silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda βbenda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Iis Susilawati
Nim : 857504622
UPBJJ/UT : 24/BANDUNG
Bismillah
Menurut saya dilihat dari vidio yang saya tonton , Setelah dilihat disana ibu guru menyuruh anak2 menggambar katanya boleh meniru seperti yang ibu gambar boleh juga bebas. Maka dari itu anak susah ber imajinasi karena yang pertama tadi ibu guru memberikan pilihan antara meniru dan bebas berimajinasi karena anak kebanyakan meniru orang dewasa. Hal positif yang perlu di ambil, Meskipun guru memberikan contoh gambar, selain dari memberikan inspirasi, melihat luar ruangan/halaman sekolah penting bagi mereka untuk merangsang imajinasi anak2 dengan mendukung percobaan dan ekspresi kreatif. Melalui dukungan yang tepat , anak2 dapat belajar untuk mengembangkan kemampuan imajinasi dan keterampilan menggambar mereka secara bertahap.
Terima kasih
Maaf bila ada kesalahan ataupun kekurangan π
Nama : Iis Susilawati
Nim : 857504622
UPBJJ/UT : 24/BANDUNG
” Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
Bismillah
Menurut saya dilihat dari vidio yang saya tonton , Setelah dilihat disana ibu guru menyuruh anak2 menggambar katanya boleh meniru seperti yang ibu gambar boleh juga bebas. Maka dari itu anak susah ber imajinasi karena yang pertama tadi ibu guru memberikan pilihan antara meniru dan bebas berimajinasi karena anak kebanyakan meniru orang dewasa. Hal positif yang perlu di ambil, Meskipun guru memberikan contoh gambar, selain dari memberikan inspirasi, melihat luar ruangan/halaman sekolah penting bagi mereka untuk merangsang imajinasi anak2 dengan mendukung percobaan dan ekspresi kreatif. Melalui dukungan yang tepat , anak2 dapat belajar untuk mengembangkan kemampuan imajinasi dan keterampilan menggambar mereka secara bertahap.
Terima kasih
Maaf bila ada kesalahan ataupun kekurangan π
Nama : Iis Susilawati
Nim : 857504622
UPBJJ/UT : 24/BANDUNG
” Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
Bismillah
Menurut saya dilihat dari vidio yang saya tonton , Setelah dilihat disana ibu guru menyuruh anak2 menggambar katanya boleh meniru seperti yang ibu gambar boleh juga bebas. Maka dari itu anak susah ber imajinasi karena yang pertama tadi ibu guru memberikan pilihan antara meniru dan bebas berimajinasi karena anak kebanyakan meniru orang dewasa. Hal positif yang perlu di ambil, Meskipun guru memberikan contoh gambar, selain dari memberikan inspirasi, melihat luar ruangan/halaman sekolah penting bagi mereka untuk merangsang imajinasi anak2 dengan mendukung percobaan dan ekspresi kreatif. Melalui dukungan yang tepat , anak2 dapat belajar untuk mengembangkan kemampuan imajinasi dan keterampilan menggambar mereka secara bertahap.
Terima kasih
Maaf bila ada kesalahan ataupun kekurangan π
Nama : Iis Susilawati
Nim : 857504622
UPBJJ/UT : 24/BANDUNG
” Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
Bismillah
Menurut saya dilihat dari vidio yang saya tonton , Setelah dilihat disana ibu guru menyuruh anak2 menggambar katanya boleh meniru seperti yang ibu gambar boleh juga bebas. Maka dari itu anak susah ber imajinasi karena yang pertama tadi ibu guru memberikan pilihan antara meniru dan bebas berimajinasi karena anak kebanyakan meniru orang dewasa. Hal positif yang perlu di ambil, Meskipun guru memberikan contoh gambar, selain dari memberikan inspirasi, melihat luar ruangan/halaman sekolah penting bagi mereka untuk merangsang imajinasi anak2 dengan mendukung percobaan dan ekspresi kreatif. Melalui dukungan yang tepat , anak2 dapat belajar untuk mengembangkan kemampuan imajinasi dan keterampilan menggambar mereka secara bertahap.
Terima kasih
Maaf bila ada kesalahan ataupun kekurangan π
Nama : Sari Haryani
NIM : 857849868
Menanggapi vidio di GPO dengan judul ” Anak sulit berimajinasi saat menggambar ”
Dalam vidio di atas sudah sangat memberikan inspiratif dan manfaat bagi saya sebagai guru TK. Guru juga berusaha mengasah ketrampilan, kreativitas dan imajinasi anak untuk membuat suatu karya. Dalam vidio di atas guru juga menggunak. Dalam vidio tersebut guru menggunakan strategi dengan mengajak anak utk keluar ruangan kelas agar mereka melihat benda – benda yang ada di luar lingkungan sekolah, sehingga mereka akan mampu menceritakan dan mengutarakan ide – ide mereka dan juga berimajinasi dalam membuat karya saat menggambar.
NAMA:TRI ANIK SETYOWATI
NIM:858819456
PGPAUD UPBJJ UT MALANG
menurut video diatas jika anak sulit untuk berimajinasi ketika menggambar guru mengajak anak keluar kelas untuk melihat apa yang bisa diamati anak.saya setuju dari sini guru bisa memberi arahan kepada siswa benda nyata yang bisa dilihat agar siswa dapat menirukan bentuknya kemudian mengolah kedalam pikiran imajinasinya sehingga bisa tertuang dalam bentuk coretan atau gambar sesuai dengan yang ada di angan angan nya tanpa anak meniru contoh dari ibu guru.
Nama Tri anik setyowati
Nim 858819456
PGPAUD UPBJJ UT MALANG
saya setuju dengan video diatas dimana ketika anak sulit berimajinasi dalam menggambar guru mengajak anak keluar kelas agar anak bisa mengamati dan menuangkan apa yang dilihatnya menjadi sebuah karya atau coretan gambar.karena pada dasarnya anak usia dini belajar dari apa yang mereka lihat dan mereka dengar secara langsung.
Nama Tri anik setyowati
NIM 858819456
UPBJJ UT MALANG
saya setuju sekali dengan tindakan yang dilakukan oleh ibu guru pada video mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar.guru mengajak anak keluar kelas kemudian memberi arahan agar anak bisa mengamati dan menuangkan apa yang telah dilihat menjadi coretan atau gambar.karena anak usia dini akan belajar dari apa yang dia lihat.
Nama Tri anik setyowati
NIM 858819456
UPBJJ UT MALANG
saya setuju sekali dengan tindakan yang dilakukan oleh ibu guru pada video mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar.guru mengajak anak keluar kelas kemudian memberi arahan agar anak bisa mengamati dan menuangkan apa yang telah dilihat menjadi coretan atau gambar.karena anak usia dini akan belajar dari apa yang dia lihat.
Nama Tri anik setyowati
NIM 858819456
UPBJJ UT MALANG
saya setuju sekali dengan tindakan yang dilakukan oleh ibu guru pada video mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar.guru mengajak anak keluar kelas kemudian memberi arahan agar anak bisa mengamati dan menuangkan apa yang telah dilihat menjadi coretan atau gambar.karena anak usia dini akan belajar dari apa yang dia lihat.