silahkan klik icon
jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
NAMA : MASRIATUN
NIM : 856339154
TUGAS 1 ANALISIS VIDEO GPO
Analisis video 1 ” Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
1. Menurut saya, reaksi anak terhadap proses pengembangan dan pembelajaran yang dilakukan pada kegiatan tersebut:
pada kegiatan tersebut reaksi anak saat melakukan kagiatan menggambar dalam ruangan, anak terlihat sulit berimajinasi sehingga anak cenderung meniru gambar seblumnya atau meniru gambar teman yang ada di sebelahnya sehingga hal ini menyebabkan anak tidak kreatif dan belum terbiasa menggali imajinasinya dalam bentuk gambar. Sedangkan reaksi anak saat berkegiatan menggambar diluar kelas, anak lebih bebas melihat dan menggambar apa saja sesuai imajianasinya.
2. Menurut saya, hal unik yang di temui dalam pengembangan atau pembelajaran di video tersebut: Pada saat kegiatan menggambar di kelas, terdapat anak terlihat kesulitan untuk menggambar dan berimajinasi, sehingga ia menoleh dan mencontoh gambar teman yang disebelahnya.
3. Menurut saya, hal yang perlu di tingkatkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan atau pembelajaran di video tersebut adalah:
– Saya setuju Pada video tersebut, bahwa guru berinisiatif mengajak anak-anak melihat-lihat pemandangan di sekitar lingkungan sekolah, agar anak bisa bereksplorasi sesuai imajinasi mereka. Selain itu guru juga perlu juga mengajak anak-anak untuk mengeksplor imajinasi mereka di alam hijau lainnya agar mereka selain bebas berimajinasi, anak akan lebih bebas berkreasi
Nama: Nur Azka Diena Cantika
NIM: 857339662
UPBJJ UT BOGOR (SALUT PUTRA MAHARDIKA SELAJAMBE, CIANJUR)
Izin berpendapat dari tayangan video terkait anak yang sulit berimajinasi. Beberapa anak memang masih banyak yang kurang kreatif dan inovatif ketika diberi tugas untuk menggambar. Strategi yang ditetapkan pada video tersebut sudah betul, dikarenakan anak yang berada diruang kelas itu pandangan mereka terpaku terhadap tembok yang menghalangi mereka untuk berimajinasi apabila terdapat beberapa anak yang memang kesulitan untuk berimajinasi. Maka dari itu pemilihan belajar menggambar diluar kelas itu adalah pemilihan lokasi belajar yang sangat baik karena anak dapat melihat sekitar yang ada di lingkungan sekolahnya tidak hanya tembok, loker, kursi, meja, dan barang lainnya maka apabila di dalam kelas anak yang sulit berimajinasi mereka lebih baik melihat gambar temannya dan mengikuti hasil gambar temannya karena sudah bingung apa yang harus ia gambar. Maka dari itu, strategi ini pun dapat saya lakukan di lembaga karena dapat mempermudah imajinasi anak dan anak pun dapat menceritakan dari hasil yang sudah ia gambar tidak hanya ikut dari hasil gambar temannya. Serta anak dapat meningkatkan kecakapannya dalam berkomunikasi, berkreasi, serta berinovasi sedari dini.
NAMA : CAILA MEILAWATI RAMBU RABBI
NIM : 859293904
Menurut saya video di atas sudah bagus, dimana ketika seorang guru menyuruh anak untuk berimajinasi dengan menggambar, dan guru tersebut juga memberikan contoh gambar, akan tetapi anak anak mengikuti gambar tersebut sehingga imajinasi atau kemampuan kognitif pada anak belum berkembang dengan baik. Dan strategi yang di gunakan guru tersebut adalah mengajak anak untuk melihat lingkungan sekitar sekolah dan menceritakan apa yang sudah di lihatnya, dengan strategi ini anak anak dapat melihat secara langsung alam di sekitar dan dapat memberikan pengalaman langsung kepada anak dan serta bukti secara konkrit, sehingga imajinasi anak lebih luas.
