silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Assalamu’alaikum
Bismillah
NAMA:Luklu’u khairunnisa
NIM:859172801
UPBJJ:Lombok Timur
Saya izin untuk mengomentari vidio yang sudah saya tonton
Dari Video yang sudah saya tonton, banyak sekali informasi yang bisa saya dapatkan mengenai cara bagaimana kita bisa mengembangkan imajinasi anak-anak dalam menggambar.Cara yang dpt kita gunakan adalah dengan cara anak-anak diberikan bayangan atau gambaran suatu bentuk atau gambaran yang nyata maka anak-anak akan lebih mudah untuk membuat gambar sesuai dengan keinginannya, setelah anak² menggambar gambaran tersebut anak-anak tidak akan merasa kebingungan lagi untuk menggambar apa yang mereka inginkan.
Nama : Idzni Alwani Amalina
NIM : 857529694
Tanggapan saya mengenai video tersebut
Video tersebut bagus untuk menambah wawasan saya sebagai seorang guru PAUD, di dalam video itu guru mengajak anaknya untuk bereksplorasi apa saja yang dapat dilihat dan di gambar nantinya hal itu dapat menarik dan memberi ide kepada anak dalam menggambar
Langkah pendekatan guru kepada muridnya pun dapat berhasil membuat anak-anak memperhatikan guru tersebut.
Nama : Maro’ah
Nim : 857779937
Assalamu’alaikum ,salam sejahtera bagi kita semua,,menanggapi vidio diatas, menurut saya Video ini sangat relevan dalam dunia PAUD, yaitu saat anak terlihat ‘susah berimajinasi’. Seringkali, kita menganggap imajinasi muncul begitu saja. Padahal, kemampuan berimajinasi perlu dirangsang dan dikembangkan lewat pengalaman, lingkungan yang kaya stimulasi, serta kesempatan untuk berekspresi bebas.
Saat anak terlihat pasif atau kurang ide, bisa jadi bukan karena mereka tidak punya imajinasi, tetapi karena belum mendapatkan cukup rangsangan atau merasa tidak aman untuk mengekspresikannya. Guru dan orang tua berperan besar untuk menciptakan suasana yang menghargai ide sekecil apapun.
Mari kita bangun ruang yang bebas nilai, penuh empati, dan kaya pengalaman bermain, agar imajinasi anak-anak kita tumbuh dengan sehat dan menyenangkan.”
Assalamualaikum Wr. Wb
Perkenalkan nama saya Mailysa
Nim 856279761
Baikklah pada vidio “anak sulit berimajinasi saat menggambar”
Penelaah Materi adalah Ibu Siti Aisyah.
Setelah saya menonton vidio pembelajaran ini saya mendapakan manfaat sebagai guru TK maupun pendidk yang menjelaskan bagai mana cara mengatasi anak yang sulit untuk berimajinasi saat melakukan kegiatan menggambar untuk dapat meningkatkan dan menggali kreativitas minat anak.
Kesatu: Guru memebrikan kebebasan kepada anak untuk bekarya yang mana memungkinkan anak untuk menggambar sesuai keinginan nya sendiri. Nmaun ada beberapa anak yang belum siap untuk mengekplorasi bebas tanpa ada panduan dari awal.
Kedua: Guru mengajak anak-anak untuk kehalaman sekolah untuk dapat melhat pemandangan dan mengenal apa saja yang ada di lingkungan sekolah dengan secara nyata. Karena pembelajarn seperti ini sangat berguna bagi anak, karena mereka dapat meihat secara nyata. Namun, tidak semua anak sama dalam pengamatan dan terkadanga ada beberapa nak yang tidak tahu bagai mana cara mengghubungkan yang telah di lihat dengan gambar apa yang akan mereka buat.
Kesimpulan: Untuk strategi guru pada vidio ini sangat mendukung sekali, tetapi ada beberapa komentar saya yaitu: Untuk Tk itu harus memiliki banyak media tidak hanya keluar tetapi juga dnegan bercerita dan memperlihatkan gambar nya. Untuk media-media Di Tk itu menarik dan unik sehingga naak-anak dapat memilih gamar sepeti apa yang akan mereka lakukan dengan berimajinasi yang konkret.
