silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Nama : Maria Abon Tupen Atulolon
    Nim : 859256787
    Menurut pendapat saya strategi pembelajaran yang dibuat oleh guru sangat bagus dan tepat dengan melihat anak sulit berimajinasi maka guru memberi kebebasan kepada anak untuk menggambar apa saja sesuai imajinasi anak, oleh karena itu sebagai pendukung guru membawa anak untuk melihat linkungan di sekitar halaman sekolah dengan begitu dapat membangkitkan imajinasi anak sehingga anak dapat menggambar bebas sesuai dengan apa yang mereka lihat di lingkungan sekolah.
    Terimah kasih.

  2. Kelebihan dari video :
    1. Dengan kegiatan keluar kelas anak akan memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mengeksplor imajinasinya melalui benda / objek secara langsung atau anak mempunyai pengalaman langsung tentang apa yang telah mereka lihat.
    2. Guru juga mengajak anak berdiskusi tentang benda apa saja yang telah dilihatnya.
    3. Guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan keinginan anak.
    4. Guru Memberikan kebebasan ada anak saat menggambar.
    Kelemahan dari video:
    1. Pengelolaan kelas yang kurang tepat, pengaturan tempat duduk anak kurang nyaman dan berdesakan sehingga susah melihat Ibu Guru karena terhalangi oleh temannya.
    1. Guru langsung memulai bercerita tanpa melakukan brainstorming terlebih dahulu misalnya menghubungkan cerita yang akan dibacakan dengan pengalaman anak sehingga anak tertarik dengan cerita yang akan dibacakan aplagi ketika ada seorang anak yang menyeletuk menyampaikan bahwa cerita tidak seru tetapi – guru sepertinya tidak menanggapi hal tersebut.
    2. Guru tidak menunjukkan buku cerita kepada anak, ada anak yang sampai menengok ke tempat duduk Bu Guru karena ingin melihat buku ceritanya.
    3. Guru harus memperhatikan anak-anak saat mengambil alat dan bahan agar anak-anak tertib
    4. Guru harus mendampingi dan melakukan pendekatan kepada anak-anak saat meminta anak untuk menceritakan kembali.

  3. Nama : Ni Wayan Lindayanti
    Nim : 859031674
    Kelebihan dari video :
    1. Dengan kegiatan keluar kelas anak akan memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mengeksplor imajinasinya melalui benda / objek secara langsung atau anak mempunyai pengalaman langsung tentang apa yang telah mereka lihat.
    2. Guru juga mengajak anak berdiskusi tentang benda apa saja yang telah dilihatnya.
    3. Guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan keinginan anak.
    4. Guru Memberikan kebebasan ada anak saat menggambar.
    Kelemahan dari video:
    1. Pengelolaan kelas yang kurang tepat, pengaturan tempat duduk anak kurang nyaman dan berdesakan sehingga susah melihat Ibu Guru karena terhalangi oleh temannya.
    1. Guru langsung memulai bercerita tanpa melakukan brainstorming terlebih dahulu misalnya menghubungkan cerita yang akan dibacakan dengan pengalaman anak sehingga anak tertarik dengan cerita yang akan dibacakan aplagi ketika ada seorang anak yang menyeletuk menyampaikan bahwa cerita tidak seru tetapi – guru sepertinya tidak menanggapi hal tersebut.
    2. Guru tidak menunjukkan buku cerita kepada anak, ada anak yang sampai menengok ke tempat duduk Bu Guru karena ingin melihat buku ceritanya.
    3. Guru harus memperhatikan anak-anak saat mengambil alat dan bahan agar anak-anak tertib
    4. Guru harus mendampingi dan melakukan pendekatan kepada anak-anak saat meminta anak untuk menceritakan kembali.

  4. Nama : SUARI SAPUTRI
    Nim : 859544993

    1. Pada materi kegiatan seorang guru sedang menyampaikan pembelajaran reaksi anak ada yang sudah terfokus dan masih ada juga yang belum terfokus. ketika guru mengajak anak-anak keluar kelas untuk mengamati objek yang ada di lingkungan sekitar sekolah anak sangat bersemangat dan antusias.

    2. Kelemahan dalam vidio tersebut adalah guru memberikan contoh menggambar dipapan tulis sehingga dapat mengakibatkan anak akan terfokus dengan apa yang sudah guru gambar dipapan tulis. Dengan hal ini akan membatasi imajinasi anak. Sebaiknya guru memberi contoh yang objek yang nyata dengan cara mengajak anak untuk mengamati objek objek yang nyata di sekitar lingkungan sekolah.

