silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Assalamualaikum jusniah 859433211 upbjj makassar berdasarkan dari video yang saya lihat saya dapat mengamati guru tersebut sudah membawa anak anak murid untuk mengamati secara langsung untuk obyek yang ada di luar sekolah dan setelah mengamati anak anak tersebut dipanggil naik satu satu untuk menyebutkan apa saja yang mereka lihat pada halaman sekolah tersebut dan anak anak tersebut mampu untuk menjawabnya namun ada beberapa anak yang masih sulit untuk menyebutkan apa yang mereka lihat atau apa yang mereka amati di halaman sekolah.
NAMA : fITRI MEIYANA
NIM : 877625934
PGPAUD UPBJJ BANDARLAMPUNG
Menurut saya video tersebut menggambarkan upaya guru dalam mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. pada video tersebut ada berbagai strategi yang diterpakan oleh guru tersebut yaitu : Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang mereka liahat dan temukan diluar kelas.
strategi yang diterapkan pada video tersebut mendukung pengembangan kreativitas dan menambah pengalaman anak untuk mengembangkan imajinasi anak.
Demikianlah refleksi dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan, terimakasih.
Nama : LIA DEWI SUSILOWATI
NIM : 877316724
Dari video di atas, saya dapat memahami tentang imajinasi anak tercipta dari apa yang dia dengan dan lihat. Sebagai pendidik perlu menumbuhkan rasa percaya diri pada anak untuk dapat menuangkan ide dan imajinasinya meski masih abstrak dan tidak dapat dipahami oleh orang dewasa. Dari video di atas memberikan saya banyak informasi dan bantuan untuk dapat menumbuhkan imajinasi anak pada satuan KB yang saya naungi.
nama :EVA DASMAYANTI
NIM:856261648
UPBJJ:PADANG
PRODI:PGPAUD
Judul video : Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar.
DARI vidio diatas dapat saya simpulkan bahwa masih banyak anak kesulitan saat menggambar. Sebagai guru tentu nya memberikan peluang kepada anak untuk berimajinasi sesuai dengan minat anak, namun guru juga mempunyai cara agar anak bisa berimajinasi dengan hal yang menyenangkan yaitu mengajak anak ke halaman sekolah agar anak dapat berimajinasi sesuai apa yang dilihatnya.
Sebagai guru tentu nya memberikan peluang kepada anak untuk berimajinasi sesuai dengan minat anak, namun guru juga mempunyai cara agar anak bisa berimajinasi dengan hal yang menyenangkan yaitu mengajak anak ke halaman sekolah agar anak dapat berimajinasi sesuai apa yang dilihatnya.
selamat siang,
ijin memberikan refleksi mengenai : ‘anak sulit berimajinasi saat menggambar’
Nama:Imee Liestiawan
NIM:858753754
UPBJJ: Surabaya
PGPAUD
Menurut pendapat saya pendekatan guru terhadap anak didiknya sangat baik. Guru memberikan arahan dengan jelas,
cara guru dalam meminta anak untuk menggambar atau bercerita, awalnya adalah dari meniru gambar terlebi dahulu.
lalu anak dapat menambahkan gambar yang digambar sesuai minat anak.
Guru juga memfasilitasi anak dnegan mengajak anak menggambar bebasa sesuai karakter yang diminati anak.
Guru juga mengajak anak keluar kelas untuk melihat objek diluar kelas, bisa jadi itu pemandangan, hewan, mobil dan lainnya.
dengan demikian anak dapat terpacu untuk menggambar bebas.
setelah itu guru meminta anak untuk bercerita tetang gambar yang digambarnya.
namun menurut sepengalaman saya, ada murid saya yang masih saja kesulitan dalam menuangkan goresan gambarnya diatas kertas meskipun saya sudah mengajaknya berkeliling kelas, dia marih takut dan ragu jika gambarnya akan jelek, biasanya saya akan membuka ppt saya atau gambar berupa kartu untuk memudahkan anak tersebut untuk mengcopy gambar yang kiranya dia minati.
sekian dan terima kasih.
Nama : Sri lembayu
Upbjj : Medan
Ijin berkomentar tentang vidio anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Menurut saya pendekatan yang dilakukan oleh guru tersebut sudah cukup baik. Sebaiknya anak diajak keluar untuk melihat objek langsung.agar anak dapat berimajinasi dengan baik.agar anak memperoleh gambar yang baik pula
Nama Sri lembayu
Upbjj Medan
Pada vidio tentang anak sulit berimajinasi saat belajar. guru sudah berupaya dalam merangsang imajinasi anak. Namun setiap anak berbeda-beda dalam menangkap nya.sedikit saran. Sebaiknya anak dibawa langsung keluar untuk melihat objek langsung.agar anak dapat berimajinasi.
Nama : Eva Yunita
Nim : 856661499
Prodi : Pgpaud
Upbjj : Jambi
Saran : Tolong tunjukkan cara mudah bantu anak berimajinasi saat menggambar, mulai dari bentuk simple, beri cerita pada gambar, atau pakai tekstur macam-macam. Buat video singkat, pakai gambar-gambar menarik, dan ajak penonton untuk mencoba.
Tolong buat halaman khusus dengan judul yang seru (misal: “Asah Imajinasi Si Kecil Lewat Menggambar”). Beri ringkasan cara di video, sediakan lembar kerja/aktivitas yang dapat diunduh, dan buat tempat diskusi untuk guru/orang tua. Mudah diakses dan dipahami yaa
Video nya sangat bagus dan cukup membantu kami terimakasih🙏
Nama = Zeti Puji Hermawati
Nim = 877959038
Assalamualaikum Wr Wb
setelah memperhatikan video dengan judul ” Sulit Berimajinasi saat Menggamabar ” menurut pendapat saya bahwa mayoritas anak-anak memang sulit untuk berimajinasi meskipun sebagian ada salah satu anak yang punya hobby demikian. Dari sisi itu kita sebagai pendidik harus pintar -pintarnya membimbing dan mengarahkan anak-anak tentang cara mengembangakan hal tersebut . salah satunya mungkin seperti di video tadi, mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat ada apa saja yang ada di halaman sekolah kemudian anak di suruh menggambar apa yang telah di lihatnya ,la disitu imajinasi anak-anak akan muncul dengan sendirinya ,dan anak-anak bisa menuangkanya dalam kegiatan menggambar bebas.
Demikian pendapat saya ,kami ucapakan terimakasih.
Wassalamualaikum Wr Wb