Pada video ini menurut saya cara ibu guru untuk menggali imajinasi anak sangat bagus sekali dengan cara mengajak anak-anak untuk pergi ke halaman dan setelah itu anak-anak diajak untuk bercerita apa yang telah dilihat di halaman tersebut. Sehingga bisa menumbuhkan imajinasi anak-anak dan kreativitasnya untuk menggambar. Dan anak-anak juga menjadi percaya diri untuk menggambar apa yang telah dilihat di halaman tadi.
NAMA : HASRIANI
NIM : 859816191
POKJAR : RATE-RATE
UPBJJ : KENDARI
Video di atas sangat bermanfaat bagi anak yang sulit berimajinasi yaitu dengan kita mengajak anak-anak untuk melihat langsung lingkungan di sekitar sekolah, anak bisa berimajinasi mau menggambar apa setelah kita mengajak Mereka berkeliling lingkungan sekolah, anak juga bisa senang dan antusias untuk menggambar apa yang mereka lihat di halaman sekolah..
Saya Ria Ayu ningsih izin menanggapi Video tersebut menunjukkan pendekatan yang tepat dari guru TK dalam merangsang imajinasi anak saat menggambar. Dengan memberikan kebebasan, mengajak eksplorasi di luar kelas, dan mengaitkannya dengan kegiatan bercerita, guru berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna sehingga mendorong kreativitas anak berkembang secara alami.
NAMA : Ria Ayu ningsih
NIM : 856853191
Video ini menggambarkan praktik pembelajaran yang inspiratif dan sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Guru Taman Kanak-Kanak dalam video menunjukkan kepekaan terhadap kebutuhan anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar. Alih-alih memaksakan anak untuk menggambar sesuatu yang ditentukan, guru justru menerapkan strategi yang mendorong kreativitas dan kemandirian anak.
Strategi yang digunakan guru sangat tepat, antara lain dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih sendiri apa yang ingin digambar sesuai dengan minatnya. Ini penting karena pada usia dini, anak-anak belajar paling baik ketika mereka merasa memiliki kontrol dan minat terhadap aktivitas yang dilakukan. Selain itu, guru juga mengajak anak keluar kelas untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar. Kegiatan ini memberikan pengalaman langsung yang kaya akan rangsangan visual, suara, dan perasaan, yang dapat memicu imajinasi anak.
Langkah selanjutnya, yakni meminta anak untuk menceritakan apa yang mereka lihat dan menggambarkannya, merupakan bentuk integrasi antara kemampuan observasi, bahasa, dan seni. Strategi ini tidak hanya membantu anak mengembangkan imajinasi, tetapi juga mengasah kemampuan berbahasa, berpikir kritis, serta menghubungkan pengalaman nyata dengan ekspresi kreatif.
Dengan demikian, guru dalam video telah menerapkan pendekatan pembelajaran yang holistik dan berpusat pada anak. Ini sesuai dengan prinsip pendidikan anak usia dini yang menekankan pentingnya pembelajaran melalui bermain, eksplorasi, dan pengalaman langsung. Pendekatan ini patut diapresiasi dan bisa menjadi contoh bagi guru lain dalam mendampingi proses tumbuh kembang anak secara optimal.
Pada video yang telah saya lihat bahwa anak sangat sulit memberikan idenya sendiri, untuk itu ibu guru mengajak anak keluar ruangan agar anak bisa menumbuhkan imajinasi dan kreativitasnya bisa dikembangkan untuk menggambar sesuatu. Setelah itu anak diminta untuk menceritakan dan menggambarkan kembali apa yang telah ditemukannya dilapangan.
vidio ini sangat menginspirasi saya dalam menangani anak yang sulit berimajinasi, apa yang diajarkan dalam vidio ini bisa saya ajarkan kepada anak didik saya.
assalamualaikum
nama : sry kandi huswatun hasana
nim : 858514285
menurut saya strategi yang dijelaskan bu lina sangat menginspirasi bagi kita guru paud, dengan cara memberikan kebebasan berimajinasi pada anak-anak cara ini dapat memudahkan bagi anak- anak yang sulit berimajinasi, agar bisa mengembangkan imajinasinya dan kreatifitasnya.