silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Bismillah
Jazakillahu Khairan atas kesempatan yang diberikan kepada saya di sini izinkan saya untuk memberi tanggapan terhadap video yang telah saya tonton
Video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai calon pendidik, dengan video ini menjadi bekal untuk saya ke depannya ketika sudah menjadi seorang guru di PAUD
Video ini mengajarkan saya tentang bagaimana memahami cara menerapkan pembelajaran di PAUD contohnya menggambar, di mana telah kita ketahui bahwasanya anak usia dini terkadang sulit untuk berimajinasi dan dengan video ini memberikan saya solusi yang sangat bermanfaat
Sekian dan terimakasih
Video ini menjelaskan bahwa anak sulit berimajinasi karena kurang stimulasi, terlalu sering meniru, dan dibatasi saat menggambar. Saya jadi paham pentingnya memberi anak ruang untuk berekspresi bebas tanpa takut salah.
Nama : Annanti Fatilah Hoerunisa
NIM : 877580511
Video ini menjelaskan bahwa anak sulit berimajinasi karena kurang stimulasi, terlalu sering meniru, dan dibatasi saat menggambar. Saya jadi paham pentingnya memberi anak ruang untuk berekspresi bebas tanpa takut salah.
Anak sulit berimajinasi saat menggambar salah satunya kurangnya rangsangan atau pengalaman visual. Contohnya anak belum banyak meliht beragam bentuk, warna dan objek sehingga tidak punya referensi untuk di visualisasikan
nama : Rahmayani
nim: 859423471
UPBJJ: Makassar
saya sangat terinspirasi dan termotivasi dengan video diatas, terutama dalam memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar bebas sesuai minat anak. Sehingga guru memberikan ide agar anak lebih kreatif dan berimajinasi dengan cara membawa anak-anak keluar kelas untuk melihat benda-benda yang ada di sekitar sekolah, sehingga anak dapat menggambar benda apa yang ia sukai dan ingin mereka gambar. dengan cara menggambar anak dapat mengekspresikan dan menuangkan ide-ide cemerlang mereka.
nama : Rahmayani
nim: 859423471
UPBJJ: Makassar
saya sangat terinspirasi dan termotivasi dengan video diatas, terutama dalam memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar bebas sesuai minat anak. Sehingga guru memberikan ide agar anak lebih kreatif dan berimajinasi dengan cara membawa anak-anak keluar kelas untuk melihat objek yang ada di sekitar sekolah, sehingga anak dapat menggambar objek apa yang ia sukai dan ingin mereka gambar. dengan cara menggambar anak dapat mengekspresikan dan menuangkan ide-ide cemerlang mereka.
nama : Rahmayani
nim: 859423471
UPBJJ: Makassar
video diatas sangat menginspirasi, video ini memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai minat anak. Sehingga guru memberikan ide agar anak lebih kreatif dan berimajinasi dengan cara membawa anak-anak keluar kelas untuk melihat objek yang ada di sekitar sekolah, sehingga anak dapat menggambar objek apa yang ia sukai dan ingin mereka gambar. dengan cara menggambar anak dapat mengekspresikan dan menuangkan ide-ide cemerlang mereka.
nama : Rahmayani
nim: 859423471
UPBJJ: Makassar
video diatas sangat menginspirasi, video ini memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai minat anak. sehingga guru memberikan ide agar anak lebih kreatif dan berimajinasi dengan cara membawa anak keluar kelas untuk melihat objek yang ada di sekitar sekolah, sehingga anak dapat menggambar objek apa yang ia sukai dan ingin mereka gambar,. dengan cara menggambar anak dapat mengekspresikan dan menuangkan ide-ide cemerlang mereka.
nama : Rahmayani
nim: 859423471
UPBJJ: Makassar
video diatas sangat menginspirasi, video ini memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai minat anak. sehingga guru memberikan ide agar anak lebih kreatif dan berimajinasi dengan cara membawa anak keluar kelas untuk melihat objek yang ada di sekitar sekolah, sehingga anak dapat menggambar objek apa yang ia sukai dan ingin mereka gambar,. dengan cara menggambar anak dapat mengekspresikan dan menuangkan ide-ide cemerlang mereka.
nama: Rahmayani
nim : 859423471
UPBJJ: Makassar
video diatas sangat menginkspirasi, video diatas memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai minat. sehingga guru memberikan ide agar anak lebih kreatif dan berimajinasi dengan cara membawa anak keluar kelas untuk melihat objek yang ada disekita sekolah. sehingga anak dapat menggambar objek apa yang ia sukai dan ingin mereka gambar. dengan cara menggambar anak dapat mengekspresikan dan menuangkan ide-ide cemerlang mereka.