan gambar dari seniman atau karya anak lain yang menarik
7. Memberikan tantangan yaitu tantang anak-anak untuk menggambar sesuatu yang tidak biasa misalnya makhluk luar angkasa
8. Kreativitas berbasis permainan yaitu Dimana satu orang menggambar sesuatu dan yang lain melanjutkan.
Nama:Novali
Nim:856649026
Izin menjawab
Dengan melihat video di atas tadi saya setuju sekali karena dengan mengajak anak-anak melihat lingkungan secara langsung maka akan muncullah ide-ide dan gagasan untuk berimajinasi. Sehingga ketika anak melihat apa-apa yang ada di sekitarnya maka secara langsung imajinasinya akan muncul dan dia akan menuangkan ide-idenya secara langsung.
Nama:Novalia
Nim:856649026
Izin menjawab
Dengan melihat video di atas tadi saya setuju sekali karena dengan mengajak anak-anak melihat lingkungan secara langsung maka akan muncullah ide-ide dan gagasan untuk berimajinasi. Sehingga ketika anak melihat apa-apa yang ada di sekitarnya maka secara langsung imajinasinya akan muncul dan dia akan menuangkan ide-idenya secara langsung.