    3. Kelebihan dari tayangan video tersebut, guru mengajak anak keluar kelas untuk mengamati objek objek dilingkungan disekitar sekolah. sehingga anak dapat mengeksplorasi kemampuan imajinasinya saat akan menggambar dan guru menyuruh anak untuk menceritakan kembali apa saja yang mereka lihat di lingkungan sekitar sekolah.

    4. Hal hal kreatif seorang anak yang saya dapati dari tayangan video tersebut anak dapat menceritakan tentang objek apa saja yang anak lihat atau amat di sekitar lingkungan sekolah mereka. Anak dapat menunjukan hasil karyanya.

    5. Ada beberapa hal yang harus di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan berikutnya adalah dengan membebaskan anak untuk menggambar. sebaiknya pendidik tidak memberikan contoh menggambar dipapan tulis karena anak akan terfokus dengan apa yang mereka lihat dan apa yang di gambar oleh gurunya itu akan membatasi imajinasi anak.
    Untuk melatih imajinasinya guru dapat menstimulasi anak dengan cara mengamati objek objek yang nyata seperti mengamati lingkungan di sekitar sekolah sehingga mereka akan mengeksplorasi kemampuan berimajinasi mereka.

  5. Nama : SUARI SAPUTRI
    Nim : 859544993
    ASSALAMUALAIKUM WR,WB
    1. Pada materi kegiatan seorang guru sedang menyampaikan pembelajaran reaksi anak ada yang sudah terfokus dan masih ada juga yang belum terfokus. ketika guru mengajak anak-anak keluar kelas untuk mengamati objek yang ada di lingkungan sekitar sekolah anak sangat bersemangat dan antusias.
    2. Kelemahan dalam vidio tersebut adalah guru memberikan contoh menggambar dipapan tulis sehingga dapat mengakibatkan anak akan terfokus dengan apa yang sudah guru gambar dipapan tulis. Dengan hal ini akan membatasi imajinasi anak. Sebaiknya guru memberi contoh yang objek yang nyata dengan cara mengajak anak untuk mengamati objek objek yang nyata di sekitar lingkungan sekolah.
    3. Kelebihan dari tayangan video tersebut, guru mengajak anak keluar kelas untuk mengamati objek objek dilingkungan disekitar sekolah. sehingga anak dapat mengeksplorasi kemampuan imajinasinya saat akan menggambar dan guru menyuruh anak untuk menceritakan kembali apa saja yang mereka lihat di lingkungan sekitar sekolah.
    4. Hal hal kreatif seorang anak yang saya dapati dari tayangan video tersebut anak dapat menceritakan tentang objek apa saja yang anak lihat atau amat di sekitar lingkungan sekolah mereka. Anak dapat menunjukan hasil karyanya.
    5. Ada beberapa hal yang harus di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan berikutnya adalah dengan membebaskan anak untuk menggambar. sebaiknya pendidik tidak memberikan contoh menggambar dipapan tulis karena anak akan terfokus dengan apa yang mereka lihat dan apa yang di gambar oleh gurunya itu akan membatasi imajinasi anak. Untuk melatih imajinasinya guru dapat menstimulasi anak dengan cara mengamati objek objek yang nyata seperti mengamati lingkungan di sekitar sekolah sehingga mereka akan mengeksplorasi kemampuan berimajinasi mereka.

  6. Nama : Cantika
    Nim : 856336474
    Mata Kuliah : Metode Pengembangan Moral dan Agama
    Tugas : Analisis GPO
    Menurut pendapat saya Strategi pembelajaran yang di buat oleh guru sangat bagus dan tepat. Guru memberikan kebebasan untuk menggambar sesuai imajinasi masing-masing. Guru juga mengajak anak untuk keluar kelas melihat lingkungan disekitar halaman sekolah dengan begitu dapat membangkit imajinasi anak untuk menggambar.