Nama : RAFNI p Liamin
NIM:859701361
Assalamualaikum dengan melihat video GPO seorang guru TK yang bernama ibu Lina cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar strategi yang diterapkan guru tersebut antara lain memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak dan guru mengajak anak keluar kelas kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di halaman sekolah atau dilapangan dan masih banyak lagi cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi seperti guru memberikan pujian dan dorongan positif,guru mengajar anak untuk bercerita tentang gambarnya
Guru memperkenalkan berbagai media menggambar yang berbeda seperti crayon,serta guru membutuhkan kesabaran pemahaman dan pendekatan yang tepat dengan stimulasi yang tepat dan lingkungan yang mendukung setiap anak dapat mengembangkan potensi kreativitasnya secara optimal
Nama : Khairunnisa Anggraeni
NIM : 877795832
Assalammualaikum Warahmatullohi Wabarokatuh
Izin menanggapi video dengan judul “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”. Menurut saya video yang ditayangkan sangatlah bagus untuk menambah literasi terkait mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada kegiatan menggambar. Kasus yang ditampilkan pada video memang seringkali kita dapatkan pada PAUD, dimana anak-anak masih sulit untuk menggambar yang berbeda dari guru dan temannya. Oleh karena itu sebagai guru harus memberikan beberapa stimulus agar imajinasi anak dapat muncul. Strategi yang diterapkan guru sangatlah baik. Guru juga menggunakan multimode dalam pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-5 tahun diantaranya: metode bercakap-cakap, metode bercerita, metode tanya jawab, dan metode pemberian tugas. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Assalamu’alaikum wr.wb.
Nama : Umi Kulsum
NIM : 857728038
Menanggapi video diatas terkait cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi sangat bermanfaat sekali bagi kami yang sering menjumpai kejadian tersebut.
Sangat setuju sekali, Kemampuan berimajinasi sangat penting untuk dapat distimulasi sejak usia dini dan ini sekaligus tugas seorang pendidik untuk dapat memfasilitasinya.
Banyak sekali cara maupun metode yang dapat kita lakukan untuk menstimulasi imajinasi dan kreativitas anak. Diantaranya dengan menciptakan lingkungan belajar yang kreatif, bervariasi dan menyenangkan. Anak bebas berkreasi dan kreatif berimajinasi.
Terlepas dari lingkungan yang telah mendukung. Lebih pentingnya lagi adalah kerjasama antara pendidik dan orang tua untuk senantiasa menciptakan kebahagiaan bersama anak, selalu memberikan motivasi dan apresiasi terhadap hal-hal dari yang kecil sekalipun.
NAMA : SAUDAH
NIM : 855884803
Assalam mualaikum wr..wb..izin untuk menjawab vedio diatas tentang Anak sulit berimajinasi saat bergambar ,yang mana guru telah memberikan kebebasan kepada anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas, program ini untuk membantu anak -anak yang berkesulitan berimajinasi saat bergambar.ini bertujuan untuk merangsang kreativitas dan imajinasi anak.dan guru mengajak anak -anak keluar kelas untuk mendapatkan pengalaman langsung.ini bisa berupa observasi di lingkungan sekitar.setelah mendapatkan pengalaman anak di minta untuk menceritakan apa yang mereka lihat dan kemudian menggambarkannya.
Program ini berfokus pada pendekatan yang melibatkan minat anak,pengalaman langsung,dan ekspresi kreatif untuk mengatasi berimajinasi dalam menggambar.
Halo terimakasih untuk Videonya..saya sangat setuju ketika guru mendapati anak yang sulit untuk berimajinasi dalam menggambar diberikan keluasan kepada anak untuk menggambar bebas sesuai dengan apa yang di lihat oleh anak dan anak akan mengembangkannya melalui gambar bebas tadi. selain itu, saya melihat guru memberikan waktu kepada anak untuk melihat langsung ke halaman sekolah untuk melihat pemandangan atau apa yang dilihat di lingkungan sekolah. anak sangat antusias dan saya melihat bahwa guru memiliki solusi yang baik kepada anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar sehingga solusi yang diberikan oleh guru yaitu memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar bebas dengan apa yang dilihat kemudian menceritakan apa yang dikerjakan anak di lembar kegiatannya. saya kira ini sangat menolong anak untuk berimajinasi dengan baik dan mampu mengembangkan kreatifnya dalam menggambar.
Assalamualaikum Wr Wb
NAMA : Sherly Agusta
NIM : 856279288
ASAL UPBJJ : UT 14 – Padang
Komentar Video dan Refleksi Pembelajaran :
Setelah menonton video tersebut saya menangkap satu hal utama yang sangat kuat dari kegiatan tersebut dimana melalui video yang disampaikan ternyata pentingnya membangun rasa aman dan percaya diri dalam proses pembelajaran. Guru dalam video tersebut tidak hanya menyampaikan materi akan tetapi juga membangun hubungan emosional dengan anak didik. Pendekatan yang digunakan membuat siswa :
a. Merasa nyaman mengajukan pertanyaan
B. Merasa nyaman saat menjawab
c. Bahkan anak didik tidak takut membuat kesalahan tanpa takut dihakimi
Hal ini secara tidak langsung mendorong anak didik untuk lebih aktif dan percaya diri