  7. Nama : LEYGI FEBRI MUNAWAR
    Nim : 857443041
    ASSALAMUALAIKUM WR,WB
    1. Pada materi kegiatan seorang guru sedang menyampaikan pembelajaran reaksi anak ada yang sudah terfokus dan masih ada juga yang belum terfokus. ketika guru mengajak anak-anak keluar kelas untuk mengamati objek yang ada di lingkungan sekitar sekolah anak sangat bersemangat dan antusias.
    2. Kelemahan dalam vidio tersebut adalah guru memberikan contoh menggambar dipapan tulis sehingga dapat mengakibatkan anak akan terfokus dengan apa yang sudah guru gambar dipapan tulis. Dengan hal ini akan membatasi imajinasi anak. Sebaiknya guru memberi contoh yang objek yang nyata dengan cara mengajak anak untuk mengamati objek objek yang nyata di sekitar lingkungan sekolah.
    3. Kelebihan dari tayangan video tersebut, guru mengajak anak keluar kelas untuk mengamati objek objek dilingkungan disekitar sekolah. sehingga anak dapat mengeksplorasi kemampuan imajinasinya saat akan menggambar dan guru menyuruh anak untuk menceritakan kembali apa saja yang mereka lihat di lingkungan sekitar sekolah.
    4. Hal hal kreatif seorang anak yang saya dapati dari tayangan video tersebut anak dapat menceritakan tentang objek apa saja yang anak lihat atau amat di sekitar lingkungan sekolah mereka. Anak dapat menunjukan hasil karyanya.
    5. Ada beberapa hal yang harus di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan berikutnya adalah dengan membebaskan anak untuk menggambar. sebaiknya pendidik tidak memberikan contoh menggambar dipapan tulis karena anak akan terfokus dengan apa yang mereka lihat dan apa yang di gambar oleh gurunya itu akan membatasi imajinasi anak. Untuk melatih imajinasinya guru dapat menstimulasi anak dengan cara mengamati objek objek yang nyata seperti mengamati lingkungan di sekitar sekolah sehingga mereka akan mengeksplorasi kemampuan berimajinasi mereka.

  8. Pembelajarannya bagus anak anak jadi lebih mudah untuk melihat Lingkungan sekitar dan tumbuh imajinasi anak Jadi Anak Tambah kreatif dan belajarnya menyenangkan

  9. Nama : RINANTI
    NIM : 857425914

    Dalam tayangan video “Anak sulit berimajinasi saat menggambar dikarenakan guru langsung memberikan contoh gambar kepada anak, sehingga semua anak menggambar sesuai dengan yang dicontohkan guru. Saya sangat setuju dengan tindakan yang kemudian dilakukan oleh guru dalam mengatasi permasalah tersebut, yaitu mengajak anak keluar kelas lalu melihat lingkungan di sekitarnya dan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan yang diamatinya dan yang terakhir perlu ditambahkan adalah berilah kesempatan kepada anak untuk menceritakan kepada guru dan semua temannya tentang gambarnya. Hal ini bisa dilakukan secara bergantian kepada semua anak.

  10. Nama : Karsini
    Nim : 857425502
    ASSALAMUALAIKUM WR,WB
    1. Pada materi kegiatan seorang guru sedang menyampaikan pembelajaran reaksi anak ada yang sudah terfokus dan masih ada juga yang belum terfokus. ketika guru mengajak anak-anak keluar kelas untuk mengamati objek yang ada di lingkungan sekitar sekolah anak sangat bersemangat dan antusias.
    2. Kelemahan dalam vidio tersebut adalah guru memberikan contoh menggambar dipapan tulis sehingga dapat mengakibatkan anak akan terfokus dengan apa yang sudah guru gambar dipapan tulis. Dengan hal ini akan membatasi imajinasi anak. Sebaiknya guru memberi contoh yang objek yang nyata dengan cara mengajak anak untuk mengamati objek objek yang nyata di sekitar lingkungan sekolah.
    3. Kelebihan dari tayangan video tersebut, guru mengajak anak keluar kelas untuk mengamati objek objek dilingkungan disekitar sekolah. sehingga anak dapat mengeksplorasi kemampuan imajinasinya saat akan menggambar dan guru menyuruh anak untuk menceritakan kembali apa saja yang mereka lihat di lingkungan sekitar sekolah.
    4. Hal hal kreatif seorang anak yang saya dapati dari tayangan video tersebut anak dapat menceritakan tentang objek apa saja yang anak lihat atau amat di sekitar lingkungan sekolah mereka. Anak dapat menunjukan hasil karyanya.
    5. Ada beberapa hal yang harus di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan berikutnya adalah dengan membebaskan anak untuk menggambar. sebaiknya pendidik tidak memberikan contoh menggambar dipapan tulis karena anak akan terfokus dengan apa yang mereka lihat dan apa yang di gambar oleh gurunya itu akan membatasi imajinasi anak. Untuk melatih imajinasinya guru dapat menstimulasi anak dengan cara mengamati objek objek yang nyata seperti mengamati lingkungan di sekitar sekolah sehingga mereka akan mengeksplorasi kemampuan berimajinasi mereka.

Leave a Reply